Biar Berkesan, Lakukan 5 Kegiatan Ini Saat Idul Fitri

0
87
kegiatan idul fitri
Ilustrasi kegiatan idul fitri. Photos by istockphoto

Tahukah kamu? Tahun kedua Hijriyah atau 624 Masehi merupakan waktu pertama kali Idul Fitri dirayakan. Pada tahun itu, hari yang fitri tersebut bertepatan dengan kemenangan kaum muslim di Perang Badar. 

Walaupun dalam perang yang terjadi pada bulan Ramadhan tersebut pasukan muslimin berjumlah lebih sedikit daripada Quraisy, pada kenyataannya Allah mengganjar kemenangan yang sangat barokah dan indah pada pasukan muslimin. 

Sejarah Idul Fitri atau hari kemenangan pun berlanjut. Pada zaman Dinasti Abbasiyah, hari kemenangan ini dirayakan melalui serangkaian aktivitas yang meriah. Umumnya, perayaan dilaksanakan dalam 3 hari lalu ditutup melalui jamuan makanan halal.

Di Baghdad, penyair dan musisi tampil dan menunjukkan bakat mereka untuk menghibur kaum muslim di sepanjang jalanan kota. Beda dengan Ottoman Turki, demi merayakan hari kemenangan, umat muslim menembakkan meriam ke udara pada akhir hari raya ini. 

Di Mesir, kaum muslim merayakan hari kemenangan dengan membagikan hadiah, pakaian, serta uang untuk masyarakat. Sedangkan di India, untuk merayakan hari kemenangan, para Sultan Dinasti Mughal menyemarakkan pawai yang diikuti pengawal kerajaan.

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadan yang Unik dari Berbagai Daerah

Di negara kita sendiri, Indonesia, masyarakat muslim merayakan hari kemenangan dengan halal-bihalal. Tradisi ini biasanya dilaksanakan selama satu minggu lebaran dan biasanya diikuti dengan mudik ke kediaman sanak-saudara.

Lantas, kegiatan Idul Fitri apa sajakah yang kamu lakukan bersama sanak-saudara ataupun kerabat? Agar lebih berkesan, lebih baik lakukan 5 kegiatan di bawah ini!

Bertukar kado atau hampers

hampers lebaran
Ilustrasi bisnis hampers lebaran. Photos by istockphoto

Ingin Idul Fitri tahun 2022 kamu lebih berkesan? Cobalah untuk bertukar kado atau hampers bersama sanak-saudara ataupun kerabatmu. Caranya? Mudah sekali kok! Kamu dan sanak saudara tinggal menyiapkan kado atau hampers dan kocokan nama.  

Untuk kocokan nama, siapkan nama para penerima dan para pemberi kado di kertas kecil, diletakkan pada wadah, lalu kocok. Jika sudah keluar dua nama, maka berikan kado yang dimiliki pengado pada penerima. Ulangi cara tersebut sampai semua menerima kado masing-masing. 

Dengan kegiatan ini, Idul Fitri bisa lebih bermakna dan berkesan pada tahun 2022. Sebab, semua senang karena mendapatkan kado atau hampers.

Membuat rekaman video kegiatan saat lebaran

Tidak hanya membuat Idul Fitri 2022 lebih berkesan, namun juga agar lebih terkenang, kamu dapat merekam acara kumpul keluarga. Rekaman ini bisa dimulai dari bangun pagi, persiapan shalat Ied, makan besar, berbincang-bincang, sampai tidur lagi.

Berkunjung ke sejumlah orang yang kurang beruntung

Untuk membuat hari kemenangan tahun 2022, kamu pun bisa mengunjungi orang-orang yang kurang beruntung seperti mereka yang berada di panti asuhan, panti jompo, rumah sakit, hingga tetangga yang sedang dilanda kesusahan.

Dengan berkunjung pada mereka, tidak hanya kamu saja yang akan mendapatkan Idul Fitri yang berkesan, namun mereka juga. 

Melakukan piknik 

liburan aman di era new normal
Photo by Pexels.com

Dua tahun terakhir, pergerakan umat muslim saat hari kemenangan sangat dibatasi sehingga hanya bisa merayakan hari kemenangan tersebut di dalam rumah. Sekarang, karena pandemi COVID-19 sudah lumayan mereda, kamu dapat melakukan piknik bersama keluarga.

Namun, tetap jangan lupakan protokol kesehatan dan pastikan tempat pikniknya memiliki udara segar tidak terbatas dan jauh dari sesak manusia.

Berbagi pada sesama

Berbagi ke lingkungan sekitar merupakan hal positif yang dapat memberi kesan baik tidak terlupakan di hari kemenangan tahun 2022. Berbagi tidak selalu bermodal yang mahal.

Kamu dapat membagikan koleksi buku pada sanak saudara, idol card pada sesama penggemar k-pop, atau menginvestasikan secuil THR-mu di Amartha untuk berpartisipasi pada kemajuan ekonomi perempuan pengusaha mikro di pelosok desa.

Nah, jadi itulah 5 rekomendasi kegiatan untuk merayakan Idul Fitri agar lebih berkesan. Apabila kamu tertarik dengan rekomendasi kelima, kamu dapat mendaftarkan diri sebagai investor di perusahaan investasi Amartha.

Di Amartha, dengan modal mulai 100 ribu saja kamu bisa dapatkan imbal hasil sampai 15% per tahun! Ayo daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here