Home Tech & Bisnis Business Catat 5 Kunci Bisnis Sukses untuk Pemula

Catat 5 Kunci Bisnis Sukses untuk Pemula

0
215
Ilustrasi menjalankan bisnis. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi menjalankan bisnis. sumber: www.pexels.com

Kunci bisnis sukses harus menjadi pegangan bagi setiap penggiat bisnis, terutama bagi kamu yang mungkin baru saja memulainya. Sebab jika tak memagang kunci sejak awal, bagaimana kita bisa membuka pintu kesuksesan yang ada. 

Jika melihat pada para pendahulu yang telah sukses dalam bisnisnya, tentu menjadi sesuatu yang menggiurkan untuk menjalaninya juga. Namun, terjun ke dunia bisnis itu penuh trial & error. Sehingga diperlukan beberapa hal yang harus dipelajari dan diketahui sebelum dapat menaklukkan dunia bisnis. 

Inilah 5 Kunci Bisnis Sukses untuk Pemula

Siapa bilang bahwa untuk dapat menaklukkan dunia bisnis bisa dilakukan hanya dengan modal yang besar? Tak cukup sampai situ saja, seorang pebisnis harus memiliki mental baja sehingga tak mudah hancur diombang-ambingkan masalah. Tak bisa dipungkiri bahwa berbisnis berarti harus pandai-pandai memainkan strategi dan memaknai kegagalan untuk jadi motivasi.

Memulai dari Bisnis Kecil

Seorang pengusaha di manapun itu selalu memulai usahanya dengan bisnis yang skala kecil terlebih dahulu. Jika bisnis kecil sudah mampu dikelola dengan baik, maka bisa mulai melakukan pengembangan atau ekspansi. 

Dari bisnis kecil ini, nanti kamu bisa belajar seluk-beluk bisnis dan langsung mempraktekkannya. Karena di sini nanti kamu akan mengurus semuanya sendiri, sehingga lebih memahami setiap alur dan setiap detail dari bisnis yang berlangsung.

Bekali Diri dengan Wawasan Bisnis

Saat ini belajar bisnis untuk pemula bisa dilakukan dengan sangat mudah, semua resources telah tersedia di internet. Mulai dari yang gratis hingga berbayar sekalipun. Sebab, membekali diri dengan pengetahuan soal bisnis tentu salah satu kunci bisnis sukses. 

Kamu bisa juga mengikuti bootcamp atau kursus online untuk mendalami tentang bisnis. Selain itu, banyak juga tersedia buku-buku bacaan yang akan menambah wawasanmu soal bisnis. Sebagai seorang pebisnis, belajar adalah kegiatan harian yang tiada akhir. 

Baca Juga: 10 Tips Sukses Menjadi Womenpreneur di Usia Muda

Ciptakan Growth Mindset dalam Diri

Kamu harus menanamkan growth mindset dalam diri untuk dapat meraih kesuksesan dalam bisnis. Dengan memiliki mindset ini, maka kamu akan senantiasa berkembang. Sebab orang-orang dengan growth mindset adalah mereka yang menghargai proses dan tak melulu berorientasi pada hasil sempurna. 

Mindset ini membuat orang berpikir bahwa akan selalu ada peluang dan menganggap masalah yang muncul itu sebagai tantangan alih-alih hambatan. Mindset ini juga meyakini bahwa segala sesuatu tentang kemampuan itu bisa dibentuk dengan kerja keras.

Melakukan Riset Bisnis

Riset termasuk kunci sukses untuk pebisnis, dengan cara ini kamu dapat memahami bisnis yang sedang kamu geluti. Hal ini menjadi salah satu langkah keberhasilan usaha. Setiap keputusan bisnis yang dibuat jadi tak asal-asalan, namun berdasarkan hasil riset. 

Kamu bisa belajar riset di internet. Riset dapat dilakukan secara online atau langsung berhadapan dengan target riset kamu. 

Memperluas Relasi

Banyak pebisnis sukses yang juga memiliki teman sesama pebisnis suskes, mereka biasanya suka berjejaring. Di sini adalah momen yang tepat bagimu untuk saling belajar. Bahkan tak sedikit yang nantinya berakhir saling membantu ataupun berkolaborasi. 

Saat ini bisnis lebih banyak dilakukan secara kolaborasi sebab tujuan jadi lebih mudah dicapai. Perluaslah jaringan atau relasi, cara untuk melakukannya dengan banyak mengikuti kegiatan bisnis. Contohnya yakni workshop, forum group discussion, komunitas, dan banyak lainnya.

Demikianlah tips untuk kunci bisnis sukses untuk pemula, mulai semua dari mental atau mindset. Tak ada bisnis yang dapat sukses secara instan begitu saja. Kamu juga bisa membantu kesuksesan bisnis UMKM di Indonesia dengan menjadi pendana di Amartha

Amartha adalah platform microfinance marketplace yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. Mulai dari Rp100.000 saja kamu sudah bisa mendanai di Amartha dengan imbal hasil mingguan mencapai 15% flat per tahunnya. Yuk, sebarkan dampak impact investing dengan dukung bisnis UMKM di Indonesia!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here