Bikin Bangga, Deretan Produk Lokal Ini Udah Go International!

|

|

|

Di tengah menjamurnya produk asing yang beredar di Indonesia, ternyata banyak produk lokal yang berhasil eksis sampai sekarang loh. Masalahnya, sampai sekarang masih banyak kebanyakan orang yang merasa gengsi dalam membeli produk lokal. Sebagian besar masyarakat Indonesia diketahui masih seringkali meremehkan kualitas produk lokal ketimbang produk luar negeri, apalagi jika menyangkut barang-barang branded.

Padahal produk lokal tidak selamanya berkualitas jelek loh. Malahan saat ini ada banyak produk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri. Bahkan, banyak produk lokal yang saat ini sudah berhasil go internasional. Berikut ini deretan produk lokal yang sukses go internasional!

1. Silver Queen  

Merek cokelat yang satu ini pasti sering kamu temukan di berbagai toko maupun minimarket. Meski begitu, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa merek cokelat ini merupakan produk asli Indonesia. Hebatnya, cokelat asal Indonesia ini tak kalah dengan merek luar negeri seperti Toblerone, Cadburry, Kit Kat, dan sebagainya loh. Bahkan, Silver Queen sekarang telah melebarkan sayapnya ke negara lain seperti Filipina, Singapura, Amerika, dan lain-lain.

Baca Juga: Ibu Pariyah, Mitra Usaha Amartha Yang Produknya Dijual Sampai Ke Jepang

2. Kopiko  

Produk lokal yang sukses go internasional selanjutnya adalah permen Kopiko. Permen Kopiko adalah salah satu produk yang legendaris di Indonesia. Sudah berhasil menembus pasar di lebih dari 50 negara dunia, ketenaran Kopiko saat ini sudah tidak perlu diragukan. Dari Beneluks, Italia, hingga Portugal, Kopiko begitu diminati.

3. La Fonte 

Siapa sih yang mengira kalau merek pasta yang satu ini berasal dari dalam negeri? La Fonte berada di bawah naungan PT Bogasari dan menyediakan produk pasta kering serta sausnya. Beberapa negara seperti Korea, Thailand, dan Malaysia menjual produk lokal Indonesia ini loh!

4. Tolak Angin 

Produk jamu cair pertama di Indonesia ini dibuat dengan racikan homemade dengan resep yang tidak pernah berubah, tepatnya sejak tahun 1951 hingga sekarang. Bahan-bahannya diambil dari berbagai rempah alami seperti biji adas, kayu ules, jahe, dan daun cengkeh yang dapat menghangatkan badan. Sekarang ini, produk Tolak Angin sudah mampu go internasional. Produk dengan tagline “Orang Pintar Minum Tolak Angin” ini telah beredar di berbagai negara seperti Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan Amerika Serikat. 

5. Indomie

Produk lokal yang sukses go internasional terakhir berupa mi instan bernama Indomie. Sejak tahun 1972 hingga saat ini terus menjadi produk legendaris Indonesia. Kamu pasti akan bisa menemukan produk Indomie di setiap minimarket yang ada pada berbagai negara.

Bahkan saking populernya, Bahasa yang ada pada kemasan Indomie telah disesuaikan dengan keberadaannya, misalnya di Korea, tulisannya akan berubah menjadi hangeul. Begitu juga di negara-negara lainnya, mulai dari Asia, Amerika, Australia, Eropa, hingga Afrika.

Nah, itulah deretan produk lokal yang sukses go internasional. Sebagai orang Indonesia, tentunya kamu juga harus mulai mendukung berbagai produk lokal. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam mendukung produk lokal dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata sekaligus mendukung produk lokal.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...