Bisakah Membeli Rumah Setelah Pensiun?

|

|

|

Corona mengubah tujuan keuangan sebagian masyarakat kita. Banyak tujuan keuangan yang harus mundur target dari sebelumnya karena ekonomi yang turut sulit. Misal membeli rumah di umur 40 tahun menjadi ke umur 60 tahun atau saat pensiun. Pertanyaannya, apakah tidak apa-apa membeli rumah di usia tua?

Hal serupa terjadi juga di Jepang. Banyak pekerja kantoran yang semasa mudanya nomaden dari satu tempat tinggal ke tempat tinggal lainnya. Bahkan hal tersebut sudah terjadi sejak tahun 1980-an atau di era Showa dan Heisei. Pekerja kantoran di Jepang umumnya pensiun setelah berusia 60 tahun.

Untung Rugi Beli Rumah Vs Sewa Rumah

Manfaat Membeli Rumah di Usia 60 Tahun 

Kebanyakan orang Jepang sangat berorientasi pada rumah. Bahkan prosentase tingkat kepemilikan rumah orang-orang Jepang mencapai angka 61,2%. Menariknya lagi, lebih dari separuhnya merupakan rumah sendiri. 

Khususnya bagi pekerja yang kerap berpindah, saat pensiun tentu ingin membeli rumah. Sama seperti di Indonesia, orang Jepang menganggap dapat membeli rumah adalah salah satu pencapaian yang begitu besar. Ada keuntungan tertentu ketika membeli rumah pada usia tersebut dibanding 20 atau 30 tahun sebelumnya. 

Apabila saat usia 60an tahun membeli rumah, maka hal tersebut bisa disebut sebagai aset. Akan tetapi, saat di usia muda maka pembelian rumah dapat dianggap sebagai hutang. Dengan memiliki cukup dana di masa pensiun, maka bisa sangat menguntungkan saat membeli rumah. 

Pertimbangkan Beberapa Hal Sebelum Membeli Rumah 

Sebelum membeli rumah di usia tua, kita harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu termasuk fisik. Perhatikan dengan seksama soal desain rumah, apakah ada masalah ketika harus naik turun tangga atau tidak. Belum lagi anak yang sudah menikah dan ingin agar tinggal bersama.

Kedua hal tersebut tentu penting dipikirkan. Asumsikan sebelum membeli rumah agar kiranya rumah tersebut kelak bisa dijual kembali. Maka dari itu, pilihlah rumah yang berada di daerah nyaman dan strategis. Misalnya, akses transportasi mudah, nyaman ditinggali dan memiliki risiko bencana alam rendah. 

Biaya-biaya Ini Ada Saat Ingin Membeli Rumah

Perhatikan Perencanaan Keuangan 

Umumnya pekerja kantoran yang pensiun di umur 60-an tahun di Jepang akan mendapatkan tunjangan. Akan tetapi, sebaiknya jangan gegabah untuk mengalokasikan semuanya dalam pembelian rumah. Tetaplah prioritaskan pengamanan hidup terlebih dahulu untuk hari tua. 

Anda perlu melakukan perkiraan yang pasti. Hitung secara seksama pendapatan Anda nantinya setelah pensiun, apakah masih bisa mencukupi atau tidak. Hitung juga pendapatan pasangan, apakah masih bisa memberikan kesejahteraan di masa tua nanti atau tidak. 

Beli Dengan Dana Pinjaman atau Cash?

Walaupun pinjaman dana selalu tersedia, namun hal tersebut bergantung pada syarat dan ketentuan dari masing-masing lembaga penyedia pinjaman. Di Jepang, umumnya persyaratan pendaftaran untuk pinjaman dana memang di bawah 70 tahun dengan jangka waktu minimumnya adalah 10 tahun.

Sementara di Indonesia, umumnya karyawan dapat mengajukan pinjaman untuk membeli rumah dengan maksimal umur saat kredit berakhir di 55 tahun dan profesional atau pengusaha di umur 60 tahun.

Bagaimana dengan membeli rumah secara cash?

Tentu tidak ada salahnya membeli rumah saat pensiun, asalkan dananya sudah tersedia dan direncanakan sejak muda. Semuanya kembali lagi pada proses perencanaan keuangan. Misalkan kamu sudah melakukan investasi sejak dini dengan beberapa perkiraan risiko dan keuntungan yang mencukupkan untuk membeli rumah saat tua dengan cash.

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang menawarkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Amartha menghubungkan pendana kepada peminjam khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Amartha juga telah memiliki izin usaha dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang perlu diperhatikan adalah harga rumah yang ingin dibeli, setiap tahun harga properti di Indonesia mengalami kenaikan sekitar 10-15 persen. Apabila hal ini sudah masuk dalam hitungan kamu, maka tidak masalah membeli rumah di masa tua.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.