Cara Membuat KK untuk Pasangan yang Baru Menikah

0
1256
Sumber Foto: Kompas

Bagi pasangan yang baru menikah, diperlukan untuk memperbarui Kartu Keluarga (KK). Cara membuat KK kini sangat mudah, kamu hanya perlu membawa beberapa dokumen yang diperlukan.

Dalam kondisi sudah menikah, ada baiknya segera mengurus dan membuat kartu keluarga yang baru dan terpisah dari kedua keluarga, yaitu keluarga kamu serta keluarga pasanganmu. Hal ini akan membuat berbagai urusan administrasi keluarga baru kamu akan menjadi lebih mudah dan cepat prosesnya.

Pada dasarnya, Kartu Keluarga (KK) merupakan kartu identitas bagi sebuah keluarga yang memuat berbagai data penting, seperti nama, susunan anggota keluarga, hubungan, pekerjaan setiap anggota keluarga, dan berbagai informasi penting lainnya.

Nah buat kamu yang baru saja melangsungkan pernikahan, tim Money+ merangkum cara membuat KK untuk kamu!

Menikah vs Beli Rumah
Sumber Foto: iStockphoto.com

Syarat Mengurus Kartu Keluarga Sesudah Menikah

Merujuk pada UU No. 24 Tahun 2013 Pasal 79A, cara membuat KK atau dokumen kependudukan tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun, begini alur bagi pasangan yang baru menikah agar dapat langsung mengurus kartu keluarga:

  • Meminta Surat Pengantar Pembuatan KK baru ke Ketua RT setempat.
  • Membawa surat pengantar tersebut ke Ketua RW dan meminta stempel RW.
  • Membawa surat pengantar tersebut beserta dengan persyaratan lainnya ke kantor kelurahan dan mengisi formulir permohonan KK baru.

Nah, berikut ini beberapa prosedur pembuatan serta syarat-syarat dalam pembuatan kartu keluarga:

  • Surat pengantar dari RT yang telah di-stempel RW.
  • Fotokopi buku nikah/akta perkawinan.
  • Surat keterangan pindah (bagi anggota keluarga pendatang).
  • Dokumen pendukung seperti ijazah, rapor, akta kelahiran, paspor, dan Surat Keputusan Pengangkatan untuk pegawai.
  • Untuk WNA, selain syarat di atas, wajib melengkapinya dengan fotokopi paspor, fotokopi KITAS atau KITAP, surat keterangan penjamin atau sponsor, fotokopi e-ktp penjamin atau sponsor.
Baca Juga: Menikah atau Beli Rumah. Mana Yang Lebih Dulu?

Cara Mengajukan Kartu Keluarga Sesudah Menikah

Setelah melengkapi semua syarat dokumen, kamu dapat langsung mengajukan permohonan Kartu Keluarga (KK) baru, berikut prosesnya:

  • Sesudah semua berkas/dokumen sudah lengkap, usahakan menaruhnya dalam satu folder/map. Agar tidak sampai ada yang tertinggal.
  • Mengisi formulir-formulir yang diberikan oleh pihak kantor desa/kelurahan. Ada beberapa formulir untuk arsip Desa/Kelurahan. Juga ada beberapa formulir untuk pengajuan kartu keluarga.
  • Mengisi data dan formulir pada kantor kecamatan. Pada beberapa daerah, formulir pada kecamatan biasanya sudah dapat kamu isi waktu di kantor desa/kelurahan.
  • Pihak Kecamatan akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen. Agar tidak bolak-balik terlalu jauh, pihak kecamatan akan memastikan semua dokumen yang kamu miliki telah lengkap.
  • Mendatangi Dispendukcapil, dan mendaftar pada bagian permohonan Kartu Keluarga.
  • Petugas Dispendukcapil akan melakukan verifikasi ulang pada berkas/dokumen
  • Jika sudah lengkap, petugas akan melakukan rekam data untuk Kartu Keluarga baru

Setelah itu, kamu bisa langsung menerima Kartu Keluarga (KK) baru, atau menunggu beberapa hari. Durasi waktu untuk kepengurusan pada tiap-tiap instansi bisa saja berbeda.

Jika memungkinkan, kamu dapat sekaligus mengajukan permohonan perubahan pada E-KTP yang kamu miliki. Jadi tidak perlu berulang kali datang ke kecamatan atau Dispendukcapil.

Itulah syarat dan cara mengurus kartu keluarga sesudah menikah. Pada dasarnya, ini tidak akan sulit jika dokumennya lengkap. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here