Home Tech & Bisnis Tak Hanya Sekadar Joget, Begini Cara Dapat Uang dari Tiktok!

Tak Hanya Sekadar Joget, Begini Cara Dapat Uang dari Tiktok!

|

|

|

Media sosial (medsos) TikTok buatan perusahaan China, ByteDance saat ini tengah meraih popularitas di seluruh Dunia, termasuk Indonesia. Para penggunanya juga saling berlomba dalam menciptakan video yang berkualitas untuk menarik banyak followers.

Meski begitu, sayangnya TikTok saat ini belum mempunyai sistem monetisasi serupa dengan AdSense YouTube agar para content creator-nya mendapat penghasilan dari video yang dibuat. Namun, jangan berkecil hati, karena TikTok sebenarnya tetap dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi para penggunanya tanpa AdSense seperti Instagram. Nah, berikut ini 5 cara dapat uang dari TikTok:

1. Mendapatkan Sponsor/Endorse/Promosi Berbayar

Cara pertama ini sudah menjadi sumber pendapatan utama bagi sebagian besar content creator di TikTok. Cara ini baru dapat dilakukan seiring perjalanan waktu saat akun si content creator telah mempunyai banyak followers dan video buatannya mendapatkan banyak likes.

Saat itu, tentunya akan banyak brand yang melirik si content creator untuk mengiklankan produk pada pada video buatannya. Hal ini biasanya akan mendapatkan timbal balik sejumlah bayaran yang telah disepakati antara brand dan si content creator.

2. Kembangkan Akun Lalu Jual

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengembangkan akun TikTok milikmu kemudia menjualnya. Hal ini sering terjadi di Instagram, yaitu saat si content creator berusaha membuat konten menghibur untuk menarik banyak followers.

Setelah sukses meraih banyak followers, si content creator akan mencoba mencari brand yang sesuai dengan karakter akun miliknya. Setelah menemukannya, si content creator akan menjual akun TikTok miliknya kepada brand tersebut.

Baca Juga:
How To Make Money From Instagram
Intip Sumber Gaji Para Youtuber

3. Berjualan Merchandise

Jika akun TikTok milikmu telah memilik banyak followers, kamu juga bisa mencoba berjualan merchandise. Pasalnya, TikTok mempunyai fitur untuk menautkan link pada video maupun bio profil akun milikmu. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu pun dapat mengarahkan followers untuk membeli barang jualanmu.

4. Manfaatkan Iklan TikTok

Cara lainnya yang bisa kamu coba adalah memanfaatkan platform iklan pada TikTok, terutama untuk menjual produk jualanmu. Sama seperti iklan Facebook dan Instagram, kamu juga dapat mendaftarkan produk jualanmu agar bisa diiklankan di platform iklan TikTok, sehingga bisa menjangkau konsumen lebih luas.

5. Manajemen Akun

Cara yang terakhir ini sudah terlebih dahulu populer di berbagai media sosial lainnya, seperti Instagram dan Facebook. Pada cara ini, kamu dapat mencoba menawarkan layanan manajemen untuk pembuat konten TikTok. Kamu dapat melangkah masuk dan menawarkan layanan untuk membantu menyusun strategi untuk keperluan konten para content creator yang telah punya jutaan pengikut dan mengelola penawaran yang datang kepada mereka. Jadi, jika kamu memiliki latar belakang dalam produksi, kamu pasti bisa menerapkannya untuk menawarkan layanan manajemen kepada pencipta konten di TikTok.

Well, itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghasilkan uang dari TikTok untuk mencapai tujuan #MerdekaFinansial. Oh ya, selain lewat TikTok, kamu juga bisa loh #MerdekaFinansial dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...