Cara Mudah Bantu UMKM Indonesia Untuk Bangkit

0
540
Ilustrasi bantu UMKM Indonesia. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi bantu UMKM Indonesia. sumber: www.istockphoto.com

Bantu UMKM Indonesia supaya tetap eksis merupakan suatu perbuatan positif nan mulia. Dengan begitu, perekonomian negeri bisa bangkit sedikit demi sedikit. Untuk UMKM sendiri pun bisa saja bertambah semakin maju dan berkembang.

Membantu eksistensi UMKM sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan hal yang rumit dan susah. Sebab, kamu bisa menerapkan hal-hal sederhana. Nah, ingin tahu apa sajakah bantuan-bantuan yang bisa kamu lakukan? Jangan skip artikel ini, ya!

4 Cara Mudah Bantu UMKM Indonesia

Seperti yang telah kamu ketahui, UMKM adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jadi, ini merupakan bisnis atau usaha yang dikelola secara perseorangan, badan usaha kecil, atau rumah tangga.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah tentunya adalah tulang punggung untuk perekonomian negeri. Sebab, kehadiran UMKM bisa memperluas kesempatan maupun penyerapan tenaga kerja. Dengan demikian efeknya yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Cara bantu UMKM yang dilakukan oleh pemerintah sendiri sangatlah beragam. Salah satu diantaranya yaitu pemberian bantuan modal tunai untuk para pelaku UMKM lewat anggaran PEN atau Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Walaupun telah memperoleh bantuan dari pemerintah, tetap saja masih terhitung kurang tanpa adanya dukungan dari masyarakat, termasuk kamu. Maka dari itu, mulai sekarang, mari dukung UMKM lewat sejumlah cara seperti berikut ini!

1. Mempromosikan UMKM Lokal

Untuk mendukung UMKM di Indonesia, kamu tidak perlu mengelilingi negara untuk mencari satu persatu usaha yang tengah terpuruk. Namun, kamu bisa memulai dari lingkungan sekitarmu, misalnya tempat tinggal, sekolah, atau kantor.  

Jadi, cobalah untuk mempromosikan UMKM sekitar dengan cara yang kamu bisa. Misalnya dengan membantu mengiklankan produk atau layanannya lewat media sosial atau bisa juga dengan membantu pembuatan konten. 

Jika kamu tidak mampu melakukan contoh-contoh bantuan yang direkomendasikan tersebut, maka hal paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan mempromosikannya mulut ke mulut pada orang terdekat seperti teman atau keluarga.

2. Mengikuti Media Sosial UMKM Lokal

Upaya memajukan UMKM bisa kamu lakukan dengan mengikuti media sosial resmi usaha tersebut. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengapresiasi setiap konten yang mereka buat misalnya dengan memberi like atau komentar-komentar positif.

Mengapa kamu direkomendasikan untuk memberikan bantuan satu ini? Tentu saja untuk mendukung upaya promosi dari UMKM. Sebab, semakin engagement meningkat, maka semakin tinggi pula potensi konversi penjualan yang bisa diperoleh.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu QRIS dan Manfaatnya untuk UMKM

3. Menyumbang Kontribusi untuk UMKM Lokal

Kamu juga bisa bantu UMKM lewat memberikan kontribusi. Utamanya ilmu atau informasi. Jadi, jika kamu memiliki keahlian atau ilmu tentang suatu bidang, janganlah ragu untuk menyumbangkannya pada UMKM. 

Untuk memberikan kontribusi ilmu atau informasi tersebut, kamu bisa mengadakan pelatihan. Selain memberi dukungan secara emosional pada mereka, aktivitas satu ini pun berguna untuk mendorong pengembangan usahanya. 

4. Membeli Produk atau Menggunakan Layanan UMKM Lokal

Kini, lewat eksistensi marketplace, pengguna bisa lebih mudah melakukan pembelian produk atau layanan dari luar negeri. Memang, ada rasa bangga tersendiri ketika mendapatkan produk atau layanan dari luar negeri.

Itu dikarenakan efek bias yang mensugesti bahwa produk atau layanan luar negeri pasti baik. Maka, cobalah hilangkan sugesti tersebut dan bantu UMKM dengan membeli produk atau layanan lokal. Kualitasnya tidak kalah dengan asal luar negeri.

Dengan membeli produk atau menggunakan layanan dalam negeri, khususnya UMKM, maka perekonomian Indonesia bisa semakin membaik dan meningkat. Tentunya dampak positif ini kembali lagi padamu. Nah, itu dia beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk bantu UMKM Indonesia.

Cara lainnya adalah dengan berinvestasi dan menjadi lender di Amartha. Kamu sama dengan mendukung UMKM Indonesia untuk memberikan akses permodalan. Selain berdampak positif, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, mulai dengan modalin Rp100.000 aja, loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here