Home Money+ 5 Cara Berinvestasi dengan Aman dan Resiko Terukur

5 Cara Berinvestasi dengan Aman dan Resiko Terukur

|

|

|

Memilih Investasi yang aman dan kecil resikonya tentu menjadi keinginan para investor yang ingin menanamkan modalnya di dunia investasi.

Namun, ada baiknya sebelum memulai masuk ke dunia investasi, calon investor mengetahui lebih dulu cara berinvestasi agar menghasilkan investasi yang menguntungkan baik mendapatkan hikmah dari berinvestasi ataupun menguntungkan dalam sisi finansial.

Pastikan pilihan pada investasi aman terpercaya, jangan sampai anda menjadi korban penipuan berdalih investasi yang menguntungkan.

Iming-iming keuntungan berlipat-lipat di bawah nama samaran arisan berantai, money game, bahkan saham pre-IPO telah membuat orang rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

Karena itu mengenali berbagai instrumen cara berinvestasi yang baik menjadi kata kunci utama demi mendapatkan profit atau keuntungan.

Instrumen atau investasi dapat dikatakan Baik jika..

…Memiliki berbagai kritera yang khas dan sedekat mungkin dengan kaidah kaidah syariah. Untuk mengenali ciri ciri Investasi yang baik berikut kami humpun beberapa point penting;

1. Mudah Dipahami

Tidak sedikit, investor pemula yang ikut menanamkan modalnya di suatu perusahan namun tidak mengerti cara kerja pengelolaannya. Apabila ada jenis investasi yang tidak bisa dijelaskan dengan cara yang mudah dan sederhana atau sulit anda mengerti, maka jauhi hal tersebut. Meskipun sebenarnya bukan investasi bodong atau penipuan. Sebab salah satu syarat cara berinvestasi baik adalah Anda tahu bagaimana cara kerjanya.

2. Investasi Selalu Mengandung Resiko

Sudah menjadi kodratnya kalau investasi selalu memiliki resiko. Hasil yang 100% pasti tidak dapat disamakan dengan investasi. Investasi selalu mengandung resiko.

Jangan berinvestasi apabila Anda tidak siap untuk kehilangan. Maka pastikan Anda sudah tahu benar jenis risiko yang ada pada sebuah investasi. Semua bentuk investasi memang memiliki risiko yang tidak terduga, baik yang sistemik maupun resiko non-sistemik.

Jadi perhatikan dengan baik apakah Anda mampu menerimanya atau tidak saat mengalami kerugian.

3. Investasi yang mensyaratkan modal awal

Modal awal yang pertama, disini kita berbicara tentang modal berupa materi atau tangible yang sifatnya dapat mudah habis.

Jangan percaya dengan “investasi” yang mensyaratkan modal dengkul, karena investasi itu pada hakekatnya memutar modal. Sementara modal awal yang kedua, adalah Investasi yang menuntut keahlian.

Sedikitnya seorang investor pasti memiliki keahlian/pengetahuan dibidangnya, sehingga mereka bisa mengestimasi investasi yang dijalankan kemungkinan berhasil.

Misalnya untuk investasi pada bidang konveksi pakaian, pasti akan cari tahu dulu apa itu konveksi pakaian, seperti apa profile pengusaha yang akan didanai / diinvest?.

Berikut juga bagaimana kondisi persaingan di industri konveksi pakaian.

4. Pastikan tempat kita berinvestasi memiliki legalitas dan sarana yang jelas

Demi keamanan berinvestasi, kalau anda investor pemula ada baiknya berinvestasi di tempat yang jelas, artinya perusahaannya atau individunya memiliki sistem yang baik terlebih pada sistem syariah. Kantornya ada dan jelas, dan sebagai penunjang izinnya pun juga terdaftar.

Kalau kita tidak pernah mengenal namanya, atau tidak ada orang yang kita kenal memberi referensinya, sebaiknya hindari dulu. Meskipun bukan berarti investasinya tidak baik tapi hanya karna belum jelas portfolio dan prasyarat lainnya.

5. Investasi yang Menguntungkan dilengkapi Riset / Penelitian

Lakukan penelitian tentang perusahaan yang akan Anda jadikan tempat menanam modal. Anda bisa melihat pergerakan uang, manajemen, dan berbagai faktor lainnya pada usaha yang akan anda invest.

Jika Anda sudah paham dengan cara kerja investasi di perusahaan tersebut, maka itulah saat yang tepat untuk menanamkan modal.

Di era saat ini profile resiko dan profile peminjam dana sudah banyak disediakan jasa P2P Lending Marketplace, ini celah yang baik untuk memulai berinvestasi aman dan menguntungkan.

Anda bisa bertanya kepada pihak Amartha untuk tips awal berinvestasi yang baik lengkap dengan sistem credit scoring dan instrumen lainnya.

P2P Lending marketplace untuk Investasi yang Baik

Demi menjawab kegelisahan para investor yang ingin mendapatkan investasi aman dan menguntungkan seperti kriteria investasi diatas.

Melalui platform peer to peer (P2P) lending yang dimiliki Amartha.com, ditawarkan cara baru berinvestasi dengan memanfaatkan fincance technology (FinTech) berupa lending marketplace yang dapat menghubungkan puluhan bahkan ribuan peminjam dan investor.

Dengan FinTech P2P lending marketplace tersebut, para investor akan mendapatkan investasi yang menguntungkan berupa imbal hasil yang sesuai. Para investor juga dapat memantau secara realtime pertumbuhan investasi dan selisih keuntungan yang didapat dari investasinya.

Selain memberikan investasi aman dan terpercaya kepada investor, kehadiran pembiayaan peer-to-peer (P2P) lending melalui marketplace Amartha.com juga turut membantu usaha mikro dan kecil (UKM) di Indonesia terutama masyarakat pedesaan yang tidak terjangkau oleh bank sehingga dengan mudahnya pengusaha di pedesaan dapat memperoleh akses modal pembiayaan yang terjangkau dari para investor.

Mulai Berinvestasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Amartha.com juga menawarkan kemudahan investasi bagi para investor pemula yang ingin melakukan investasi yang menguntungkan dengan modal kecil.

Dengan minimal invsetasi sebesar 3 juta rupiah, para investor sudah bisa bergabung untuk membantu usaha kecil dan menengah di pedesaan Indonesia. Untuk memulai mendanai profile usaha yang diminati, cukup lakukan 5 langkah sederhana berikut ini

  1. Pilih portfolio peminjam yang sesuai berdasarkan deskripsi usaha atau tenor pinjaman.
  2. Pilih satu atau lebih peminjam yang ingin dibiayai.
  3. Top up sesuai dengan nilai investasi Anda. Untuk melakukan top up, login ke profil Anda lalu buka My Wallet dan klik e-Wallet. Ikuti instruksi untuk melakukan transfer dana ke e-Wallet
  4. Cek syarat dan ketentuan serta akad (perjanjian pinjaman) untuk memastikan bahwa Anda telah memahami risiko dan setuju dengan ketentuan yang ada.
  5. Anda akan menerima email pemberitahuan. Siklus investasi Anda akan dimulai saat dana diserahkan oleh field officer kami ke peminjam (kira-kira satu minggu setelah transaksi akad dilakukan).

Profile jasa P2P Lending Marketplace yang baik

Amartha.com sendiri berada di bawah naungan badan hukum PT Amartha Mikro Fintek. Dengan berpengalaman lebih dari 5 tahun, Amartha memberikan akses keuangan mikro kepada lebih dari 20.000 mikro entrepreneur.

Tidak heran Amartha dipandang sebagai wadah investasi yang menguntungkan bagi para investor.

Bukan hanya itu…

Saat ini total dana yang telah disalurkan Amartha ke para UKM di Indonesia sebesar 3 juta dolar, Amartha sukses mentransformasi pelaku UKM di pedesaan menjadi peminjam yang credit-worthy.

Jaminan investasi aman di Amartha.com juga dibuktikan dengan 0 persen tingkat kegagalan bayar selama 5 tahun dari para peminjam.

Hal ini karena Amartha menerapkan sistem, di mana semua peminjam akan dikenakan biaya risiko pembiayaan yang besarnya menyesuaikan dengan nilai pembiayaan.

Nantinya bila ada kegagalan bayar maka pengembalian dana investasi akan berasal dari dana tersebut.

Strategi menghasilkan investasi aman dan terpercaya untuk para Investor di Amartha.com sudah terujinya dengan diterapkannya sistem Group Lending, dimana sisten group lending ini terinspirasi oleh Grameen Bank.

Grameen Bank adalah sebuah organisasi kredit mikro yang dimulai di Bangladesh yang memberikan pinjaman kecil kepada orang yang kurang mampu tanpa membutuhkan collateral.

Sistem ini berdasarkan ide bahwa orang miskin memiliki kemampuan yang kurang digunakan.

Mekanisme Group Lending

yaitu calon peminjam di bawah 11 juta rupiah wajib membentuk sebuah majelis yang terdiri dari 15 hingga 25 orang di area tempat tinggalnya. Dengan adanya majelis tersebut maka kegagalan pembayaran akan dilakukan secara tanggung renteng oleh para anggota.

Dengan cara investasi yang ditawarkan fintech P2P ending marketplace Amartha.com, para investor cukup memantau proyeksi margin yang ditawarkan peminjam di dashboard profil anda.

Hal ini untuk memudahkan investor dalam mengawasi pergerakan investasinya dan demi menjamin investor mendapatkan investasi aman dan menguntungkan.

Meski cara berinvestasi dengan peer to peer lending masih tergolong inovasi teknologi keuangan baru dan belum diatur pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun Amartha senantiasa menerapkan prinsip kehati-hatian (prudentiality principles) dan penilaian kelayakan peminjam yang ketat melalui credit scoring dan analisa risiko lainnya serta penerapan prinsip anti pencucian uang (money-laundering) serta pengenalan nasabah bagi para investor.

Jika Anda masih ragu untuk memulai investasi?

Mulailah dulu dengan dana yang relatif tidak besar, seperti investasi individual.

Pilihlah investasi yang berdampak, dengan modal kecil dikisaran 3 juta tapi bisa membantu kita untuk melangkah lebih yakin dengan pilihan investasi kita. Kalau kita sudah lebih mengerti dan lebih mantap, baru mulai tingkatkan dana investasi kita.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

7 COMMENTS

  1. Hiya, I am really glad I have found this info. Today bloggers publish only about gossip and net stuff and this is actually frustrating. A good blog with exciting content, that’s what I need. Thanks for making this web site, and I will be visiting again. Do you do newsletters by email?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...