Bisnis Plan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

0
52

Bisnis plan atau rencana bisnis merupakan suatu hal yang wajib untuk dipahami oleh para pelaku usaha, terlepas apapun skalanya, besar, menengah, kecil, atau mikro. Dengan memahami rencana bisnis, maka pengembangan usaha bisa lebih mudah, efisien, dan terarah.

Apakah kamu adalah seorang pelaku bisnis pemula? Atau seorang awam yang akan memulai bisnis? Siapapun kamu, mari ketahui serba-serbi rencana bisnis – mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara pembuatannya dalam artikel satu ini!

Apa Itu Bisnis Plan?

‘Bisnis atau ‘businessplan merupakan rencana bisnis mendetail, mencakup pemasaran, keuangan, hingga printilan bisnis lainnya yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya untuk memeroleh investasi, mengembangkan bisnis, dan lain sebagainya. 

Dalam menciptakan rencana bisnis, sangat krusial untuk mempunyai pikiran serta kemampuan untuk membuat estimasi secara tepat. Dengan begitu, strategi-strategi yang telah dirumuskan di dalamnya bisa dieksekusi secara maksimal.

Manfaat Bisnis Plan

Eksistensi rencana bisnis sangat berguna untuk memajukan atau mengembangkan bisnis. Selain itu, ada pula manfaat-manfaat yang lebih spesifik. Apa saja itu? Yuk, ketahui lewat poin-poin dan penjelasan di bawah ini:

Mempermudah Pengambilan Keputusan

Bisnis plan adalah sebuah solusi untuk menghadapi tantangan melalui kemudahan membuat keputusan tepat. Contohnya yakni dalam pengembangan produk atau layanan, rekrutmen SDM, perihal keuangan, dan masih banyak lagi. 

Mempermudah Pengaturan Sistem Finansial Bisnis

Rencana bisnis pun berguna untuk membantu perencanaan sistem finansial yang baik. Dengan begitu, bisnis yang sedang kamu kelola bisa tercegah dari kesalahan saat menyusun keuangan serta kerugian.

Menggaet Investor

Rencana bisnis yang disusun dengan baik dan tepat dapat berguna untuk menggaet investor. Sebab, hal tersebut mampu mempermudah mereka untuk memutuskan untuk mendanai atau menolak bisnis yang kamu rintis. 

Cara Membuat Bisnis Plan

Jika kamu masih pemula dalam berbisnis, saran terbaik adalah terus menggali ilmu tentang menjalankan bisnis dengan optimal, seperti contohnya yakni memahami langkah pembuatan rencana bisnis. Nah, belum tahu apa saja langkah pembuatannya? Intip poin-poin berikut!

Melakukan Riset Terus-Menerus

Sektor bisnis, layanan, produk, teknik pemasaran, hingga target pasar wajib kamu tentukan dan persiapkan secara matang. Caranya? Tentu dengan melakukan riset secara terus menerus sampai paham betul taktik kompetitor dan langkah bisnismu. 

Baca Juga: Rekomendasi Buku Tentang Bisnis, Cocok untuk Pemula

Menciptakan Profil Perusahaan

Sebelum mempercayai produk atau jasa, pelanggan biasanya memikirkan betul kredibilitas perusahaan yang menyediakan dua hal tersebut. Mengetahui hal ini, ciptakanlah profil perusahaan secara tepat, dari nama instansi hingga citra bisnis. 

Memproyeksikan Bisnis

Contoh bisnis plan yang baik yakni memiliki arah proyeksi. Ini dapat memudahkan stakeholder dan pemilik bisnis tersebut dalam penentuan langkah untuk mencapai tujuannya. Ciptakan visi & misi secara tepat agar tujuan perusahaan bisa terealisasi.

Mempersiapkan Dokumen

Rencana bisnis yang ideal bisanya memiliki kelengkapan dokumen-dokumen tertentu agar bisa merealisasikan tujuannya dengan baik. Mengetahui hal ini, kamu bisa mempersiapkan dokumen, mulai dari lisensi, arus kas, dan lainnya. 

Menciptakan Deskripsi Produk atau Layanan Secara Gamblang

Supaya pelanggan bisa yakin, kamu wajib menjelaskan deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan dalam setiap rencana bisnis. Deskripsi sendiri mencakup latar belakang atau alasan pengadaannya, cara kerja, model, bentuk, kemasan, dan USP. 

Menyusun Rencana Pemasaran

Di dalam rencana bisnis ada rencana pemasaran. Kamu bisa menyusun rencana pemasaran yang menyesuaikan target pasar dan lingkungan sekitar. Selain itu, sesuaikan juga dengan estimasi anggaran.

Menyesuaikan Audiens

Kamu bisa menciptakan kerangka rencana bisnis menyesuaikan keperluan. Bedakan rencana bisnis untuk investor, publik, hingga pihak-pihak lainnya. Namun, meski melakukan penyesuaian, kamu tetap wajib memerhatikan format-format yang ada.

Itu dia pembahasan seputar bisnis plan mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara pembuatannya. Bagaimana? Setelah mengetahui informasi dalam artikel ini, apakah kamu siap untuk menciptakan rencana bisnismu sendiri? 

Di samping merintis bisnis sendiri, kamu juga dapat menyisihkan sebagian uangmu untuk mendapatkan passive income melalui investasi. Pendanaan di Amartha, microfinance marketplace mulai dari Rp100.000 aja! Kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kamu juga dapat turut serta mengembangkan UMKM di lebih dari 35.000 desa di Indonesia. Yuk, mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here