Home Finance Cara Ampuh Menagih Hutang ke Teman

Cara Ampuh Menagih Hutang ke Teman

|

|

|

Menagih hutang kepada teman memang terbilang rumit. Di satu sisi, kamu tentunya menginginkan uangmu kembali. Namun, di sisi lainnya, saat hutang tersebut tidak dikunjung dibayar, ada perasaan enggan untuk menagihnya karena takut merusak pertemanan.

Meski begitu, sebagai pemberi pinjaman, kamu tetap berhak mendapatkan kembali uang dipinjam sesuai waktu yang dijanjikan temanmu. Terkadang, saat ingin menagihnya, ada saja alasan yang dilontarkan sehingga membuat kamu kasihan sekaligus jengkel karena uang yang dipinjam tidak kunjung dikembalikan.

15 Cara Raditya Dika Dalam Mengatur Keuangan

Nah, supaya permasalah hutang tidak berlarut, ada baiknya kamu mengikuti cara-cara ini saat menagihnya ke temanmu!

1. Beritahu Ke Teman Kalau Kamu Membutuhkan Uang Tersebut

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengajak temanmu untuk berbicara baik-baik. Ceritakanlah kalau kamu sekarang sedang membutuhkan uang yang sedang ia pinjam. Ceritakan juga masalah yang sedang kamu hadapi sehingga temanmu akan merasa tidak enak jika tidak segera mengembalikan uang yang ia pinjam.

2. Cari Bantuan dari Pihak Ketiga

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan pihak ketiga untuk menagihnya. Maksud dari pihak ketiga di sini adalah teman lain selain kamu, atau pacar dari temanmu itu. Jangan ragu untuk meminta tolong pada salah satu dari mereka untuk menagih hutang temanmu tersebut.

Hal ini dapat kamu lakukan setelah tidak ada niat baik dari temanmu yang memiliki utang tersebut untuk membayarnya. Pasalnya, seseorang akan lebih cepat menyadari kesalahannya ketika ada teman lain atau pacar yang mengingatkannya secara langsung sehingga ia merasa malu.

3. Buat Perjanjian Tertulis

Pada dasarnya, kesepakatan hutang antar teman biasanya didasari atas kepercayaan satu sama lain. Meski begitu, tidak ada salahnya membuat perjanjian hitam di atas putih ketika meminjamkan uang ke teman, terutama apabila nominalnya besar.

Dalam perjanjian tersebut, kamu bisa menuliskan nominal, cara membayar, hingga tenggat waktu pembayaran sesuai kesepakatan bersama dengan temanmu. Dengan adanya perjanjian tertulis, kamu pastinya akan lebih nyaman saat menagih hutang itu pada temanmu.

4. Temui Keluarganya

Cara yang terakhir ini terbilang serius. Jika teman yang kamu pinjami uang tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda menjauhi, atau bahkan menghilang dari lingkaran pertemananmu, ini menunjukkan gelagat tidak baik. Jika sudah begitu, kamu sebaiknya segera menemui keluarga yang tinggal satu rumah dengannya.

Jangan ragu ataupun segan menceritakan masalah hutang tersebut kepada keluarga temanmu. Karena itu merupakan hakmu untuk mendapatkan uang tersebut kembali. Meski begitu, usahakan berbicara dengan sopan saat menceritakan hal tersebut pada keluarganya.

Nah, supaya uang simpananmu tidak dipinjam oleh teman, ada baiknya kamu mengubahnya menjadi investasi sebagai pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya dapat diambil kapan saja sesuai kebutuhanmu.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...