Bukan Sulap Bukan Sihir, 5 Cara Kaya Raya Tanpa Pesugihan

0
1210

Banyak jalan menuju kaya raya. Meskipun demikian, agar mendapatkan keberkahan, kaya raya bisa dicapai tanpa melakukan pesugihan atau pun sihir.

Bagi sebagian orang, menjadi kaya raya adalah tujuan hidup mereka. Meskipun uang mungkin memang bukan prioritas terbesar. Hanya saja, untuk menjalani hidup yang nyaman tentu membutuhkan banyak uang.

Untuk menjadi orang yang kaya raya tentunya tidak bisa hanya dengan bermimpi saja. Diperlukan ketekunan, kerja keras, dan komitmen untuk bisa meraih kekayaaan yang diidam-idamkan.

5 Perbedaan Gaya Investasi Laki-Laki dan Perempuan

5 Cara Kaya Raya Tanpa Pesugihan

1. Buat Rencana Keuangan

Salah satu alasan utama mengapa seseorang tidak pernah bisa menjadi kaya raya adalah karena mereka tidak pernah membuat rencana keuangan. Mengembangkan rencana keuangan memaksa kamu untuk mengambil tindakan.

Hal itu bisa menjadi pemandu kamu dalam membuat keputusan yang tepat untuk mencapai semua impian dan tujuanmu.

Ketika merencanakan masa depan yang lebih aman ada dua input yang sangat diperlukan, berapa banyak uang yang kamu miliki dan berapa banyak uang yang ingin dibelanjakan.

2. Hidup Hemat  

Kunci sukses seseorang punya banyak uang alias kaya raya adalah hidup hemat. Lihat saja Pendiri Microsoft, Bill Gates maupun Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Dua miliarder yang selalu berpenampilan sederhana di manapun.

Tanpa jam tangan mewah, baju mahal, ikat pinggang dilapisi berlian. Tidak sama sekali. Karena tujuan mereka kaya raya, bukan tampil kaya. Kalau kamu mau kaya, jangan boros dalam menggunakan uang. Apalagi berfoya-foya atau menghamburkan uang.

Uang yang kamu dapat dari gaji atau menjalankan usaha, sebaiknya ditabung. Paling bagus diputar lagi, misalnya untuk investasi maupun mengembangkan bisnis. Dengan demikian, uang akan ‘beranak pinak.’ Jumlahnya semakin banyak, karena ada keuntungan yang kamu peroleh.

Ingat, mencari dan mengumpulkan uang itu tidak mudah. Butuh kerja keras, cucuran keringat, dan air mata. Bahkan sampai jatuh bangun. Jadi manfaatkan uang yang kamu peroleh untuk hal-hal yang bermanfaat.

Hargai setiap sen uang yang dihasilkan, maka kamu akan menjadi orang kaya raya yang bijak.

3. Menabung Dulu, Baru Berbelanja   

Investor ternama di Dunia, Warren Buffet punya kata mutiara: “Janganlah menabung dari sisa uang belanja, melainkan belanjalah menggunakan sisa uang yang telah ditabung.”

Patok dulu berapa persen tabungan dari penghasilan sebulan, misalnya 30 persen. Bila gaji Rp 10 juta, umpamanya, berarti langsung gembok Rp 3 juta di rekening tabungan, barulah sisanya dipakai untuk keperluan lain. Inilah cara agar disiplin menabung dan sekaligus cara yang paling efektif.

Inilah Alasan Kenapa Rajin Menabung Aja Gak Cukup Bikin Kamu Cepat Kaya

4. Tingkatkan Penghasilan    

Apakah para orang kaya hanya punya satu sumber penghasilan? Tentunya ini tidak mungkin. Sebab, pasti ada keran uang yang mereka buka di mana-mana. Itulah yang namanya penghasilan pasif. Misalnya punya toko yang udah berkembang, lalu bangun rumah kos untuk disewakan.

Toko jadi sumber penghasilan utama, sementara rumah kos adalah pengganda. Intinya, penghasilan pasif mesti didapat dari kegiatan yang gak bentrok dengan penghasilan utama dan tidak perlu dijaga sepanjang waktu.

5. Tanamkan Mindset Uang Adalah Waktu    

Pepatah lama tentang waktu adalah uang mungkin harus kamu tinggalkan mulai sekarang. Sebab, menurut banyak ahli keuangan justru uang yang merupakan waktu.

Biar Gak Keliru, Belajar Psikologi Uang Dari Morgan Housel Dulu Yuk!

Analogi sederhana untuk memahami kalimat tersebut adalah seperti ini, misalkan kamu membeli pakaian seharga Rp 2 juta perbulan. Jika memotong anggaran dan membeli pakaian yang seharga Rp 1 juta, kamu masih memiliki sisa Rp 1 juta.

Sisa Rp 1 juta per bulan jika dikalikan 12 bulan saja sudah mencapai Rp 12 juta, dimana nominal ini bisa digunakan untuk biaya hidup selama dua atau bahkan tiga bulan

Dengan begitu, memotong anggaran dan menyimpan uang lebih banyak membuat kamu dapat membiayai waktu yang dijalani nantinya. Semakin banyak jumlah yang kamu sisihkan dan ditabung atau investasi, semakin besar kemungkinan waktumu yang terjamin di kemudian hari.

Nah, itulah 5 cara menjadi kaya raya tanpa pesugihan. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here