Bersiap Gelombang Resesi Ekonomi, 3 Skill Ini Wajib Dimiliki

0
43
Ilustrasi womenpreneur. Sumber: www.freepik.com
Ilustrasi womenpreneur. Sumber: www.freepik.com

Resesi ekonomi yang dicemaskan digadang-gadang akan terjadi. Hal ini tentu saja menjadi perhatian masyarakat. Tidak sedikit yang takut dengan adanya gelombang PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja.

Dengan adanya keadaan ini, tentu saja masyarakat tetap harus berkompetisi. Oleh sebab itu, skill dan kemampuan harus dimiliki ketika ancaman resesi ini terjadi. 

Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu arti dari resesi ini. Secara sederhana, resesi ekonomi adalah sebuah kondisi yang menunjukkan bila perekonomian di sebuah negara sedang memburuk. Hal tersebut terlihat dari penurunan domestic bruto. 

Perlu diketahui, dampak resesi ekonomi yaitu rendahnya harga properti dan rendahnya PPN ke kas negara.

Skill untuk Menghadapi Resesi Ekonomi

Berikut berbagai macam skill yang harus dikuasai agar dapat menghadapi resesi, antara lain:

1. Fleksibilitas

Kamu harus menunjukkan jika kamu memiliki fleksibilitas. Untuk menunjukkannya, di resume lamaran, kamu bisa menambahkan contoh ketika kamu harus menavigasi berbagai peran, fungsi maupun departemen dalam bisnis. 

Contohnya, kamu ikut serta untuk menangani masalah dalam proyek yang penting, kemudian kamu menawarkan diri untuk berkontribusi membantu pekerjaan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab kamu. 

Dengan menunjukkan fleksibilitas di resume atau CV, hal ini menunjukkan jika kamu merupakan orang yang dapat bekerja kapan saja. tentu ini menjadi sebuah keterampilan yang harus dimiliki. 

2. Project Management

Skill menghadapi resesi ekonomi yang lainnya adalah project manajemen. Ketika ekonomi berubah, perusahaan tentu akan mencari pekerja yang dapat mengidentifikasi masalah baru, kemudian mencari solusi serta membuat rencana jauh kedepan. 

Project management ini menjadi skill yang dicari perusahaan. Bahkan, project management menjadi salah satu skill terbaik yang begitu dicari perusahaan. 

3. Komunikasi

Skill terakhir adalah komunikasi. Dengan menguasai komunikasi, kamu bisa menjadi kandidat berbeda. Bahkan, bila tugasmu adalah duduk di komputer serta bekerja sepanjang hari, kamu tetap harus melapor ke satu orang. 

Tentu kamu membutuhkan keterampilan interpersonal untuk bekerja dalam tim serta meyakinkan atasan bila pekerjaanmu bertambah nilai. Contoh kemampuan komunikasi seperti presentasi, menyiapkan email, serta negosiasi kesepakatan bisnis.

Baca Juga: 4 Industri Ini Paling Tahan Resesi Ekonomi, Apa Saja?

Cara Mengembangkan Skill

Setelah mengetahui berbagai skill yang harus dikuasai ketika resesi ekonomi, hal berikutnya yang harus kamu ketahui adalah cara mengembangkannya. Berikut beberapa tips untuk mengembangkan skill, antara lain:

1.Mulai Tumbuhkan Rasa Penasaran

Untuk meningkatkan serta mengembangkan skill, kamu bisa memulainya dengan menumbuhkan rasa penasaran. Jika tidak memiliki rasa penasaran pada suatu hal, skill yang kamu miliki akan berhenti di level yang sama. 

2. Tetapkan Tujuan Menantang

Merancang tujuan dan goal dalam berkarir bisa mengarahkanmu pada pengembangan skill serta kompetensi diri. Tetapi, usahakan agar tujuan tersebut realistis serta relevan dengan cita-cita dan karir yang kamu miliki. 

Kamu juga harus memberi tantangan untuk mengejarnya. Contohnya kamu ingin meningkatkan skill komunikasi, kamu harus mulai mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan skill tersebut. 

3. Temukan Mentor yang Bisa Dipercaya

Kamu dapat mencari mentor yang bisa membantumu untuk mempertajam skill. Seorang mentor bisa membantumu memberi nasihat, arahan hingga insight pada bidang yang kamu minati. 

Pada praktiknya, menemukan mentor memang bukan menjadi hal yang mudah, tetapi kamu dapat mencobanya terlebih dulu.Selain mengembangkan skill, untuk mengatasi gelombang resesi ekonomi, kamu juga bisa mulai melek investasi. Salah satunya dengan melakukan investasi mulai 100 ribu aja melalui microfinance marketplace di Amartha. Di sini, kamu bahkan bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here