Home Lifestyle Cara SMART Membuat Tujuan Keuangan Segera Tercapai

Cara SMART Membuat Tujuan Keuangan Segera Tercapai

|

|

|

Awal tahun watunya mulai tetapkan resolusi. Entah untuk hidup sehat, pindah kantor baru, atau menabung untuk hari tua. Semua itu diperlukan yang namanya tujuan keuangan. Nah salah satu cara yang bisa membantu kamu membuat tujuan keuangan adalah dengan metode SMART.

Metode SMART pertama kali dikenalkan oleh George T. Doran dalam management review pada bulan November tahun 1981. Metode SMART adalah singkatan dari kata Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time Bounded.

Jadi seperti apa penerapan metode SMART dalam membuat tujuan keuangan? Berikut keterangannya:

Specific

Dengan menggunakan metode ini, yang pertama dilakukan adalah membuat tujuan keuangan yang spesifik. Misalnya: Saya ingin kuliah melanjutkan pendidikan di Universitas A di Jakarta dengan total biaya pendidikan Rp150 juta yang sudah termasuk buku kuliah, uang praktikum/study tour, dan uang lain-lainnya.

Measurable

Tujuan keuangan pastinya harus dapat diukur atau dihitung, gunakan satuan tertentu seperti satuan Rupiah atau Dollar. Dengan memiliki tujuan yang terukur maka dapat membantu memonitornya. Mengikuti contoh di atas ialah saya memerlukan uang untuk biaya pendidikan sebesar Rp150 juta.

Achievable

Pikirkan juga bahwa tujuan keuangan yang kamu buat bisa diwujudkan. Tanamkan dalam kepala bahwa melanjutkan pendidikan bukanlah mimpi sehingga tujuan tersebut harus terlaksana. Untuk merealisasikan tujuan tersebut cek kembali apakah dengan penghasilan dan aset yang dimiliki saat ini bisa untuk mewujudkannya? Ataukah perlu mencari penghasilan tambahan lagi?

Realistic

Dalam membuat tujuan keuangan menggunakan metode SMART ialah harus realistis dan relevan dengan kamu. Pikirkan kembali apakah melanjutkan pendidikan adalah waktu dan langkah yang tepat untuk saat ini? Apakah tujuan ini hanya berupa keinginan atau kebutuhan?

Time Bounded

Terakhir ialah tujuan keuangan harus punya batasan waktu dimana ia berperan sebagai deadline atau tenggat waktu yang harus kita selesaikan. Sekarang pikirkan berapa lama waktu yang akan dicapai untuk melanjutkan pendidikan tersebut, tambahkan juga inflasi agar kamu memiliki angka yang jelas.

Wajib Dibaca, 4 Buku Inspiratif Untuk Kelola Keuangan!

Begitulah rincian dan contoh cara SMART untuk mewujudkan tujuan keuangan. Setelah mengetahuinya, sekarang waktunya kamu menuliskan apa tujuan keuanganmu?

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...