Home Lifestyle Bisakah Sneakers Dijadikan Investasi Jangka Panjang?

Bisakah Sneakers Dijadikan Investasi Jangka Panjang?

|

|

|

Beberapa tahun belakangan ini, sneakers telah menjadi tren fashion sekaligus gaya hidup yang digandrungi banyak orang. Bahkan, seiring kepopulerannya, sneaker saat ini juga dapat dijadikan sebagai sebuah sarana investasi bagi milenial.

Di Indonesia, kamu pasti sering mendengar banyak anak muda yang rela antri berjam-jam untuk menunggu penjualan perdana sebuah produk sepatu edisi terbatas. Kebanyakan dari mereka diketahui adalah reseller yang rela mengantri karena sneaker jenis tertentu yang dirilis terbatas sangatlah menguntungkan untuk dijadikan investasi.

Contohnya, Sepatu Adidas Yeezy Boost 350 V2 Black yang dijual beberapa waktu lalu di Grand Indonesia seharga Rp3,6 juta. Harga termurah sneakers tersebut saat ini di pasaran sudah mencapai Rp 7 juta. Bahkan, di komunitas jual beli sneakers yang ada di media sosial, harganya sudah ditawarkan sampai angka belasan juta.

Deretan Sneakers Lokal Yang Gak Kalah Keren dan Berkualitas

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh MyVoucherCodes, beberapa sepatu bahkan punyai nilai jual kembali lebih dari 60 kali harga aslinya. Sebut saja misalnya Nike SB Dunk Low Reese Forbes Denims yang awalnya dijual seharga US$65 pada tahun 2002. Sekarang, sepatu tersebut telah bernilai lebih dari US$4.000.

Jika dihitung-hitung, investasi di sepatu sneakers dapat memberikan keuntungan yang jauh lebih besar dari logam mulia seperti emas. Perlu kamu tahu, berinvestasi di emas hanya dapat menghasilkan keuntungan maksimal 30% per tahun. Sementara itu, harga sepatu sneakers sudah bisa melonjak tiga hingga empat kali lipat dalam hitungan bulan saja.

Meski begitu, jika kamu berinvestasi di produk ini, ada baiknya untuk selalu mengikuti betul tren atau perkembangan sneakers. Pasalnya, tidak semua sneakers dapat dijadikan investasi. Layaknya barang antik yang tersedia terbatas, hanya sepatu sneakers yang dijual terbatas yang layak untuk dikoleksi.

Dalam menentukan value dari sebuah sneakers, model penawaran dan permintaan menjadi sangat penting. Semakin rendah persediaan dan semakin tinggi permintaan, maka kemungkinan besar akan semakin tinggi harga sneakers tersebut. Selain itu, kondisi fisik sneakers pun penting untuk diperhatikan. Agar value sneakers tetap terjaga, kondisinya haruslah bagus seperti belum pernah digunakan.

Nah, sebelum mengoleksi sneakers sebagai investasi jangka panjang, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips berikut:

1. Koleksi Sneakers yang Unik dan Langka  

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kenaikan harga sneakers sangat tergantung dengan seberapa langka produk tersebut di pasaran. Karena itu, sebaiknya kamu memilih jenis yang limited edition ketika ingin membeli sneakers. Dengan memiliki sneakers limited edition, hampir bisa dipastikan bahwa harganya akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

2. Pilih Sneakers Sesuai Style

Perlu kamu tahu, sneakers yang berbeda di pasaran sangatlah beragam jenisnya. Karena itu, agar tidak bingung dalam membelinya, ada baiknya kamu memilih jenis sneakers yang sesuai dengan style-mu.

Selain itu, kamu juga perlu menyeleksi pilihan dari brand, harga, serta berdasarkan selera, kemampuan finansialmu. Terakhir, review dari orang-orang juga penting untuk menentukan apakah sneakers tersebut memang diminati oleh masyarakat atau tidak.   

3. Gunakan Sneakers Sesuai Tempat dan Aktivitasmu

Karena tujuannya untuk investasi, sudah sepatutnya kamu merawat sneakers dengan baik. Oleh sebab itu, kamu merencanakan kapan saja waktu yang tepat untuk menggunakan sneakers tersebut. Dengan melakukan perencanaan semacam ini, tentu akan potensi kerusakan sneakers sehingga tetap awet.

Selain investasi sneakers, ada baiknya jika kamu juga melirik investasi Peer to Peer (P2P) Lending. Nah, salah satu platform Peer to Peer (P2P) Lending yang aman dan tepercaya saat ini adalah Amartha.

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech peer to peer lending (P2P) yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 500.000 perempuan di seluruh penjuru Indonesia telah menjadi mitra Amartha untuk diberdayakan.

Sudah berizin usaha dan diawasi OJK, Amartha merupakan Peer to Peer (P2P) Lending yang menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.Dengan bergabung menjadi pendana di Amartha, kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya juga dapat diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...