Cara dan Syarat Mendirikan Bisnis SPBU Mini Pertamina

|

|

|

Mendirikan bisnis SPBU Mini Pertamina merupakan salah satu peluang yang menarik dan mampu mendatangkan banyak keuntungan. Meski begitu, modal yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis franchise SPBU terbilang mahal.

Karena itu, Pertamina sekarang ini sudah menawarkan program franchise yang lebih terjangkau, yaitu SPBU Mini.

Jabarnya, Pertamina membuka peluang kerja sama untuk masyarakat yang ingin berwirausaha menjual bahan bakar minyak (BBM) resmi melalui kemitraan bisnis Pertashop. 

Pertashop ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin membuka SPBU dengan modal terbatas. Harga yang dijual Pertashop juga sama dengan BBM yang dijual di SPBU Pertamina.

Pada tahun 2020 kemarin, tercatat ada 106 Pertashop yang berdiri di Indonesia. Perkembangannya cukup pesat karena banyak orang yang tertarik untuk bekerja sama dengan Pertamina. Kamu yang tertarik tentu harus mempersiapkan modal yang cukup.

Baca Juga: Gaji Kerja di Pertamina Paling Besar Dari Semua BUMN. Benarkah?

Nah, berikut ini adalah cara dan syarat mendirikan SPBU Mini Pertashop!

Cara Mendirikan SPBU Mini Pertashop

Bagi masyarakat yang berminat untuk membuka bisnis Pertashop Pertamina bisa mengikuti prosedur pendaftaran online melalui laman web https://ptm.id/MitraPertashop.

Calon mitra kemudian dapat memilih menu “Informasi Pendaftaran” dan klik pada tombol “Daftar Sekarang”.

Sebelum dapat masuk ke halaman registrasi, pengunjung akan diminta untuk memberi centang pada pernyataan bahwa calon mitra mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Kemudian calon mitra dapat melanjutkan untuk melengkapi formulir registrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pemilihan Lokasi

Dalam proses ini, calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia dengan melengkapi informasi yaitu: Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat detil rencana lokasi Pertashop.

Apabila lokasi yang diinginkan tidak tersedia dari pilihan menu, calon mitra dapat melakukan pengajuan lokasi baru dengan meng-klik tautan yang tersedia.

2. Input Data Diri

Pada tahap selanjutnya, calon mitra akan diminta untuk mendaftarkan nama perusahaan, nama pengusaha, alamat e-mail, dan nomor handphone serta melengkapi password yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertashop.

3. Submit

Setelah memberi centang pada pernyataan “Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina”, calon mitra dapat meng-klik tombol “submit”. 

Lalu, calon mitra akan mendapat email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran serta kode aktivasi melalui SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data di website.

Proses ini akan memudahkan tim kelayakan Pertamina untuk mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan dan melengkapi data terkait kelengkapan perizinan Pertashop.

Untuk informasi lebih lanjut dari kemitraan Pertashop ini kunjungi laman Pertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Syarat Mendirikan SPBU Mini Pertashop

Untuk menjadi mitra bisnis Pertashop, kamu perlu mengikuti syarat-syarat di bawah ini.

  • WNI yang punya izin usaha seperti CV, PT, koperasi, dan usaha lainnya.
  • Menyediakan kartu identitas berupa KTP.
  • Menyiapkan NPWP perusahaan.
  • Memiliki lahan sendiri untuk dibangun Pertashop (bukan lahan menyewa).
  • Rekomendasi dari kepala desa setempat yang artinya harus mendapatkan izin mendirikan SPBU dari masyarakat setempat.
  • Menyediakan modal sesuai dengan paket mitra yang dipilih.

Sementara itu, ada syarat lahan yang akan dibangun Pertashop yang harus kamu teliti dan penuhi juga, yakni:

  • Lokasi di sekitar lahan harus mampu dilewati oleh truk tangki yang beratnya mencapai 8.000 ton. Termasuk jembatan dan jalan di sekitarnya.
  • Tipe Gold membutuhkan lahan yang memiliki luas 210 meter persegi, Platinum 300 meter persegi, dan Diamond 500 meter persegi.
  • Lahan tersebut tidak berdekatan dengan SPBU lain, harus dilalui banyak kendaraan, dan mempunyai jaringan listrik yang bagus.

Well, itulah cara dan syarat mendirikan bisnis franchise SPBU Mini dari Pertamina. Apakah kamu tertarik merintisnya? Apakah sudah memiliki modalnya?

Kalau belum, kamu bisa menyiapkan modal untuk bisnis ini dengan melakukan investasi di Amartha.

Amartha merupakan perusahaan P2P Lending yang menyalurkan dana kamu sebagai investor kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui pendampingan dan pelatihan. Kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Yang gak kalah penting, kamu bisa investasi mulai dari 100 ribu aja, lho.

Yuk daftar sekarang!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...