BI FAST Bikin Biaya Transfer Lebih Murah! Ini Kelebihannya

0
89
Ilustrasi bi-fast. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi bi-fast. sumber: www.istockphoto.com

Bank Indonesia atau BI mengembangkan sebuah layanan khusus bernama BI FAST. Prasaran ini dibuat demi memenuhi kebutuhan warga Indonesia akan transfer uang yang lebih cepat, efisien, serta tersedia 24 jam. 

Latar Belakang Pengembangan BI FAST

BI FAST adalah sebuah prasarana Sistem Pembayaran ritel nasional yang mampu memberi fasilitas transaksi ritel dengan instan atau real-time, efisien, aman, serta tersedia dalam 24 jam.

Kini, eksistensi SKNBI atau Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia belum maksimal dalam memenuhi kebutuhan warga Indonesia sebab masih terdapat batasan waktu layanan serta lambatnya dana efektif.

Selain itu terdapat pula batasan pada kanal pembayaran yang bermuara pada kurangnya kenyamanan warga Indonesia dalam melakukan transaksi non tunai. Selain hal tersebut, prasarana ini diharapkan mampu memperkokoh ketahanan sistem pembayaran ritel nasional.

Kelebihan Sistem BI Fast Untuk Masyarakat dan Industri

Berikut merupakan sejumlah kelebihan dari layanan BI FAST dari Bank Indonesia yang dapat kamu manfaatkan.

Real Time 24/7 

Kirim uang dengan Bi fast bisa berapa lama? Nah, kamu dapat bertransaksi secara real time dalam 24 jam dan layanan ini tersedia setiap waktu.

Layanan BI FAST Lengkap 

BI FAST mampu melayanimu dalam bermacam kanal pembayaran dan instrumen.

Secure 

Kamu tidak perlu khawatir tentang keamanannya karena prasarana ini telah dilengkapi fitur fraud detection serta AML/CTF.

Baca Juga: Teller Bank Banyak Diburu, Ini Tugas dan Tanggung Jawabnya

Efisien 

Menggunakan prasarana ini bisa lebih efisien karena ia menggunakan proxy address untuk alternatif nomor rekening.

Sejumlah Fitur 

Tidak jauh berbeda dengan kelebihannya, berikut merupakan sejumlah fitur BI FAST dari Bank Indonesia Ini.

  • Operasional setiap waktu selama 24 jam.
  • Dana dapat diterima dengan instan, real-time oleh bank dan nasabah.
  • Melayani push atau transfer kredit dan pull atau debit.
  • Bisa menerapkan proxy address, yakni email dan nomor ponsel sebagai substitusi nomor rekening.
  • Pemberitahuan otomatis untuk nasabah.
  • Dilengkapi dengan fraud detection system serta Anti Money Laundering and Combating the Financing of Terrorism.

Kanal yang Bisa Digunakan Layanan BI FAST

Saat tahap permulaan, prasarana ini dapat kamu akses lewat kanal internet atau mobil hingga counter. Pada beberapa waktu kedepan, prasarana dari Bank Indonesia ini akan dikembangkan pula untuk transaksi lewat kanal lainnya contohnya ATM, QRIS, dan EDC.

Kapankah Sistem Pembayaran Ritel Nasional ini Mulai Diberlakukan?

Prasarana satu ini akan diimplementasikan melalui tahapan mulai akhir 2021 diikuti prioritas awal yakni transfer kredit individual. Lalu, mulai 2022, akan dikembangkan layanan untuk bulk credit, transfer debit.

Pada 2023, prasarana ini akan mengimplementasikan request for payment. Pada waktu selanjutnya, prasarana sistem pembayaran ritel nasional ini pun akan memperluas layanannya dalam transaksi lainnya contohnya QRIS, transaksi berbasis instrumen, serta cross border.

Berapa Jumlah Bank Saat Ini yang Ada dalam Daftar BI FAST?

Saat ini, jumlah bank yang menjadi peserta prasarana sistem pembayaran ritel nasional ini telah sampai pada gelombang ketiga. Total keseluruhannya yakni 52 bank dan ini berarti sudah mewakili 82% pangsa sistem pembayaran ritel nasional.

Salah satu contoh peserta diantaranya yakni BI FAST BCA. Saat ini, atau mulai April 2022, prasarana ini telah diterapkan pada aplikasi mobile banking bank tersebut.

Biaya Layanan BI FAST

Saat ini,Bang Indonesia menetapkan dua skema harga, yaitu harga dari BI ke Peserta dan harga dari Peserta ke Nasabah yakni Rp2,500 per transaksi. Nah, biaya tersebut bisa turun tahap demi tahap menurut evaluasi rutin.

Inilah pembahasan mengenai BI FAST. Bicara soal uang, kamu juga bisa tambah penghasilan dengan mendaftarkan dirimu sebagai lender di Amartha. Dengan begitu, kamu juga akan mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun yang langsung masuk ke aplikasi Amartha kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here