Butuh Pinjaman Modal Usaha, Ini Pilihan Fintech Yang Bisa Kamu Tuju!

|

|

|

Indonesia saat ini sudah menjadi negara dengan pertumbuhan industri financial technology (fintech), khususnya berjenis Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) yang tergolong sangat pesat. Berdasarkan data OJK, jumlah fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) terdaftar dan berizin di OJK saat ini telah mencapai 148 perusahaan.

Karena itu, fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) menjadi alternatif pinjaman modal usaha yang sangat ideal, terutama bagi UKM. Seperti yang sudah diketahui, kurang nya modal usaha yang dimiliki adalah masalah yang sering dialami UKM di Indonesia.Modal usaha adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam membangun dan mengembang usaha, terutama bagi UKM baru.

Sebagai informasi, fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) adalah praktik atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu/bisnis dan juga sebaliknya; mengajukan pinjaman untuk keperluan individu/bisnis. Pada dasarnya, fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) menghubungkan antara pemberi pinjaman (pendana) dengan peminjam secara online.

Fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara.

Dibandingkan dengan mengajukan pinjaman melalui lembaga resmi seperti bank, koperasi, jasa kredit, pemerintah dan sebagainya yang prosesnya jauh lebih kompleks, sebagai alternatif, masyarakat bisa mengajukan pinjaman yang didukung oleh orang-orang awam sesama pengguna sistem P2P.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika mengajukan pinjaman modal usaha ke Fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending):

1. Syarat Pengajuan Pinjaman Modal Usaha yang Mudah

Sebagai peminjam, yang perlu kamu lakukan hanya mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman ke Fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) secara online. Di antaranya merupakan dokumen berisi laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu, informasi legal, dan identitas dari peminjam.

Permohonan peminjaman kamu bisa diterima ataupun ditolak, tergantung dari beragam faktor. Jika permohonan kamu ditolak, maka kamu harus memperbaiki segala hal yang menjadi alasan penolakan permohonan tersebut.

Jika diterima, suku bunga pinjaman akan diterapkan dan pengajuan pinjaman kamu akan dimasukkan ke dalam marketplace yang tersedia agar semua Pendana bisa melihat pengajuan pinjaman kamu lalu mendanai pinjaman tersebut.

2. Besaran Pinjaman Terbilang Besar

Di lembaga keuangan seperti bank, biasanya sulit untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan nominal besar, apalagi jika tanpa agunan. Nah, jika mengajukan pinjaman modal usaha melalui Fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending), biasanya akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar dan tanpa agunan. Namun, tentu saja semua itu tergantung dari hasil penilaian kredit.

3. Suku Bunga Lebih Rendah

Ketika meminjam tanpa agunan di bank, biasanya tingkat bunga yang diterima antara 12 – 20%, sedangkan melalui Fintech Peer-To-Peer Lending (P2P Lending) memiliki suku bunga yang lebih rendah.

Nah, salah satu platform Peer to Peer (P2P) Lending terbaik untuk mengajukan pinjaman modal usaha adalah Amartha. Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech peer to peer lending (P2P) yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan.

Selama 11 tahun terakhir, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar 3.24 Triliun kepada lebih dari 600.000 perempuan tangguh di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada perempuan tangguh pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...