Berikut 6 Manfaat Hidup Hemat dalam Ajaran Islam

0
365
ilustrasi hidup hemat. sumber: www.istockphoto.com
ilustrasi hidup hemat. sumber: www.istockphoto.com

Apa saja manfaat hidup hemat dalam Islam? Banyak sekali! Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui bahwa hemat merupakan kehati-hatian dalam menggunakan barang, uang, dan sebagainya, sampai tidak memunculkan pemborosan.

Hidup hemat menurut Islam adalah tidak boros. Sebab, boros merupakan salah satu tabiat buruk yang sebaiknya tidak dicontoh. Allah SWT berfirman sebagai berikut: 

“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan, dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS Al Isra ayat 27)

Nah, mengetahui hal tersebut, maka kamu sebaiknya menerapkan hidup hemat. Karena terdapat segudang manfaat dengan melakukan hal tersebut. Enam di antaranya adalah sebagai berikut.

6 Manfaat Hidup Hemat dalam Islam

Berikut adalah rincian tentang keenam manfaat hidup hemat menurut Agama Islam.

1. Meningkatkan Kemampuan Menahan Diri

Melalui praktek hidup hemat, kamu dapat menjadi seorang penyabar. Hal ini berarti, kamu hanya membeli sesuatu yang sudah sangat krusial, mendesak, atau tengah dibutuhkan.

Sudah pasti melalui hidup hemat, maka kamu secara otomatis dapat tercegah dari kerakusan. Kamu dapat memiliki pertahanan diri lagi dalam masa mendatang.

2. Terbiasa Menabung

Keuntungan hidup sederhana dalam Islam ini membuatmu rajin menabung. Sebab, dengan pemikiran seperti ini, maka kamu tidak akan memprioritaskan kebutuhan yang tidak mendesak, sehingga kamu pun menjadi lebih mudah menabung.

‘Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit’

Di atas merupakan peribahasa yang memiliki makna bahwa usaha atau upaya kecil, tapi apabila kamu tekun maupun terus-menerus, kamu nantinya tentu dapat memperoleh pencapaian yang indah.

3. Semakin Mahir dalam Pengelolaan Keuangan

Manfaat hidup hemat dan sederhana yang satu ini dapat membuatmu semakin mahir dalam pengelolaan keuangan. Jadi, kamu dapat memprioritaskan sesuatu yang lebih krusial dulu. Sebaliknya, jika kurang penting, kamu dapat menunda lain waktu.

Dengan begini, mengatur keuangan pun dapat lebih mudah serta tidak ribet. Selain tu, kamu pun dapat bebas dari jeratan ‘besar pasak daripada tiang’ atau pengeluaran lebih tinggi dibanding pendapatan.

Baca Juga: Peluang Hidup Tenang, 6 Cara Hidup Hemat Tanpa Utang

4. Meningkatkan Nilai Kehidupan

Manfaat hidup hemat dalam Islam ini adalah ketika kamu merasa lebih dekat dengan keluarga, kerabat, tetangga, teman, sampai sanak saudara. Ini terjadi karena kebiasaan hematmu telah berhasil membuatmu tidak memikirkan uang.

Sebab manfaat ini dapat membuatmu senantiasa bersyukur dan merasa cukup.

5. Hidup Hemat Menghindarkan dari Stres

Kehidupan tidak melulu soal uang. Namun merupakan sebuah perjalanan yang wajib dilalui tidak peduli apa yang terjadi.

Maka demikian, manfaat hidup hemat yang satu ini dapat memberimu keseimbangan sehingga kamu tidak akan terlalu sibuk untuk memikirkan uang.

Kebebasan dari pemikiran soal uang ini bisa jadi karena hematmu dapat menuntunmu bebas dari jeratan hutang dan pelunasan. Hal ini lantas menyebabkan kamu terbebas dari skenario jatuh sakit akibat stres terlilit hutang menumpuk.

Dengan demikian, melalui manfaat hemat satu ini, kamu dapat menikmati alur kehidupan yang telah direncanakan Allah SWT dan selalu bersyukur.

6. Tercegah dari Pemborosan

Mayoritas warga Indonesia dalam zaman modern ini identik dengan perilaku boros. Sebab itu sudah menjadi bagian gaya hidup mereka yang telah melekat dalam diri.

Seringkali, teruntuk orang-orang semacam ini, memprioritaskan atau mementingkan keinginan lebih penting daripada kebutuhan.

Berbeda dengan mereka yang telah menerapkan gaya hidup hemat. Sebab melalui hal tersebut, seseorang dapat menahan keinginan serta bersabar agar tidak tergoda.

Nah, dengan demikian, hal ini secara otomatis berarti bahwa hidup hemat dapat menghindarkan kamu dari pemborosan.

Jadi, itulah 6 manfaat hidup hemat dalam Islam. Apakah kamu ingin hidup hemat sembari menambah pundi-pundi penghasilanmu? Jika iya, mari menjadi lender di microfinance marketplace fintech di Amartha dengan imbal hasil 15% flat per tahun dan juga ekstra bonus spesial untuk pendana baru!

Tunggu apalagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here