Home Finance Cara Deteksi Modus Penipuan Dengan Cek Nomor Rekening

Cara Deteksi Modus Penipuan Dengan Cek Nomor Rekening

|

|

|

Modus penipuan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk ketika kamu memutuskan untuk bertransaksi dengan orang lain tanpa tatap muka. Kondisi seperti ini menuntut kamu untuk selalu bersikap waspada saat berbelanja secara online.

Cara Deteksi Modus Penipuan

Kamu bisa menerapkan salah satu langkah preventif ketika bertransaksi tanpa tatap muka dengan si penjual, yaitu mengecek nomor rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Siapa tahu nomor rekening tersebut sudah mendapatkan banyak laporan karena kasus penipuan.

Berikut referensi pengecekan nomor rekening yang bisa kamu gunakan:

  1. Melalui CekRekening.id
    Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia sudah meluncurkan CekRekening.id sebagai salah satu situs pelaporan penipuan secara online.

    Salah satu tujuannya adalah membantu masyarakat Indonesia melacak nomor rekening pelaku penipuan demi transaksi daring yang lebih aman.

    Kamu akan mendapatkan informasi lengkap seputar nama pemilik, bank, serta riwayat transaksi yang sudah dilakukan sebagai bukti ketika menjadi korban penipuan.

    Berikut cara menggunakan CekRekening.id:
  • Buka tab browser Google lewat PC, laptop, ataupun smartphone kamu.
  • Kunjungi laman CekRekening.id.
  • Input nama bank yang digunakan oleh pelaku penipuan.
  • Selanjutnya, masukkan nomor rekening kemudian klik Periksa Rekening.
  • Tidak lama kemudian, muncul informasi lengkap mengenai rekening tersebut. Kamu bisa mengidentifikasinya bermasalah atau tidak.
  • Dengan begitu, kamu bisa membatalkan transaksi dan ikut memblokir nomor rekening tersebut. Kalau terlanjur ditipu, kamu bisa menyimpannya sebagai bukti pelaporan yang cukup valid.
  1. Gunakan Kredibel.co.id
    Selain CekRekening.id, kamu bisa memanfaatkan Kredibel.co.id untuk membantu mengecek nomor rekening pihak yang akan bertransaksi denganmu.

    Laman daring ini berdiri sejak 2016 dan bekerja untuk mengidentifikasi apakah terdapat oknum tertentu yang berpotensi melakukan penipuan atau tidak.

    Gunakan cara berikut untuk menggunakannya:
  • Siapkan tab browser melalui smartphone, PC, atau laptop.
  • Ketik dan masukkan laman Kredibel.co.id. Login akun terlebih dahulu.
  • Masukkan nomor rekening yang ingin diperiksa pada kolom halaman Cek Rekening.
  • Selanjutnya, muncul informasi lengkap mengenai nama dan bank pemilik akun. 
  • Kamu akan melihat ringkasan laporan penipuan yang sudah dilakukan jika akun tersebut memang oknum nakal dan merugikan masyarakat.

    Selain mengecek rekening, kamu juga bisa mengunggah laporan penipuan dengan mudah. Hal ini akan membantu masyarakat lainnya untuk meninjau kembali nomor rekening yang berhubungan dengan transaksi jual beli.

Tips Lainnya Untuk Menghindari Penipuan

  • Selalu cari tahu reputasi dari penjual atau pembeli online
  • Jangan mudah terkecoh dengan harga yang terlalu mahal atau terlalu murah
  • Lebih baik manfaatkan rekber untuk memperkecil peluang penipuan
  • Simpan bukti pengecekan rekening apabila dibutuhkan
  • Hilangkan jejak digital setelah berhubungan dengan orang yang tidak kamu kenal

Pengecekan nomor rekening menjadi salah satu cara efisien dalam melindungi diri dari penipuan maupun hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan kamu rajin-rajin melakukan pemeriksaan nomor rekening sebelum memutuskan untuk bertransaksi dengan pihak tersebut karena keamanan adalah hal yang paling utama.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...