Biaya Kuliah Makin Mahal, Begini Cara Siapkan Biaya Pendidikan

|

|

|

Bagi orangtua, melihat kesuksesan sang anak di masa mendatang adalah sebuah kebanggaan. Apalagi, sang anak mendapatkan perguruan tinggi yang bergengsi. Tak heran, jika orang tua rela membiayai pendidikan anak hingga puluhan bahkan ratusan juta.

Layaknya sebuah drama asal Korea Selatan berjudul Sky Castle, saat orangtua rela mengeluarkan uang banyak demi mendapatkan perguruan tinggi yang bergengsi. Sebenarnya, ada berbagai cara untuk mendapatkan perguruan tinggi negeri di Indonesia yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Unsplash

Namun, tahukah? Biaya pendidikan di perguruan tinggi selalu mengalami peningkatan tiga kali lipat. Seperti dilansir Jiwasraya, biaya pendidikan di universitas mengalami peningkatan mulai lima hingga sepuluh tahun mendatang. Belum lagi biaya lainnya seperti biaya tempat tinggal, transportasi . Untuk itu para orangtua perlu menyiapkan biaya yang lebih besar lagi.

Nah, bagaimana cara mempersiapkan biaya pendidikan anak dari sekarang. Berikut caranya:

Riset Kebutuhan Pendidikan Anak

Salah satu cara untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini yakni meriset kebutuhan sang anak saat memasuki perguruan tinggi. Anda harus memikirkan biaya untuk transportasi, kos serta kebutuhan kuliah lainnya. Anda juga perlu melakukan estimasi kenaikan biaya setiap tahun.

Libatkan Anak dalam Menyiapkan Dana Pendidikan

Dalam menyiapkan biaya pendidikan, orangtua perlu melibatkan sang anak seperti mengatur keuangan agar tidak boros dikemudian hari. Anda juga dapat menyetujui keinginan sang anak untuk mencari tambahan biaya pendidikan seperti kerja paruh waktu atau berbisnis. 

Siapkan Tabungan untuk Pendidikan

Biaya pendidikan terutama untuk perguruan tinggi yang terus naik setiap tahunnya membuat para orangtua perlu menyiapkan dana pendidikan. Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan tabungan pendidikan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga bila penyedia layanan tabungan pendidikan bangkrut, maka nilai tabungan tetap aman.

Nah, Anda pun dapat melakukan alternatif investasi lainnya seperti peer to peer lending.  Anda akan dapat keuntungan hingga 15% untuk setiap pendanaan di Amartha. Keuntungan dari pendanaan ini bisa dimanfaatkan untuk tambahan biaya pendidikan anak. Amartha merupakan perusahaan peer to peer lending yang menghubungkan pendana dengan pengusaha mikro perempuan di desa. Amartha juga telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pendanaan makin aman dan nyaman.  Selain itu, pendanaan juga memberikan dampak sosial bagi masyarakat di desa. 

 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.