Cara Hemat Pengeluaran Saat Ramadan Ala Martha

|

|

|

Bulan Ramadan identik dengan pengeluaran yang mencapai dua kali lipat dibanding bulan lainnya. Itu artinya, sudah saatnya untuk mulai berpikir merencanakan keuangan agar pengeluaran tetap terkendali selama bulan puasa hingga Hari Raya Lebaran.

Pada umumnya, harga sejumlah kebutuhan pokok akan mulai merangkak naik jelang bulan Ramadan. Biasanya semua menjadi serba mahal lantaran tingginya permintaan.

Jika tidak disiasati secara cermat, pengeluaranmu sudah pasti membengkak selama bulan puasa. Bisa-bisa, gaji bulananmu tidak akan cukup untuk membiayai hidup.

Nah, untuk menghemat pengeluaran selama Bulan Ramadan, Martha punya beberapa caranya nih. Berikut ini adalah cara hemat pengeluaran saat bulan Ramadan Ala Martha!

1. Buat Rencana Keuangan Selama Bulan Ramadan

Membuat rencana keuangan sangatlah penting. Selama Bulan Ramadan, ada baiknya kamu mencatat seluruh daftar kebutuhan selama sebulan penuh. Bahkan, kalau perlu sampai Lebaran, supaya kamu punya gambaran untuk alokasi anggarannya.

Lakukan hal ini seminggu atau dua minggu sebelum Bulan Ramadan tiba. Selain menyusun kebutuhan apa saja yang ingin dibeli, kamu juga bisa membuat menu makanan sehari-hari selama bulan puasa.

Tips Efektif Budgeting Sistem Amplop

Tuliskan secara detail dan lengkap, termasuk perkiraan anggarannya. Cocokkan dengan pemasukan atau penghasilan kamu. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari gajimu. Jika hal itu sampai terjadi, segera coret pengeluaran yang tidak perlu atau masih dapat ditunda.

Untuk lebih berhemat, kamu bisa mengakalinya dengan memprioritaskan membeli kebutuhan pokok dengan kuantitas seperlunya saja, tidak berlebihan agar tidak menyebabkan pemborosan, serta membeli barang yang harganya lebih murah.

2. Catat Pengeluaran Harian

Jika sudah membuat rencana keuangan untuk sebulan, dalam penerapannya kamu harus rajin mencatat pengeluaran harian. Soalnya, nih, jika tidak membatasi dan mencatat pengeluaran apa saja yang dilakukan, alih-alih berhemat, kamu malah makin boros.

Contohnya, merasa tidak mengeluarkan uang untuk makan siang, eh, malamnya dipakai untuk nongkrong dan jajan sampai larut malam. Kalau begini, sih, bakal sama saja! Jadi, pastikan kamu tahu berapa yang sudah dikeluarkan dan kelola sisanya dengan bijak.

3. Belanja Kebutuhan Pokok Langsung untuk Sebulan Ke Depan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga bahan pokok makanan menjelang dan selama Bulan Ramadan biasanya naik. Kenaikan harga ini akan berdampak besar pada membengkaknya pengeluaran bulanan kamu. Meski harga sembako dan lainnya lebih mahal, tapi kamu tetap membutuhkan bahan-bahan pokok untuk membuat menu makanan.

Supaya bisa berhemat, kamu harus berbelanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga kamu tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya dalam posisi mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanjamu juga jadi efektif.

Perubahan Gaya Hidup Dramatis Yang Bikin Utang Cepat Lunas. Yuk Tiru!

4. Batasi untuk Berbuka Puasa di Luar Rumah

Jika ingin hemat saat Bulan Ramadan, jangan pernah melewatkan buka puasa di rumah. Kebiasaan berbuka puasa di luar rumah, terutama di restoran, cenderung membuatmu lebih boros.

Sebab, bukan hanya membeli makanan, kamu bisa jadi mampir ke tempat perbelanjaan yang menawarkan banyak diskon. Di sini, jiwa konsumtif kamu akan diuji.

5. Jangan Gampang Tergoda Tawaran Promo Belanja

Meski kamu sudah merencanakan keuangan jauh-jauh hari, namun biasanya orang akan ‘gelap mata’ begitu melihat banjir promo spesial Ramadan, seperti diskon, cashback, buy 1 get 1, dan promo lainnya.

Alih-alih berhemat, malah makin boros karena terlalu banyak yang dibeli. Aji mumpung, tapi kebablasan.   Jadi, pastikan kamu memanfaatkan promo untuk belanja kebutuhan pokok saja. Bukan menuruti keinginan semata yang bisa membuatmu menyesal nantinya.

Nah, itulah beberapa cara hemat pengeluaran saat bulan Ramadan Ala Martha. Selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...