Cara Ampuh Menagih Hutang ke Teman

0
128

Menagih hutang kepada teman memang terbilang rumit. Di satu sisi, kamu menginginkan uangmu kembali dan di sisi lainnya, saat hutang tersebut tidak dikunjung dibayar, ada perasaan enggan untuk menagihnya karena takut merusak pertemanan.

Meski begitu, sebagai pemberi pinjaman, kamu tetap berhak mendapatkan kembali uang dipinjam sesuai waktu yang dijanjikan temanmu. Terkadang, saat ingin menagihnya, ada saja alasan yang dilontarkan sehingga membuat kamu kasihan sekaligus jengkel karena uang yang dipinjam tidak kunjung dikembalikan.

Baca Juga: 15 Cara Raditya Dika Dalam Mengatur Keuangan

Nah, supaya permasalah hutang tidak berlarut, ada baiknya kamu mengikuti cara-cara ini saat menagihnya ke temanmu!

Beritahu Kamu Membutuhkan Uang Tersebut

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengajak temanmu untuk berbicara baik-baik. Ceritakanlah kalau kamu sekarang sedang membutuhkan uang yang sedang ia pinjam. Ceritakan juga masalah yang sedang kamu hadapi sehingga temanmu akan merasa tidak enak jika tidak segera mengembalikan uang yang ia pinjam.

Cari Bantuan dari Pihak Ketiga

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan pihak ketiga untuk menagihnya. Maksud dari pihak ketiga di sini adalah teman lain selain kamu, atau pacar dari temanmu itu. Jangan ragu untuk meminta tolong pada salah satu dari mereka untuk menagih hutang temanmu tersebut.

Hal ini dapat kamu lakukan setelah tidak ada niat baik dari temanmu yang memiliki utang tersebut untuk membayarnya. Pasalnya, seseorang akan lebih cepat menyadari kesalahannya ketika ada teman lain atau pacar yang mengingatkannya secara langsung sehingga ia merasa malu.

Buat Perjanjian Tertulis

Pada dasarnya, kesepakatan hutang antar teman biasanya didasari atas kepercayaan satu sama lain. Meski begitu, tidak ada salahnya membuat perjanjian hitam di atas putih ketika meminjamkan uang ke teman, terutama apabila nominalnya besar.

Dalam perjanjian tersebut, kamu bisa menuliskan nominal, cara membayar, hingga tenggat waktu pembayaran sesuai kesepakatan bersama dengan temanmu. Dengan adanya perjanjian tertulis, kamu pastinya akan lebih nyaman saat menagih hutang itu pada temanmu.

Temui Keluarganya

Cara yang terakhir ini terbilang serius. Jika teman yang kamu pinjami uang tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda menjauhi, atau bahkan menghilang dari lingkaran pertemananmu, ini menunjukkan gelagat tidak baik. Jika sudah begitu, kamu sebaiknya segera menemui keluarga yang tinggal satu rumah dengannya.

Jangan ragu ataupun segan menceritakan masalah hutang tersebut kepada keluarga temanmu. Karena itu merupakan hakmu untuk mendapatkan uang tersebut kembali. Meski begitu, usahakan berbicara dengan sopan saat menceritakan hal tersebut pada keluarganya.

Nah, supaya uang simpananmu tidak dipinjam oleh teman, ada baiknya kamu mengalokasikan dana tersebut dengan melakukan investasi di P2P Lending Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang menyalurkan dana investasi kamu kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Setiap investor yang melakukan investasi bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% flat per tahun.

Kamu gak perlu khawatir karena P2P Lending Amartha sudah terdaftar dan berizin OJK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here