Biaya Kuliah Makin Mahal, Begini Cara Siapkan Biaya Pendidikan

Bagi orangtua, melihat kesuksesan sang anak di masa mendatang adalah sebuah kebanggaan. Apalagi, sang anak mendapatkan perguruan tinggi yang bergengsi. Tak heran, jika orang tua rela membiayai pendidikan anak hingga puluhan bahkan ratusan juta.

Layaknya sebuah drama asal Korea Selatan berjudul Sky Castle, saat orangtua rela mengeluarkan uang banyak demi mendapatkan perguruan tinggi yang bergengsi. Sebenarnya, ada berbagai cara untuk mendapatkan perguruan tinggi negeri di Indonesia yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Unsplash

Namun, tahukah? Biaya pendidikan di perguruan tinggi selalu mengalami peningkatan tiga kali lipat. Seperti dilansir Jiwasraya, biaya pendidikan di universitas mengalami peningkatan mulai lima hingga sepuluh tahun mendatang. Belum lagi biaya lainnya seperti biaya tempat tinggal, transportasi . Untuk itu para orangtua perlu menyiapkan biaya yang lebih besar lagi.

Nah, bagaimana cara mempersiapkan biaya pendidikan anak dari sekarang. Berikut caranya:

Riset Kebutuhan Pendidikan Anak

Salah satu cara untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini yakni meriset kebutuhan sang anak saat memasuki perguruan tinggi. Anda harus memikirkan biaya untuk transportasi, kos serta kebutuhan kuliah lainnya. Anda juga perlu melakukan estimasi kenaikan biaya setiap tahun.

Libatkan Anak dalam Menyiapkan Dana Pendidikan

Dalam menyiapkan biaya pendidikan, orangtua perlu melibatkan sang anak seperti mengatur keuangan agar tidak boros dikemudian hari. Anda juga dapat menyetujui keinginan sang anak untuk mencari tambahan biaya pendidikan seperti kerja paruh waktu atau berbisnis. 

Siapkan Tabungan untuk Pendidikan

Biaya pendidikan terutama untuk perguruan tinggi yang terus naik setiap tahunnya membuat para orangtua perlu menyiapkan dana pendidikan. Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan tabungan pendidikan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga bila penyedia layanan tabungan pendidikan bangkrut, maka nilai tabungan tetap aman.

Nah, Anda pun dapat melakukan alternatif investasi lainnya seperti peer to peer lending.  Anda akan dapat keuntungan hingga 15% untuk setiap pendanaan di Amartha. Keuntungan dari pendanaan ini bisa dimanfaatkan untuk tambahan biaya pendidikan anak. Amartha merupakan perusahaan peer to peer lending yang menghubungkan pendana dengan pengusaha mikro perempuan di desa. Amartha juga telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pendanaan makin aman dan nyaman.  Selain itu, pendanaan juga memberikan dampak sosial bagi masyarakat di desa. 

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/biaya-kuliah-makin-mahal-begini-cara-siapkan-biaya-pendidikan">
LINKEDIN
%d bloggers like this: