Boros Saat Puasa? Coba Investasi Bulan Ramadhan Satu Ini

0
78
financial freedom
Ilustrasi financial freedom Photos by istockphoto

Pada bulan Ramadhan, tidak dapat dipungkiri bahwa pundi-pundi uang semakin menipis karena kebiasaan membeli takjil dalam jumlah banyak dan makanan sahur yang rasanya enak agar bisa bersemangat puasa pada hari berikutnya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut, karena terdapat solusi untuk mengatasi pemborosan yaitu dengan melakukan investasi. Bicara soal investasi, apakah kamu pernah memikirkan apakah jenis investasi yang pas di bulan Ramadhan?

Untuk menjawab pertanyaanmu, memang ada investasi bulan Ramadhan. Nah, investasi ini bernama ‘P2P lending’. Memang apa sih, investasi P2P lending ini? Untuk mengetahui jawabannya sebaiknya tidak melewatkan pembahasan di bawah ini. 

Pengertian investasi P2P lending

P2P atau peer to peer lending merupakan sebuah jenis investasi yang terbentuk dari teknologi finansial (tekfin) atau financial technology (fintech) di mana lender atau pemilik modal terhubung dengan borrower atau peminjam secara online.

P2P lending adalah investasi bulan Ramadhan terbaik. Penasaran mengapa? Sebaiknya jangan lewatkan bahasan di bawah ini.

p2p lending
Ilustrasi p2p lending
Baca Juga: Bagaimana Hukum Melakukan Investasi Dalam Islam?

Alasan P2P lending sebagai investasi terbaik bulan Ramadhan

Alasan mengapa kamu sebaiknya menjadikan P2P lending sebagai investasi bulan Ramadhan adalah karena adanya peningkatan dalam permintaan makanan dan barang yang menyebabkan orang-orang mendirikan usaha untuk memenuhi permintaan-permintaan itu. 

Untuk singkatnya adalah sebagai berikut.

1. Permintaan varian makanan & minuman di bulan Ramadhan

Agar semangat menjalankan ibadah puasa, masyarakat kerap menimbun makanan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Biasanya, masyarakat memilih makanan dan minuman yang lebih bervariasi daripada bulan-bulan biasa.

Contohnya seperti kurma, snack takjil, es buah, es cendol, dan lain sebagainya. Dengan tingginya permintaan akan makanan dan minuman di bulan Ramadhan, biasanya orang-orang berlomba-lomba untuk menjual kedua hal tersebut.

2. Permintaan barang-barang Hari Raya Idul Fitri 

Masyarakat Indonesia identik dengan amplop dan sandang saat lebaran. Dengan begitu, biasanya permintaan akan dua hal tersebut melesat naik. Contohnya adalah amplop lebaran anak-anak, hijab, dress, setelan, mukena, sandal, dan lain sebagainya.

Karena permintaan akan barang-barang tersebut meningkat di bulan Ramadhan, biasanya orang-orang berkompetisi untuk menjualnya. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan banyaknya permintaan, maka meningkatlah penawaran yang berarti jumlah penjual atau pedagang semakin bertambah. 

Maka dari itu, inilah kesempatanmu untuk berinvestasi P2P lending untuk mendanai usaha para pedagang tersebut. Karena dengan banyaknya permintaan, P2P lending bisa jadi investasi menguntungkan di bulan Ramadhan sebab nilai imbal hasilnya bisa saja tinggi.

Amartha
Kunjungi www.amartha.com

Investasi terbaik pada tahun 2022 bersama Amartha

Jika kamu tertarik dengan imbal hasil, kamu dapat mencoba Investasi bulan ramadhan 2022 ini dengan P2P lending melalui Amartha. Berikut adalah cara mudah untuk menjadi seorang lender di Amartha.

1. Mendaftarkan diri

Akses amartha.com atau unduh aplikasi Amartha melalui App Store atau Google Play Store, lakukan pendaftaran dan lengkapi data dirimu secara online seperti mengunggah KTP, NPWP, dan nomor rekening bank. Jika sudah, tunggulah verifikasi akun. 

2. Pilih Perempuan CEO UMKM

Setelah menerima pemberitahuan verifikasi akun untuk investasi bulan Ramadhan yang dikirim melalui email terdaftar, kamu bisa melakukan login kembali sebagai pendana dan memilih mitra usaha Amartha yang ingin kamu danai.

Sebelum memutuskan untuk mendanai mitra, pelajari profilnya terlebih dahulu. Cek kredit skor, jenis usaha, sampai histori kreditnya, ya.

3. Memberikan pendanaan

Jika telah memahami profil mitra, kamu dapat meng-klik modalin mitra lalu menyelesaikan pembayaran melalui transfer sejumlah dana yang tertera menuju rekening virtual account yang telah diberikan.

Setelah transaksi sukses, notifikasi akan diberikan kepadamu melalui email terdaftar. Untuk setiap minggunya dashboard akan mengalami pembaruan setiap mitra mengembalikan dana. 

Nah, itulah penjelasan rekomendasi investasi bulan Ramadhan, solusi pemborosan saat puasa. Jika kamu tertarik untuk berinvestasi P2P lending dan mendapatkan imbal hasil 15% per tahun, sebaiknya segera daftar di Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here