Home Tech & Bisnis Canggih! 5 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

Canggih! 5 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

0
320
Ilustrasi tekonologi masa depan. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi tekonologi masa depan. sumber: www.pexels.com

Teknologi sukses mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Teknologi masa depan akan membawa perubahan baru lagi. Lebih canggih, cepat, dan harapannya lebih ramah lingkungan juga. 

Beberapa teknologi futuristik sudah mulai dibahas dari sekarang. Ada yang masih berupa rancangan dan ada juga yang sudah dibuat prototype-nya. 

Prediksi Teknologi Masa Depan 

Para ahli mengembangkan banyak inovasi teknologi yang akan membantu mempermudah pekerjaan manusia. Seperti apa ya teknologi-teknologi di masa depan nanti? Berikut prediksinya:

Printer 3D

Kamu tentu sudah cukup sering mendengar printer 3D atau 3 dimensi. Yaitu printer yang bisa mencetak sebuah objek, mulai dari benda sampai makanan. Diyakini ke depannya penggunaan printer 3D akan semakin tinggi. 

Tidak hanya mencetak objek kecil, printer ini juga bisa mencetak barang-barang lain yang berukuran lebih besar. Misalnya suku cadang, senjata, bahkan sudah ada rumah yang dibangun dengan printer 3D.

Hyperloop

Nanti di masa depan akan ada kereta yang lebih cepat dari kereta Shinkansen Jepang,  yaitu Hyperloop. Kereta ini diyakini bisa melaju dalam kecepatan 750 mil per jam. Menariknya hyperloop tidak akan memiliki roda, pod yang berupa tabung untuk membawa penumpang akan melayang di atas lintasan magnetik.

Udara di dalam lintasan pod dihilangkan, untuk mengurangi terjadi gesekan. Itulah yang membuatnya bisa bergerak cepat. Pembuatan Hyperloop yang digagas oleh Elon Musk ini, masih dalam pengembangan. Nantinya lintasan bisa dibuat di atas maupun di bawah tanah. Perjalan dari satu kota-ke kota lain jadi  lebih cepat.

Mobil Terbang

Ketika menaiki mobil di tengah kemacetan, kamu pasti pernah punya lamunan, “coba aja mobilnya bisa terbang, biar gak terjebak macet.” Nyatanya mobil terbang memang ada, bahkan sudah lulus uji coba. Mobil terbang ini bernama AirCar. Bisa terbang di ketinggian maksimal 18.000 kaki dan melakukan manuver dengan lancar.

Sama seperti yang kita lihat di film, mobil ini akan terbang secara vertikal. Jadi tidak membutuhkan lintasan pacu untuk terbang.  Dapat dipakai untuk mobilitas di dalam kota. Setelah lolos tahap uji coba yaitu terbang 70 jam, AirCar akan segera diproduksi secara komersial.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Teknologi Transportasi di Indonesia

Robot Humanoid

Berbicara tentang teknologi masa depan, selalu dikaitkan dengan teknologi robotik. Penggunaan robot dalam kehidupan sehari-hari juga sudah banyak. Namun bagaimana jika para ahli robotik berhasil membuat robot manusia? Yang mirip dengan kita, bisa berbicara, tertawa, dan menunjukkan ekspresi.

Sebuah perusahaan bernama Engineered Arts, berhasil memproduksi robot humanoid yang memiliki fitur wajah menyerupai manusia. 

Robot-robot yang diproduksi Engineered Arts ini dapat menunjukkan mimik wajah, mulai dari tersenyum, kaget, tertawa, marah, dan lain sebagainya. Teknologinya sangat detail dan nyata.

Extended Reality

Setelah AR (augmented Reality) dan VR (Virtual Reality), akan ada lagi yang baru yaitu XR atau Extended Reality. Teknologi ini sebenarnya merupakan gabungan dari AR,VR, dan realitas campuran untuk menciptakan pengalaman digital yang lebih imersif.

XR menawarkan cara baru yang menarik bagi penggunanya. Dalam praktik yang real, XR dapat digunakan untuk meningkatkan brand engagement.  Dimana konsumen bisa lebih dulu mencoba produk, sebelum membeli. Selain itu XR bisa meningkatkan layanan pelanggan dan proses organisasi dapat berjalan efektif.

Teknologi masa depan yang kita kira hanya ada di film, ternyata sudah mulai diciptakan. Tak heran kalau banyak orang yang berani untuk berinvestasi dalam pengembangan teknologi baru. Karena dampaknya pada kehidupan manusia bisa cukup besar. Keberadaan teknologi ini akan menunjang aktivitas manusia sehari-hari. 

Sama halnya dengan perkembangan transportasi yang semakin cepat, saat ini akses untuk investasi dan menyimpan uang pun semakin mudah dengan banyak pilihannya. Salah satunya dengan instrumen keuangan seperti p2p lending yang cocok untuk berinvestasi.

Berinvestasi di microfinance marketplace Amartha, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif mingguan dengan dana imbal hasil 15% flat per tahun. Mendanai mulai dengan Rp100.000 aja di Amartha, sama juga dengan kamu juga ikut berkontribusi untuk memajukan 35.000 UMKM binaan di seluruh Indonesia. Tunggu apalagi? Yuk, mulai mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here