Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga! Bisa di Rumah Aja

0
134
Ilustrasi bisnis ibu rumah tangga. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi bisnis ibu rumah tangga. sumber: www.pexels.com

Sebagian wanita yang sudah berkeluarga memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Supaya bisa mengurus keluarga, rumah, dan memberikan perhatian penuh pada anak. Namun bukan berarti ibu rumah tangga tidak dapat berkarya dan punya penghasilan sendiri. Ada banyak bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. 

Kamu dapat memulai bisnis rumahan kecil-kecilan. Nanti juga, lambat laun bisnis rumahan kamu bisa semakin berkembang. Berikut ini daftar 10 ide bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa meraup banyak keuntungan. 

10 Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga 

1. Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food bisa menjadi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Pasalnya frozen food seperti nugget dan fish ball adalah makanan kesukaan anak-anak. Jadi daripada kamu beli frozen food setiap bulan hanya untuk konsumsi sendiri. Lebih baik diubah jadi usaha sampingan aja. 

2. Franchise Makanan

Jika kamu bingung mau mulai bisnis apa, kamu bisa coba membuka franchise atau waralaba makanan. Kamu tidak perlu merintis usaha dari awal. Ketika mendaftar kamu akan mendapatkan arahan, peralatan yang dibutuhkan, dan bahan. Pihak perusahaan juga akan memberikan pelatihan dan pembekalan di awal untuk memulai usaha. 

3. Jualan Hijab

Bisnis hijab akan selalu menguntungkan karena permintaan hijab di pasaran selalu tinggi. Selain itu jualan hijab juga jadi bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga, karena kamu tidak perlu bingung harus menjual produk kemana. Kamu bisa menawarkannya ke teman-teman, kenalan, dan orang tua murid di sekolah. 

4. Jasa Laundry

Bagi kamu yang tinggal di perkotaan besar, membuka jasa laundry bisa jadi pilihan yang tepat. Orang-orang yang tinggal di perkotaan, banyak yang membutuhkan jasa laundry. Karena kesibukan pekerjaan membuat mereka tidak sempat mencuci baju. 

5. Catering

Katering termasuk bisnis yang cocok buat ibu rumah tangga. Karena kamu bisa memasak dan membungkus makanan di rumah.  Buatlah catering masakan rumah untuk acara-acara seperti syukuran, lamaran, dan pengajian. Kamu juga bisa menawarkan catering ke perkantoran yang dekat dari rumah. 

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis Rumahan dengan Modal Satu Juta

6. Bisnis Kue dan Camilan 

Usaha sampingan ibu rumah tangga lainnya yang patut dicoba adalah bisnis kue dan camilan. Apalagi jika kamu punya keahlian baking. Jenis kue yang bisa kamu jual misalnya kue tradisional, kue kering, bolu, cake hias, dan dessert box. Pastikan kamu update dengan tren kue dan camilan kekinian untuk menambah varian menu. 

7. Salon 

Kamu dapat memanfaatkan ruang kosong di rumah untuk memulai bisnis salon. Sebab salon tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar untuk beroperasi. Jasa yang bisa kamu tawarkan mulai dari potong rambut, make up, dan spa atau perawatan tubuh dengan harga yang lebih terjangkau. 

8. Jasa Menjahit 

Peluang bisnis tidak cuma terbuka di perkotaan, bagi ibu rumah tangga yang tinggal di desa juga bisa memulai bisnis rumahan. Membuka jasa menjahit dapat menjadi pilihan usaha untuk ibu rumah tangga di desa. Jika usaha jahit semakin besar, kamu bisa membuka konveksi dan menyerap tenaga kerja dari ibu-ibu di sekitar rumah.

9. Penulis Freelance

Bagi kamu yang punya hobi nulis, kamu bisa coba jadi penulis lepas (freelance). Selain jadi sarana menyalurkan hobi, hasil tulisanmu juga dapat memberikan keuntungan. Atau istilahnya menjalani hobi yang menghasilkan. 

10. Jual Tanaman Hias

Menjual tanaman hias termasuk bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Kamu tidak memerlukan kios khusus, pot-pot tanaman hias bisa kamu jejerkan di depan pekarangan rumah. Kemudian promosikan produk tanaman hasil budidaya kamu di media sosial.  

Ini baru 10 jenis bisnis, sebenarnya masih banyak peluang usaha lain untuk ibu rumah tangga. Di samping merintis bisnis rumahan kamu juga bisa berinvestasi untuk menambah passive income. Dengan mendanai di Amartha, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif setiap minggu. Imbal hasilnya hingga 15% flat per tahun. Tunggu apalagi? Yuk mendanai di Amartha 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here