Bisnis Online: Kelebihan dan Kekurangannya dibanding Bisnis Offline

0
37
Sumber Foto: Pexels

Mengulik Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Semua orang punya kesempatan yang sama untuk memulai bisnisnya. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, bisnis online memiliki peluang yang begitu besar.

Bisnis ini dijalankan secara online sehingga pembeli dan penjual tidak akan bertemu secara langsung melainkan melalui berbagai media digital.

Kali ini Money+ akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bisnis online jika dibandingkan bisnis offline atau bisnsi konvensional. 

Kelebihan Bisnis Online

Sumber Foto: Pexels

Mari mulai dengan kelebihannya terlebih dahulu. Banyak sekali ide bisnis online untuk pemula yang saat ini diminati karena memang jenis bisnis ini diakui punya banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan usaha online dibandingkan usaha konvensional:

1. Mudah untuk Dimulai

Jenis bisnis yang satu ini tergolong mudah untuk dimulai karena memang cenderung praktis. Bisnis ini bisa dimulai kapan saja asalkan kamu sudah punya ide bisnisnya dan sudah ada produk yang akan dijual. Bahkan kamu juga bisa menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu tanpa harus melakukan stok produk. 

2. Jangkauan Pasar Luas

Bisnis online menjanjikan karena jangkauan pasarnya tergolong luas. Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional maka jenis bisnis ini memiliki jangkauan yang jauh lebih luas karena tidak terbatas tempat. Kamu bisa menjual produk kemana saja dan mendapatkan pelanggan dari tempat jauh sekalipun. 

3. Modal Terjangkau

Metode bisnis secara online ini juga membutuhkan modal yang terjangkau. Apalagi untuk jenis bisnis online rumahan yang masih berskala kecil. Tak heran jika bisnis ini banyak diminati karena dapat dimulai bahkan oleh mereka yang modalnya terbatas sekalipun. Kamu juga tak perlu merekrut banyak karyawan karena bisnis ini bisa dikelola sendiri dan tak butuh tempat atau toko offline sehingga modalnya jauh lebih hemat.

4. Banyak Media Promosi

Kelebihan lain dari bisnis online dibandingkan bisnis konvensional adalah tersedia banyak sekali media promosi. Jenis bisnis ini lebih mudah dipromosikan dan dalam sekali promosi bisa menjangkau target pasar yang luas. Media promosi digital saat ini juga sudah semakin beragam dan fiturnya juga lengkap sehingga strategi marketing dapat berjalan lancar.

Baca Juga: Dijamin Untung! Ini 6 Tips Usaha Online Thrift

Kekurangan Bisnis Online

Sumber Foto: Pexels

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangan. Bisnis secara online punya beberapa kekurangan yang juga penting untuk dipahami terutama bagi para pemula. Berikut ini beberapa kekurangan dari usaha online:

1. Persaingan Sangat Ketat

Jenis bisnis yang satu ini memang memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini semakin banyak usaha online bermunculan. Mudahnya memulai jenis usaha ini dan lengkapnya fasilitas yang ada membuat banyak orang terjun untuk mengelola bisnis secara online. Akibatnya, persaingan di bidang ini sangat ketat dan kamu harus berusaha keras agar bisa bertahan dan laris manis di pasaran. 

2. Kredibilitas Masih Sering Diragukan

Peluang bisnis online juga terbilang sulit untuk didapatkan karena kredibilitas dari bisnis ini masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh jenis bisnis ini dijalankan secara online dimana pembeli dan penjual tidak bisa bertemu langsung. Akibatnya banyak konsumen yang merasa kurang percaya untuk membeli produk di sebuah toko online. Membangun kredibilitas ini akan menjadi tantangan tersendiri yang harus kamu taklukkan. 

Bisnis online tetap menjadi pilihan bisnis yang tepat untuk dijalankan di zaman sekarang terlepas dari semua kelebihan dan kekurangannya. Kamu harus mengelola bisnis dengan cermat dan cerdas agar bisa meraup banyak keuntungan. Jangan lupa investasikan keuntungan bisnismu di situs investasi Amartha dan dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here