Mulai Masuk Kerja Lagi? Ini Dia Hal yang Pelru Kamu Perhatikan Agar Makin Produktif

Amartha

Jadi Makin Produktif di Tempat Kerja dengan 5 Hal Berikut

Setiap individu pasti ingin menjadi pribadi produktif, dan ingin berkembang untuk berusaha menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia menjadi suatu hal yang sangat penting dalam bekerja.

Tantangannya adalah sering kali kita tidak melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh, layaknya menunda pekerjaan, sibuk dengan hal-hal tidak penting dan mengganggu konsentrasi, yang kemudian membuat kita tidak produktif.

Pada akhirnya, menjadi tidak produktif menyebabkan kurangnya kebahagiaan kita secara keseluruhan. Lebih parahnya lagi, masa depan pekerjaan jangka panjangmu bisa terancam keberadaannya.

Bekerja setelah momen libur panjang seperti saat ini memang menyulitkan. Tidak jarang kita masih belum bisa move on dari suasana liburan yang membuat kita lupa akan semua pekerjaan di kantor. Nah, menghadapi hari pertamamu untuk mulai bekerja lagi, yuk jadi produktif dengan 5 langkah berikut!

Memahami diri sendiri

Menjadi pribadi yang produktif memang bukan perkara yang mudah. Banyak waktu dan hal lain yang harus kamu korbankan. Nah, mulai sekarang jadwalkan tugas-tugasmu mulai dari yang paling krusial terlebih dahulu untuk dapat meraih produktivitasmu.

Tugas krusial tentu membuatmu sangat tertekan dan terbebani. Maka dari itu, menyelesaikan tugas krusial dengan lebih cepat akan mengurangi beban dan depresimu, sehingga kamu dapat melanjutkan aktivitas lain dengan lebih tenang dan nyaman.

Ciptakan Inovasi Waktu

Bagaimana ya kita bisa menciptakan inovasi waktu agar kita mampu lebih produktif? Hal ini telah dilakukan oleh salah satu perusahaan teknologi raksasa dunia, yaitu Google. Google membuat gagasan yang terkenal untuk memberikan waktu pada karyawannya bekerja di luar pekerjaan normal mereka.

Dapat dianalogikan, jika kamu terus-menerus “melakukan,” kamu tidak punya waktu untuk berinovasi. Membuat widget yang sama dari hari ke hari tidak memungkinkan kamu memikirkan widget baru apa yang mungkin Kamu buat.

Cobalah menyisihkan waktu untuk mengerjakan sesuatu yang belum pernah kamu ciptakan sebelumnya. Maka kamu telah berinovasi dan membuat dirimu makin produktif.

Tentukan Tujuan dan Target yang Jelas

Agar menjadi produktif setiap orang perlu mengetahui apa yang ia inginkan dan lingkungannya inginkan. Dengan demikian, kepuasan kerja akan timbul pada saat tujuan ataupun target yang kita tentukan tersebut tercapai.  Jangan lupa, tentukanlah tujuan ataupun target yang ingin dicapai dengan realistis dan logis ya. Bila perlu, buat rencana cadangan untuk mencapainya.

Ubah Cara Pandangmu

Jika kamu merasa sedang dalam keadaan yang tidak baik, cobalah melihat ke luar jendela dan menengok ke alam untuk menangkan hati atau mencari inspirasi. Berjalan-jalanlah sebentar di luar, dan temukan ide segar agar dapat membantumu mencari jalan keluar dalam suatu masalah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan menikmati alam sekitar, dapat membantu orang mengatasi stress dan meningkatkan antusiasme untuk sisa sore hari.

Jadi, janganlah pernah menyerah jika kamu menemui kesulitan dalam mencapai tujuanmu. Percayalah, akan ada jalan keluar yang mampu mengatasinya selagi kamu masih mau berusaha.

Dengarkan mereka di sekitarmu

Kita perlu melakukan pertemuan singkat minimal setiap minggu sekali untuk bertukar pikiran dengan orang-orang di sekeliling kita, khususnya dalam bekerja. Dengan demikian kita dapat mengetahui apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka harapkan dari kita. Mungkin kita juga bisa mendapatkan ide-ide yang luar biasa dari pertemuan singkat tersebut.

Itulah bagaimana kita dapat menjadi lebih produktif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita. Ayo tetap semangat dan terus ciptakan kebaikan untuk khalayak luas di sekitarmu.

Please follow and like us:
5 Comments
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: