Home Syariah ☪ Cara Mudah Memilih Make Up Halal untuk Wanita Muslim

Cara Mudah Memilih Make Up Halal untuk Wanita Muslim

Mungkin masih banyak orang yang berpikiran kalau label ‘halal’ itu terbatas ke makanan aja. Namun realitanya gerakan halal ini tampaknya mulai berkembang jadi tren lifestyle yang mendunia. Salah satunya adalah munculnya tren makeup halal di mana-mana. 

Lalu bagaimana sih cara mudah untuk membedakan make up halal atau non – halal? Berikut Amartha rangkumkan untuk kalian.

1. Teliti untuk Membaca Kandungan Make Up

Hal pertama yang harus kamu lakukan apabila ingin memilih make up halal adalah dengan teliti untuk membaca kandungan pada make up. Make up halal tidak seharusnya mengandung unsur hewan najis seperti anjing, babi, hewan buas, bangkai, unsur tubuh manusia, darah, khamr, dan hewan halal seperti sapi yang disembelih tidak secara syariat Islam. 

Selain itu, make up tersebut juga harus bebas dari bahan berbahaya, seperti seperti gliserin, plasenta, lactic acid, kolagen, hormon, vitamin, dan aneka pewarna atau pewangi.

2. Cek Apakah Make Up Legal

Langkah kedua adalah dengan mengecek kelegalan dari make up tersebut. Kamu bisa mulai dengan melakukan pengecekan terhadap kemasan make up. Pastikan pada kemasan make up tersebut tercantum nomor pendaftaran di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kode pendaftaran untuk produk kosmetik lokal adalah CD, sedangkan untuk produk impor memiliki kode CL. 

Selain itu, nama dan alamat produsen juga harus tercantum dalam kemasan agar kamu dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai make up tersebut lebih dalam. 


3. Beli Brand Make Up yang Konsisten Memproduksi Make up Halal

Langkah terakhir, adalah dengan memilih brand yang berlabel halal dari Majelis Ulama Indonesia. Kamu bisa mencari informasi tentang brand make up halal yang kini bisa dengan mudah diakses melalui internet. Selain sertifikat halal, make up yang berlabel Animal Cruelty Free, Not Tested on Animal, dan bersertifikat Vegan juga aman digunakan oleh wanita muslim. 

Dalam pembuatannya, make up tersebut tidak diuji cobakan pada hewan. Selain itu, make up yang berlabel halal menggunakan bahan-bahan yang aman untuk tubuh. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, kamu jadi tahu make up brand apa saja yang halal dan memudahkanmu dalam memilih make up!

Itu tadi beberapa tips dalam memilih make up halal untuk digunakan. Siap selalu tampil cantik dengan berhijab ladies?

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar...

Perjalanan Hidup Menjadi Single Parent

Perjalanan hidup menjadi single parent, sebagai seorang ayah dari seorang putri, tidak pernah terpikirkan sebelumnya disaat mengikat janji dengan pasangan, selalu terucap...

Semua yang Saya Raih Ini Karena Amartha

“Tolong Amartha dijaga sebaik mungkin agar ibu-ibu lain yang belum bisa bangkit bisa terbantu.” Begitu kata Pariyah saat tim Amartha bertemu di rumahnya, desa Randusari,...