Home Lifestyle ⛾ Bisakah Kuliah di Universitas Bergengsi di Negri Singa dengan Biaya Minimalis?

Bisakah Kuliah di Universitas Bergengsi di Negri Singa dengan Biaya Minimalis?

Singapura, atau yang dijuluki Negeri Singa, selain menjadi destinasi wisata favorit warga +62, juga dikenal sebagai tempat favorit untuk studi. Setiap tahunnya, ada ratusan bahkan ribuan pelajar Indonesia yang memilih melanjutkan studi di negara tetangga kita ini, baik di jenjang Secondary, Junior College, maupun Universitas. Singapura memang dikenal memiliki reputasi pendidikan yang baik dan berstandar internasional, terbukti ada 2 universitas di negara ini yang nangkring di Top 100 University in the World versi QS, yakni National University of Singapore (#11) dan Nanyang Technological University (#12).

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa kuliah di Singapura sangatlah mahal dan harus merogoh kocek bermilyar-milyar. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, jikalau melanjutkan kuliah tanpa beasiswa, alias dengan biaya sendiri. Namun jika Anda memiliki prestasi belajar yang mentereng dan mau mempersiapan diri untuk ujian masuk (admission test), ada banyak beasiswa yang menanti Anda. Berikut beberapa alasan mengapa kuliah di universitas bergengsi di negeri singa bisa sangat terjangkau bagi sebagian besar orang Indonesia.

1. Ragam Beasiswa yang Melimpah

Apabila Anda memilih berkuliah di kampus negeri (state owned university), seperti NUS, NTU, SMU, atau SUTD, Anda berkesempatan mendapatkan beasiswa, yang secara garis besar terbagi menjadi dua, yakni 1) Tuition Grant (diberikan oleh pemerintah Singapura, dengan ikatan kerja 3 tahun di perusahaan yang berbasis di Singapura) yang mengcover sebagian uang kuliah dan 2) Scholarship (diberikan oleh perusahaan atau yayasan yang bekerja sama dengan atau tanpa ikatan kerja tambahan) yang mengcover sisa biaya kuliah dan biaya hidup bulanan, misal Sembawang, ASEAN, dll. Ada pula kerja sama antar pemerintah Indonesia dengan Singapura yakni Singapore Scholarship yang mengcover biaya kuliah 100% beserta biaya hidup dan tiket PP. Namun beasiswa ini mengharuskan Anda untuk langsung bekerja di Indonesia setelah lulus.

2. Dormitory Tersedia dengan Harga Terjangkau

Kampus negeri biasanya menyediakan dormitory untuk mahasiswa internasional dengan biaya terjangkau mulai $250/ bulan, termasuk internet cepat, pantry, dan mesin cuci. Tempat tinggal biasanya berstandar apartemen dan sangat memadai. Selain itu, karena berada di lokasi kampus, juga disediakan shuttle bus gratis ke ruang kuliah atau stasiun MRT terdekat. Untuk makan, juga tersedia berbagai kantin murah di area kampus.

3. Kesempatan Kerja Paruh Waktu dengan Gaji Lumayan

Di dalam area kampus, banyak kesempatan untuk bekerja paruh waktu dengan gaji lumayan, berkisar $5-12/ jam. Selain itu, mahasiswa juga dapat bekerja menjadi guru les, dengan gaji berkisar $20-45/ jam. Kesempatan ini sangat membantu untuk mahasiswa yang datang dengan biaya sendiri atau hanya mendapatkan tuition grant.

Di balik kemudahan-kemudahan dan kesempatan mendapatkan beasiswa, universitas negeri di Singapura biasanya menerapkan seleksi masuk yang ketat. Ujian masuk yang diberikan setara dengan A-level, yang biasanya selevel dengan mata kuliah semester 1 dan 2 di Indonesia. Akan tetapi, jika Anda mau mempersiapkan diri lebih maka tidak ada yang tidak mungkin. Selamat mencoba yah!

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini...