Home Lifestyle Bisa Merdeka Finansial dengan Jadi Atlet Esport Profesional? Begini Caranya!

Bisa Merdeka Finansial dengan Jadi Atlet Esport Profesional? Begini Caranya!

|

|

|

Dulu bila terlalu sering bermain game, orangtua kita pasti akan marah-marah dan mengatakan bahwa main game hanya membuang-buang waktu saja. Namun kini, bermain game justru menjadi salah satu profesi dengan penghasilan yang menjanjikan. Profesi tersebut adalah atlet esport.

Lebih jelasnya, esport merupakan sebuah kompetisi game yang sudah ada sejak tahun 1972. Melansir cnbcindonesia.com, di tahun 90-an, kompetisi game berkembang menjadi kompetisi online seiring berkembangnya teknologi internet di Amerika Serikat. Ada juga organisasi yang punya visi untuk menjadikan kompetisi game menjadi  sebuah industri esport. 

Di tahun 2000-an, esport berkembang pesat dan diterima di Eropa, Amerika Serikat, dan Korea Selatan. Pada tahun 2018 lalu pun, esport menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games. 

Dukungan terhadap esport di Indonesia sendiri nampak pada adanya organisasi khusus yaitu IeSPA dan sederet turnamen besar yang pernah diadakan seperti Dota 2 Minor (2018) serta AOV Star League (2018-2019).

Lalu, berapa gaji atlet esport profesional di Indonesia?

Mengutip Gamebrott.com, Indonesia memiliki atlet esport profesional dengan gaji tertinggi pada tahun 2018 lalu. Mereka adalah:

Kevin Susanto
Atlet dengan nama pemilik akun xccurate ini tergabung dalam BTR Gaming untung karir esport internasional. Kevin mendapatkan bayaran sebesar USD 59.961 atau sebesar 840 Juta Rupiah pada saat itu. Pria kelahiran 18 Februari 1998 ini memulai karirnya sebagai atlet esport dari hobi bermain Counter Strike. Salah satu pencapaian Kevin adalah berhasil memenangi turnamen besar seperti FACEIT Major: London 2018

Hansel Ferdinand
Pemilik akun dengan nama BnTeT merupakan atlet esport profesional khusus pada game Counter Strike Global Offensive. Hansel mendapatkan bayaran sebesar USD 57.161 atau setara dengan 800 juta rupiah. Hansel bisa dibilang sebagai pemain veteran Indonesia. Pasalnya ia memiliki kiprah bermain esport sejak tahun 2013. Dengan jam terbang yang tinggi, Hansel di rekrut oleh TyLoo, tim papan atas Tiongkok untuk game Counter Strike.

Melihat dari bayaran yang didapatkan, pasti menggiurkan bukan? Nah untuk kamu yang penasaran gimana caranya menjadi atlet esport, simak tips di bawah ini:

  1. Cari dan kuasai game yang kamu minati
    Ada banyak game, kamu tidak perlu menguasai semuanya. Cukup cari tahu dan kuasai game yang sesuai dengan minat kamu. Pahami cara bermain dan bisa mengatur strategi dengan baik.
  2. Gabung komunitas gamer
    Manfaat dari bergabung dengan komunitas gamer adalah menjalin koneksi dengan pemain lain, menambah ilmu, hingga mendapatkan informasi seputar turnamen. Hal ini terlihat sepele tapi akan bermanfaat untuk kamu yang tertarik menjadi atlet esport.
  3. Learn from other, belajar dari pemain pro lain
    Belajar dari pemain lain bisa dilakukan dengan gabung komunitas gamer dan juga menonton live streaming pemain pro lainnya yang tersedia di Youtube. Hal ini dapat menambah pengetahuan kamu mengenai cara profesional bermain dan juga mendapatkan insight seputar strategi bermain.
  4. Ikut turnamen
    Meskipun baru dalam dunia esport, gak ada salahnya kamu coba ikut turnamen. Dengan begini kamu bisa mendapatkan pengalaman seperti cara memenangkan pertandingan, konsultasi cara bermain, hingga direkrut oleh tim profesional lainnya.

Supaya bisa merdeka finansial dari profesi esport ini, tentunya kamu harus banyak berlatih dan mungkin butuh waktu tapi semua itu gak masalah karena kamu menjalaninya karena sesuai minat, bukan? Yang terpenting #KitaJanganMenyerah dan tetap mengatur keuangan. Semoga bermanfaat!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...