Home Syariah ☪ Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Berkah bagi UMKM

Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Berkah bagi UMKM

Bulan Ramadhan dan Lebaran dikenal sebagai musim panen bagi UMKM. Bagaimana tidak, dorongan dan meningkatkan kebutuhan pasar menjadikan UMKM untuk terus mendulang untung saat Ramadhan.

Tak terasa bulan Ramadhan segera tiba. Biasanya, saat Ramdhan mulai banyak orang membuka usaha baru, karena melihat prospek keuntungan yang cukup besar. Jika kamu berencana untuk memulai bisnis, ada beberapa bisnis yang menjanjikan saat Ramadhan. Misalnya; di bidang kuliner, pakaian, hingga jual aksesoris.

Bisnis kuliner masih menjadi favorit saat Ramadhan. Menurut Direktur Utama FOOD (PT Sentra Food Indonesia Tbk) menyebutkan; prospek bisnis makanan akan semakin terbuka saat menjelang Hari Besar Keagamaan, termasuk saat Ramadhan dan Idul Fitri. 

Untuk memanfaatkan momen ini, banyak perusahaan hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memaksimalkan peluang bisnisnya. Misalnya dengan mengembangkan perusahaan, jangkauan jualan, hingga meningkatkan persediaan barang. Semua bertujuan untuk memenuhi permintaan pasar saat Ramadhan yang semakin besar.

Memang, bisnis makanan dan minuman biasanya akan menurun di awal bulan Ramadhan. Namun semua akan kembali melonjak mendekati Lebaran. Menurut Katadata, peningkatan akan mulai terlihat saat memasuki minggu kedua Ramadhan, dengan kenaikan sebesar 15-25%. Peningkatan ini juga terlihat pada permintaan kue kering menjelang Lebaran. Menurut data dari Kumparan, terdapat peningkatan hingga lima kali lipat dari penjualan biasanya.

Selain bisnis kuliner, ternyata bisnis pakaian juga menjanjikan. Saat Ramadhan tahun 2019, penjualan pakaian muslim mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sebesar 15%. Peningkatan ini didukung data dari Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, yang menyebutkan bahwa secara keseluruhan, bisnis pakaian tumbuh 18-20% saat bulan Ramadhan. Apabila dilihat dari penjualan perorangan, keuntungan bisa mencapai 3 kali lipat, atau sebesar 300%.

Mempersiapkan Bisnis untuk Menyambut Ramadhan

Sektor UMKM pun tak mau ketinggalan lonjakan keuntungan yang cukup tinggi saat Ramadhan. Ketua Umum Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia (Akuimindo) Ikhsan Ingratubun, Ramadhan dan Lebaran adalah waktunya panen bagi para UMKM daerah. Peningkatan di sektor UMKM bisa mencapai 50-100%, terutama di sektor makanan. 

Bahkan, data dari salah satu perusahaan penyedia layanan on-demand menyebutkan; layanan kirim makanan meningkat hingga 86% saat Ramadhan. Dari seluruh keberhasilannya, semua UMKM meningkat sebanyak 87% di bulan Ramadhan.

Apabila kamu berencana untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan tidak perlu repot-repot, kamu bisa memasarkannya dengan mudah. Pertama dengan cara UMKM go online. Ini adalah salah satu cara pemerintah agar dapat meningkatkan dan memudahkan setiap UMKM di Indonesia.

Berdasarkan data McKinsey Global Institute, nilai transaksi UMKM yang telah beralih ke online berkembang lebih cepat. Bahkan, perkembangannya mencapai dua kali lipat. Ditambahkan pula menurut Herustiati selaku Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, menyebutkan program tersebut sebenarnya membantu pemerintah mencapai target 8 juta UMKM untuk go online

Pada tahun 2018, jumlah UMKM di Indonesia baru mencapai 4,6 juta dari total keseluruhan 59 juta. Padahal, pengguna internet di Indonesia sendiri sudah cukup tinggi, termasuk yang bertransaksi online telah mencapai 78%. Seharusnya, angka ini terus meningkat terutama jika kita ingin bisnis kita terus meningkat, termasuk saat Ramadhan nanti.

Kemudian, untuk mempersiapkan bisnis agar lebih lancar tanpa kendala biaya, kita bisa bergabung dengan pinjaman online yang terpercaya. Di Indonesia, ada salah satu pinjaman online dengan menerapkan P2P lending adalah Amartha. Menurut data Amartha (2018), berhasil mendorong 222.000 perempuan pengusaha mikro pedesaan melalui pinjaman modal usaha.

Bahkan Amartha berhasil meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari setiap bisnis UMKM yang menjalin kerjasama dengannya. Tidak main-main, Amartha berhasil menaikkan pendapatan keluarga mitra Amartha sebesar 59,5%.

Sangat menggiurkan, bukan? Jadi sudah terpikirkan untuk memulai bisnis saat Ramadhan nanti.

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...