Berapa Modal Usaha Angkringan? Ini Rinciannya

    0
    322
    Ilustrasi bisnis usaha angkringan. sumber: www.pexels.com
    Ilustrasi bisnis usaha angkringan. sumber: www.pexels.com

    Bagi sebagian anak muda, nongkrong menjadi gaya hidup yang sulit dilepaskan. Baik itu nongkrong di kafe hingga angkringan. Setelah pandemi mereda, angkringan punya potensi untuk kembali jaya seperti tahun-tahun sebelumnya. Pekerja maupun mahasiswa sudah kembali berkegiatan normal. Malam haripun menjadi waktu yang pas untuk bertemu teman dan nongkrong di angkringan. 

    Karakteristik pekerja maupun mahasiswa yang saat ini tergolong generasi Z dan generasi milenial, bisa menjadi peluang dalam membuat angkringan kekinian. Konsep angkringan gaul ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan paling besar generasi tersebut, yaitu koneksi internet.

    Dengan fasilitas yang ditambah, tentu akan meningkatkan modal usaha angkringan modern ini. Berikut estimasi modal yang dibutuhkan usaha angkringan pemula.

    Modal Awal Usaha Angkringan

    Meski konsepnya adalah angkringan gaul atau kekinian. Jangan sampai meninggalkan ciri khas angkringan yang menggunakan gerobak serta terpal. Dalam menghitung modal awal usaha angkringan modern, kamu juga memasukan biaya instalasi WiFi. Fasilitas lain yang bisa ditambahkan mengikuti konsep ini adalah meja lesehan. Berikut rinciannya:

    GerobakRp2.500.000
    TikarRp200.000
    Meja LesehanRp500.000
    Alat Masak dan MakanRp1.000.000
    Instalasi Wifi*Rp500.000
    TotalRp4.700.000

    * estimasi harga sudah termasuk biaya langganan bulan pertama

    Modal Usaha Angkringan: Biaya Operasional Setiap Bulan

    Biaya operasional dalam membuat bisnis ini, setiap bulannya didominasi oleh bahan makanan. Bahan makanan, seperti ragam sate tusuk, minuman sachet, bahan gorengan, bahan nasi kucing, sambal, pembungkus nasi, gelas plastik, termasuk gula dan arang bakar bisa mencapai sekitar Rp4 juta rupiah. Sementara biaya operasional non-makanan seperti sewa tempat dengan estimasi Rp500.000, bayar WiFi dengan estimasi biaya langganan Rp250.000, serta token listrik Rp200.000. Maka total biaya operasional per bulan sebagai berikut

    Bahan MakananRp4.000.000
    Sewa TempatRp500.000
    WiFiRp250.000
    Token ListrikRp200.000
    TotalRp4.950.000

    Estimasi ini tentu berbeda jika kamu menemukan lokasi yang lebih strategis dan potensial. Terutama untuk sewa tempat strategis di ibu kota bisa mencapai satu juta rupiah perbulan. Biaya WiFi juga akan berbeda pada setiap daerah, tidak semua provider WiFi menarik biaya instalasi yang tinggi. 

    Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan dengan Modal Kecil

    Total Modal Awal Usaha Angkringan

    Jika ditotal, modal usaha angkringan pada bulan pertama dengan potongan biaya WiFi sebesar Rp250.000 karena sudah termasuk dalam biaya instalasi, jadi sebesar Rp9.400.000. Namun, modal usaha angkringan bisa berkurang jika kamu jeli mencari kebutuhan awal dengan harga yang miring. Modal usaha angkringan modern ini tentu berbeda dengan angkringan lainnya. Apalagi jika kamu ingin menambahkan fasilitas lain seperti bantal duduk, proyektor untuk memutar video musik, speaker dan lainnya.

    Bagi yang ingin perlahan merintis angkringan dengan konsep modern. Fasilitas tersebut bisa juga ditambahkan setelah beberapa bulan usaha berjalan, sehingga estimasi modal usaha angkringan bisa menurun di angka Rp8.900.000. Apalagi jika kamu memiliki supplier bahan makanan yang berkualitas dengan harga miring.

    Mau keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dari bisnis angkringan bahkan tanpa membangunnya sendiri? Yuk, modalin mitra UMKM Indonesia untuk memberikan akses permodalan dengan menjadi lender di Microfinance Marketplace Amartha. Bukan hanya angkringan atau bisnis rumahan, kamu juga bisa mendukung modalin usaha lainnya mulai dengan Rp100.000 aja! Tunggu apalagi? Yuk, jadi bagian dari teman Martha yang memberikan dampak positif.

    Download aplikasi Amartha di Android
    Download aplikasi Amartha di iOS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here