Cara Berhemat Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Memulai Hidup Sendiri

|

|

|

Tahun berganti, beberapa orang biasanya memutuskan untuk mulai hidup sendiri. Entah karena menjadi karyawan baru ataupun berpindah kota karena pekerjaan maupun bersekolah.

Buat banyak orang, hidup sendiri tentu dirasa menyenangkan karena kamu bisa bebas pergi kemana saja sesuai keinginan. Kamu juga dapat melakukan hal apa saja yang disukai tanpa takut dimarahi orangtua.

Meski begitu, hidup sendiri bisa jadi kacau jika kamu tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Sebagian besar orang juga umumnya akan merasa khawatir karena mereka tidak tahu berapa biaya hidup sendiri untuk pertama kalinya.

Masalah Umum Soal Budgeting dan Cara Mengatasinya (Part 1)

Nah, buat kamu yang akan memulai hidup sendiri, berikut ini adalah beberapa tips untuk berhemat!

1. Belajar Memasak Sendiri   

Saat hidup sendiri, tentunya terbersit keinginan di dirimu untuk membeli makanan apa saja yang kamu suka. Membeli makanan di luar memang praktis dan enak. Kamu tidak perlu repot memasak dan bisa langsung menyantap makanan dalam waktu yang cepat.

Tapi tahukah kamu, membeli makanan jauh lebih boros daripada memasak. Jadi pertimbangkanlah untuk memasak sendiri. Kamu bisa belajar memasak dan menjamin kebersihan makanan yang akan disantap.

2. Pilih Tempat Tinggal yang Dekat dengan Kantor/Sekolah   

ika kamu baru memulai hidup sendiri, ada baiknya untuk mencari tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau sekolahmu. Tinggal di dekat kantor akan menghemat anggaranmu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu mengalokasikan dana khusus untuk transportasi. Sehingga bisa jauh lebih hemat. Selain itu jarak yang dekat membuat kamu tidak perlu khawatir terlambat atau terjebak macet.

3. Cermat dalam Berbelanja

Saat hidup sendiri, sebaiknya kamu harus pandai mengelola keuangan. Belanja berbagai barang kebutuhan pada akhir pekan akan menguntungkan karena beberapa supermarket menawarkan banyak potongan harga pada hari tersebut.

Jika Anda menyukai merek tertentu, coba bandingkan dengan merek lain yang harganya lebih murah. Kalau manfaat dan fungsinya sama, mengapa harus membeli yang lebih mahal? Lebih baik digunakan untuk menabung daripada membeli barang-barang mahal yang kurang bermanfaat.   

Sering Diabaikan, Inilah 4 Manfaat dari Menerapkan Budgeting

4. Susun Daftar Anggaran Bulanan

Sisihkan sedikit waktu untuk menyusun anggaran setiap bulannya. Cara ini baik untuk melihat apa saja barang-barang yang kamu butuhkan setiap bulan. Serta mengetahui berapa besar anggaranmu tiap bulan.

Namun, kamu juga harus tetap hemat, jangan membeli barang di luar anggaran agar pengeluaran tidak bertambah. Lakukan ini secara rutin dan rasakan manfaatnya.

Hidup sendiri memang cukup menantang untuk dilakukan. Kamu mungkin akan merasa khawatir saat menjalani hidup sendiri tanpa keluarga untuk pertama kalinya. Namun, dengan pandai mengatur keuangan, niscaya hal ini dapat dijalani tanpa ada hambatan. Silakan menikmati hidup sendiri sambil berhemat ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...