10 Cara yang Bikin Kamu Makin Kreatif !

Amartha

Asah Daya Kreatifitasmu dan Temukan Bagaimana Cara Membangunya di sini!

Apakah kamu tipe orang yang selalu mewarnai detik demi detik dalam hidup dengan sesuatu yang berbeda dari orang kebanyakan? Mungkin dengan melakukan hal-hal yang aneh atau terlihat mencolok, atau bisa jadi hanya melakukan hal-hal yang biasa-biasa  saja, wajar dan layaknya apa yang dilakukan oleh orang kebanyakan.

Tidak masalah seperti apa hidupmu saat ini, karena yang terpenting ialah menjadi diri sendiri dan tetap kreatif mewarnai hari demi hari, agar hidupmu menjadi semakin bermakna dan bahkan bermanfaat.

Kreativitas adalah jantung yang mengalahkan sejuta hal yang berbeda. Itulah yang akan membantu kita bertahan dalam menghadapi kehidupan yang sangat berwarna. Berikut adalah 10 cara untuk memacu kreativitasmu. Dimana 10 hal kecil ini, akan mengubah hidupmu makin hidup!1. Melihat Sekitar

Lihatlah jauh ke alam, dan kemudian Anda akan mengerti segalanya dengan lebih baik.” Merupakan sebuah kalimat motivasi yang pernah diungkapkan oleh Albert Einstein. Sebagian orang mungkin akan peka terhadap segala perubahan yang terjadi di sekelilingnya, namun tentu saja ada yang acuh. Ini merupakan hal dasar yang amat penting. Mengapa demikian?

Dengan terus melihat berbagai fenomena dan perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar kita, tentu akan membuat kita semakin sigap dan kreatif dalam menghadapi dan menangani segala prubahan yang terjadi. Sebaliknya, bila kita hanya acuh? Apakah kita siap untuk bertahan?

2. Membaca

Kita tentu sering mendengar kata bijak, bahwa buku adalah jendela dunia. Melalui buku, wawasan kita akan bertambah. Nah dalam hal ini, membaca seringkali dianggap remeh dan membosankan. Jangankan untuk memulai membaca, membayangkan tebalnya buku saja sudah membuat kita merasa malas.

Karena dengan membaca pula, kamu tidak harus berkeliling dunia untuk menjadi petualang. Dengan membaca, secara tidak langsung kamu bisa menjelajah dunia hanya dalam hitungan jam. Kamu bisa melintasi puluhan negara dan ratusan kota yang ingin kamu kunjungi. Kamu juga tidak perlu repot menyiapkan sepatu dan tas ranselmu. So, tunggu apa lagi? Ayoo jadi lebih kreatif dengan membaca buku dan temukan berbagai inspirasi di dalamnya!

3. Rasa Ingin Tahu

Setuju gak sih kalua kita wajib menjadi orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap setiap perubahan dan berbagai kejadian yang terjadi dalam hidup kita?

Semua orang paham bahwa penting untuk bersikap berani, percaya diri, dan konsisten dalam berbuat sesuatu. Tapi rasa penasaran? Ya, memang tidak banyak orang yang selalu merasa ingin tahu dengan segala hal, karena mungkin dengan rasa penasaran itu akan membuatmu menjadi lebih aktif atau bahkan menguras energi.

Naumun, justru dengan rasa ingin tahu ini kamu dapat memacu diri agar menjadi pribadi yang peka dan update terhadap lingkungan sekitar. Berbekal rasa ingin tahu pula, kamu dapat mengembangkan diri dan mencari tahu segala hal yang belum pernah kamu alami, bisa jadi ini juga menjadi ajang bagimu untuk menambah pengetahuan dan mengasah kreativitasmu dalam menghadapi permasalahan. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan ya, karena bisa jadi rasa ingin tahu yang menggebu-gebu, malah menganggu orang disekelilingmu.

4. Sesuatu yang Membuatmu Merasa Tidak Nyaman

Menjalani hidup yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, tentu akan sangat menyenangkan. Namun, bagaimana bila kamu keluar dari zona nyamanmu?

Dengan gagasan yang tinggi dan nampak mustahil untuk diraih, akan membuatmu merasa tidak pesimis dengan hasil ataupun dampak yang akan terjadi.  Pada awalnya, hal itu menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman dan kamu ingin segera lepas dari situasi tersebut, dan menjadi tidak mempercayai kekuatan sendiri.

Tapi percayalah, segera situasi tersebut akan membuatmu semakin lihai dan kreatif dalam bertindak. Langkahmu akan menjadi tegas dan pasti membuatmu semakin percaya diri untuk menghadapi hal sulit lainnya.

5. Ketidak Sempurnaan

Jangan menunggu hal-hal menjadi sempurna sebelum Anda membaginya dengan orang lain. Tampil lebih awal dan sering tampil. Ini akan sangat indah saat kita berada dalam posisi tersebu.“- Ed Catmull.

Ya, kita harus paham bahwa ketidak sempurnaan adalah hal yang pasti. Untuk menjadi kreatif jangan mengejar sesuatu yang harus sempurna, namun selalu berikan yang terbaik dan bermanfaat bagi lingkungan dengan kreativitas yang kamu ciptakan.

6. Daftar Ide Harian

Bagaimana menjadi sebuah mesin ide ?

“Suatu hal yang perlu dicoba adalah menulis 10 ide sehari. Ini melatih kemampuan menciptakan  ide dan membuat Anda 100x lebih kreatif daripada rata-rata orang dari waktu ke waktu. Hal ini bisa memuat tentang ide bisnis, ide menulis, atau bahkan ide untuk mengejutkan pasangan Anda. Trik lainnya adalah mengambil gagasan hari Senin dan menggabungkannya dengan gagasan hari Selasa. “- James Altucher .

7. Membandingkan Diri dengan Orang-Orang di Depanmu.

Memang, perlu bagi kita untuk lebih memacu semangat dan kreativitas dengan cara membandingkan apa yang kita buat dengan orang lain. Hal ini bisa, orang yang lebih berpengalaman atau yang kamu anggap memiliki kreativitas yang lebih dari apa yang kamu punya.

Walaupun begitu, jangan menjadikan kekuranganmu layaknya sebuah beban dan menimbulkan kepanikan yang hanya akan membuatmu bingung dan merusak ide-ide mu.

9. Kepercayaan

Keyakinan adalah inti dari sebuahkeniscayaan hingga kamu berhasil mewujudkannya. Lakukan sesuatu, apapun itu, dengan percaya diri, dan dunia akan menganggap kamu tahu apa yang kamu lakukan.

10. Tak Sekedar Menerima Perubahan

Sadar gak sih, dunia ini semakin lama semakin banyak berubah? Maka sudah barang tentu bahwa kita wajib untuk menyesuaikan diri. Tidak hanya mengikuti alur perubahan, namun juga membuat perubahan yang nyata bagi lingkungan kita. Tentunya adalah sebuah perubahan yang kreatif dan solutif untuk diri kita sendiri dan bahkan lingkungan di sekeliling kita.

Bagaimana jika saya memberi tahu Anda 10 tahun dari sekarang, hidup Anda akan persis sama? Saya ragu Anda akan meresponnya dengan bahagia. Jadi, mengapa Anda takut untuk berubah? “- Karen Salmansohn

11. Sebuah Rencana Gila

Sering kali orang hanya terbawa pada satu arus yang dominan dalam menentukan pilihannya maupun dalam bertindak. Namun, pernakah kamu berfikir untuk melakukan hal gila? Hal yang tidak dipikirkan oleh orang kebanyakan, dan sesuatu yang tidak pasaran.

Percaya gak kalau otakmu bekerja dengan cara yang kreatif? Maka mulai sekarang,  rencanakan sesuatu yang sangat beda, belum pernah ada sehingga otak rasionalmu akan lebih bebas berimajinasi dan kreatif.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: