Home Money+ Cara Orang Kaya di Indonesia Menghadapi New Normal

Cara Orang Kaya di Indonesia Menghadapi New Normal

|

|

|

Selama pandemi berlangsung, ada banyak hal yang terdampak salah satunya adalah sektor keuangan. Bisnis skala kecil menengah adalah yang paling terkena dampaknya. Lantas, bagaimana efek pandemi terhadap orang kaya di Indonesia dan cara mereka menyikapinya?

Chairul Tanjung

Pengusaha yang juga sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian di masa akhir pemerintahan Presiden SBY ini mengungkapkan pandangannya terkait era normal baru. Menurutnya, era ini sukses membuat banyak aktivitas manusia beralih ke teknologi. Peralihan ini juga terjadi pada bisnis yang lebih mengandalkan teknologi.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi besar-besaran akan berdampak terhadap pengurangan tenaga kerja. Oleh sebab itu, kunci untuk menghentikan PHK besar-besaran adalah dengan menghentikan mata rantai penularan virus dengan menerapkan protokol kesehatan.

Anthoni Salim

Anthoni Salim adalah salah satu pengusaha asal Indonesia yang namanya sudah tercantum berkali-kali sebagai salah satu pengusaha terkaya tanah air. Pengusaha yang mengelola perusahaan makanan PT Indofood Sukses Makmur ini ternyata justru meraih keuntungan yang cukup baik di tengah masa pandemi yang membuat kondisi ekonomi tidak menentu.

Pengusaha yang merupakan penerus dari Salim Group ini kini menempati urutan keenam sebagai orang terkaya Indonesia. Strategi Anthoni Salim selama masa pandemi hingga memasuki era normal baru adalah meningkatkan kualitas produknya serta menurunkan beban perusahaan yang tidak perlu. Hal ini membuat produk dari PT Indofood bisa terus bersaing hingga saat ini. 

Prajogo Pangestu

Nama pengusaha asal Indonesia Prajogo Pangestu terus meroket semenjak namanya menempati urutan ketia sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Kekayaan pengusaha yang ternyata sempat bekerja sebagai supir angkutan umum ini terus meroket semenjak saham perusahaannya semakin dilirik oleh investor. 

Pengusaha yang bergerak di bidang perkayuan, properti, serta petrokimia dari perusahaan Chandra Asri ini ternyata memiliki cara tersendiri menghadapi pandemi dan new normal. Lewat emiten PT Chandra Asri Pethrochemical, perusahaannya menyumbangkan sebanyak 20 ribu alat rapid test virus ke seluruh Indonesia. 

Perusahaan ini juga mendonasikan sebanyak 20 ribu masker N95 untuk tenaga medis serta 14 ribu masker operasi. Perusahaan dengan 70% sahamnya berada di bawah perusahaan Barito Pacific milik Prajogo Pangestu ini juga menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Atur Keuangan Semasa New Normal Bersama Amartha

Anda kini bisa turut berperan membantu para pengusaha kecil di Indonesia untuk bangkit setelah sebelumnya terpuruk akibat pandemi Covid 19. Amartha merupakan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan digital atau fintech yang telah mengantongi izin dari OJK. 

Setelah memasukkan dana, Anda tinggal memilih mitra yang Anda anggap berpotensi untuk menerima pinjaman. Amartha akan menyaring portofolio yang dianggap layak untuk diberikan dana pinjaman. Selanjutnya Anda tinggal menikmati pengembalian dana mingguan dari peminjam dana.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...