Cari Tahu 6 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja

0
47
Ilustrasi jurusan kuliah pilihan. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi jurusan kuliah pilihan. sumber: www.pexels.com

Mencari jurusan kuliah bukanlah hal yang main-main. Kamu harus mempunyai beberapa kriteria agar kamu tidak menyesal ketika sudah berkuliah di jurusan tersebut. Salah satu kriterianya adalah jurusan kuliah yang banyak peluang kerja.

Banyak orang berkuliah agar bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Dengan demikian, kuliah pun ini tidak sia-sia. Hal itu juga bisa menjadi pertimbangan kamu, apalagi kalau kamu juga ingin bekerja sesuai jurusan. Maka dari itu, simak ulasan di bawah ini.

Beragam Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja

Menurutmu apa saja jurusan dengan peluang kerja yang tinggi? Jika kamu belum tahu, kamu bisa melihat daftarnya di bawah ini!

Kedokteran

Jurusan yang satu ini memang cukup populer di kalangan calon mahasiswa baru. Hal itu disebabkan jurusan ini memiliki peluang kerja tinggi. Terlebih lagi banyak dokter yang telah gugur akibat pandemi kemarin.

Namun kamu harus berjuang ekstra supaya bisa masuk jurusan ini karena ketatnya persaingan antar calon mahasiswa. Di samping itu, kamu juga harus tekun dan telaten karena mata kuliahnya terkenal tidak mudah bagi mahasiswa.

Komputer

Saat ini, jurusan yang berkaitan dengan komputer telah menjadi salah satu jurusan kuliah bergaji besar. Hal ini disebabkan tingginya permintaan akan tenaga ahli komputer yang mampu menyeimbangi kemajuan teknologi.

Ada berbagai jurusan yang berkaitan dengan komputer, seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan lain-lain. Masing-masing jurusan itu mempunyai spesialisasi sendiri-sendiri

Ekonomi

Ekonomi menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak peluang kerja karena dimanapun kamu berada, kamu akan menemukan beragam kantor dan perusahaan yang membutuhkan ahli ekonomi.

Ada banyak jurusan yang berkaitan dengan ekonomi, seperti Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan lain-lain. Pelajarilah masing-masing jurusan tersebut dan pilihlah yang paling kamu suka.

Baca Juga: Baru Lulus Kuliah? Ini 5 Peluang Kerja S2 yang Paling Banyak Dicari

Teknik

Kalau kamu suka menggambar dan berhitung, cobalah untuk masuk jurusan di bidang teknik. Terlebih lagi kini beragam industri semakin berkembang sehingga mereka membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang teknik.

Ada banyak macam jurusan di bidang teknik. Kalau kamu suka mendesain rumah, pilihlah Arsitektur. Kalau kamu suka mengotak-atik barang elektronik, maka pilihlah Teknik Elektro. Namun kalau kamu suka menata kota, maka pilihlah Planologi. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih jurusan di bidang teknik yang lain lho! Sebab, pilihan yang tersedia di jurusan teknik ini terbilang banyak.

Psikologi

Seiring berkembangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan mental, para psikolog berbakat pun banyak dicari oleh masyarakat. Hal itulah yang menyebabkan Psikologi menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan.

Selain berhubungan dengan kesehatan mental, jurusan Psikologi juga bisa bekerja di perusahaan atau kantor. Hal ini disebabkan mereka juga butuh ahli psikologi andal untuk menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan karyawan, seperti rekrutmen.

Komunikasi

Komunikasi adalah salah satu jurusan yang kini sedang digandrungi oleh calon mahasiswa. Tidak hanya digandrungi saja, jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari oleh beragam industri.

Di jurusan ini kamu bisa memilih beragam konsentrasi, seperti periklanan atau hubungan masyarakat. Pemilihan konsentrasi ini bisa didasarkan dengan minat dan bakat yang kamu punya. Itulah 6 jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Kalau kamu sudah diterima di jurusan yang kamu pilih, terutama jika sudah memiliki penghasilan sendiri. Jangan lupa untuk ikut turut serta mendanai CEO UMKM di Amartha, ya. Kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun hanya dengan modalin mulai dari Rp100.000 aja.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here