Home Lifestyle Tips 4 Hal Penting yang Akan Membuatmu Sukses Jangka Panjang

4 Hal Penting yang Akan Membuatmu Sukses Jangka Panjang

|

|

|

amartha
Raih Kesuksesan dalam Hidup dengan Lakukan Hal Berikut

Kehidupan adalah sebuah anugerah dari Yang Maha Kuasa kepada kita. Sebagai manusia, kita wajib dong buat mensyukuri segala nikmat dan karunia yang telah diberikanNya kepada kita.

Walaupun demikian, kita sebagai manusia tentu jangan hanya berpangku tangan dalam menjalankan hidup. Setuju nggak sih kalo kita wajib buat terus kerja keras dan berusaha meraih mimpi-mimpi serta membuat masa depan kita menjadi seperti yang kita harpkan atau bahkan lebih?

Tidak ada yang tidak mungkin bukan di dunia ini. Seberapa keras kita berusaha dan mencoba, tentu akan berdampak signifikan pada mimpi yang ingin kita raih daripada hanya berpangku tangan saja.

Jika kamu pikir hidupmu tidak terkendali atau berjalan dengan tidak baik, itu karena kamu telah memilih untuk hanya berdiam diri tanpa berusaha. Hidupmu adalah milikmu. Kamu akan punya andil besar dalam membuat hidup menjadi luar biasa.  Kamulah orang utama yang memiliki pengaruh untuk menentukan jalan hidupmu.

Maka, buatlah hidupmu menjadi lebih bermakna dan raih mimpi-mimpimu dengan pasti. Coba simak tips di bawah ini untuk membuatmu termotivasi dan menjadi pribadi yang lebih kuat untuk meraih kesuksesan.

  1. Hidup Tidak Sempurna: Tidak Semuanya Berjalan Seperti yang Kamu Rencanakan

Dalam hidup tidak ada yang sempurna. Sebagai manusia biasa, kita sering merasakan berbagai hal yang tidak sesuai dengan kemauan kita. Hasil yang sempurna terkadang sulit untuk diraih walau dengan usaha yang maksimal.

Namun, sangat penting untuk membuat berbagai perencanaan dan terus bergerak maju meraih tujuan yang telah ditetapkan. Luangkanlah banyak waktu untuk terus belajar, tentang apa yang harus dilakukan, bila segala sesuatunya tidak sejalan dengan apa yang telah kamu persiapkan.

Landon Donovan mengatakan “Hidup itu tidak sempurna, tentu saja, tapi kita semua tahu bagaimana reaksi semua orang terhadap hal-hal yang penting.”

Maka strategi terbaik saat membuat rencana adalah membuat rencana kedua atau cadangan, untuk hal-hal tak terduga yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Rencana Anda untuk besok, bulan depan atau tahun depan, tidak ada yang tahu akan menjadi seperti apa. Jangan mau dilumpuhkan oleh kegagalan. Jangan berhenti mencoba. Jika kamu merasa  bahwa perubahan pada rencanamu berjalan tidak lancar, maka yang terbaik adalah mencari rencana lain dan beradaptasi dengan keadaan.

Hidup tidak bisa diprediksi dan tidak apa-apa.

  1. Penemuan Jati Diri adalah Sebuah Proses

Mengetahui diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan.” – Aristoteles

Hanya duduk santai dan membiarkan hal-hal terjadi begitu saja tidak akan menghasilkan kualitas hidup yang kamu cita-citakan. Karena hidup adalah perjuangan yang hampir setiap orang melewatinya.

Apa yang ingin saya lakukan dengan hidup saya?” “Apa yang tidak saya sukai dalam hidup?” Begitulah, jutaan orang tidak tahu apa yang ingin mereka lakukan dengan diri mereka sendiri dan bahkan untuk hidupnya di masa depan.

Mencari sebuah kejelasan dalam waktu yang tidak pasti bisa menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan bukan? Hal ini pula bisa menjadi ganjalan dalam pikiran kita, saat kita  tidak dapat menemukan solusi ketika kita sangat membutuhkannya.

Jangan salah, dalam menemukan jati diri adalah sebuah perjalanan! Tidak ada perasaan yang lebih baik daripada saat tiba-tiba muncul  kejelasan tentang sesuatu yang sebelumnya menjadi ganjalan. Momen ketika “aha!” Benar-benar menjadi suatu hal yang menggembirakan.

Keingintahuan untuk mengeksplorasi hal-hal yang tidak diketahui, siap untuk menerima kejutan yang menyertainya, adalah sikap penting untuk menemukan jati diri kita dan untuk mendapatkan kejelasan tentang tujuan hidup kita sendiri.

  1. Tidak Masalah bila Berusaha Lebih Lama!

Jenius! Selama 37 tahun saya sudah berlatih empat belas jam sehari, dan sekarang mereka menyebut saya jenius! “- Pablo Sarasate

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam meraih kesuksesan dalam hidup. Salah satunya adalah memulai sejak dini untuk mempersiapkan masa depan dengan cemerlang. Keputusan untuk memulai adalah langkah paling penting yang bisa kita ambil untuk menemukan yang terbaik.

Mary Tyler Moore pernah berkata “Ambillah peluang, buat kesalahan. Begitulah cara Anda tumbuh. Rasa sakit memberi keberanian Anda. Anda harus gagal agar berlatih bersikap berani. “

Kebanyakan orang berhenti saat mereka mengalami kekecewaan pada kali pertama. Namun, sadarkah kamu bahwa ini adalah sebuah ujian. Hal yang harus dilakukan adalah tidal lelah untuk mencoba. Beberapa orang bertahan sampai mereka bisa melakukannya dengan berhasil. Karena sebenarnya, kita jarang melakukannya dengan benar di awal.

Hambatan terbesar terhadap kreativitas adalah ketidaksabaran kita, keinginan yang hampir tak terelakkan untuk mempercepat proses, mengekspresikan sesuatu, dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat. Jika kamu ingin menjadi yang terbaik dalam segala hal, kamu harus menjadi yang terbaik dengan cara berlatih lebih dari orang lain, lebih lama dan lebih banyak. Karena proses tidak pernah membohongi hasil bukan? 😀

Saat kita mempraktikkan sesuatu, dan menjadi lebih baik, tumbuh, maju, dan mendapatkan keterampilan dan berbagai pengetahuan dalam prosesnya, akan terasa lebih menyenangkan, karena menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu, akan lebih bermakna daripada meraih dengan instan.

  1. Selesai Lebih Baik dari Sempurna

Berusahalah untuk terus memperbaiki, bukan kesempurnaan.” – Kim Collins

Dunia nyata tidak menghargai sikap perfeksionis. Menjadi sempurna tidak penting, tapi menyelesaikan pekerjaan adalah hal terpenting.

Beri diri kita waktu dalam hidup untuk bertanya-tanya, apa yang mungkin untuk dilakukan dan buat gerakan sekecil apa pun untuk mewujudkannya. Menyelesaikan sesuatu adalah salah satu hal terpenting yang bisa kita lakukan.

Jangan menghakimi diri sendiri karena sering membuat kesalahan atau membuat pilihan yang salah. Ini hanya akan menyebabkan pengaruh negative pada diri Anda. Tidak apa-apa bila kita berbuat salah dan mengacaukannya, selama masih ada kemauan untuk terus mencoba lagi.

Tidak peduli berapa banyak kesalahan yang kamu perbuat, atau seberapa lambat kemajuamu, karena sejatinya kamu masih jauh di depan daripada orang-orang yang tidak pernah mau untuk mencoba.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...