Berapa Dana Yang Dibutuhkan Untuk Meraih Financial Freedom?

0
1610

Banyak orang mengimpikan kebebasan finansial atau financial freedom, sebuah kondisi keuangan yang memungkinkan seseorang tetap mendapatkan penghasilan meski sudah tidak bekerja.

Sebagian besar masyarakat masih mengartikan bahwa financial freedom artinya memiliki uang yang lebih dari cukup dan bisa beli apapun tanpa banyak mikir.

Masyarakat yang masih belum memahami arti financial freedom sehingga berekspektasi berlebihan. Padahal, financial freedom bisa dicapai dengan sederhana asal punya target yang jelas.

Untuk bebas finansial, sebenarnya kamu hanya harus punya target yang jelas, seberapa besar uang dan penghasilan yang diinginkan. Jadi, tidak perlu jadi konglomerat biar bisa bebas finansial, kamu bisa mulai dari target yang simpel dan realistis.

Misalnya, target yang kamu inginkan adalah punya tabungan yang cukup supaya dapat pensiun dengan nyaman.

Berdasarkan survei yang pernah dilakukan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tentang kesiapan pekerja di tanah air dalam menghadapi masa pensiun, hanya 7% pekerja di Indonesia yang sudah paham dan menyiapkan masa pensiunnya dengan cermat. Itu artinya ada 93% yang tidak punya bayangan bagaimana hidup mereka sesudah memasuki usia pensiun.

Angka itu tentunya mencemaskan. Sebab, akan ada banyak orangĀ  yang bisa jatuh miskin saat memasuki masa pensiun. Tabungan kian menipis, tidak lagi punya penghasilan, dan dipaksa untuk bekerja serabutan saat usia kian menua.

Asumsi Perhitungan Merdeka Finansial: Memiliki Dana Pensiun

Mari kita coba buat asumsi perhitungannya, jika kamu saat ini sudah berusia 30 tahun, maka sisa usia produktif sebelum memasuki masa pensiun adalah sekitar 25-26 tahun lagi.

Sekarang, asumsikan biaya hidup untuk dua orang di kota besar mungkin sekitar Rp 5 juta/bulan (hitungan minimal). 26 tahun lagi saat pensiun, biaya hidup untukmu dan pasangan adalah sekitar Rp 15 juta/bulan (Jika menghitung inflasi per tahun sebesar 8%).

Artinya, untuk biaya hidup setahun, berarti dibutuhkan dana Rp 180 juta (15 juta x 12 bulan). Nah, dengan usia rata-rata hidup orang di Indonesia sekitar 70 tahun. Artinya, sejak pensiun di usia sekitar 56, kamu harus punya biaya hidup dengan pasangan hingga sekitar 14 tahun.

Jika perhitungan biaya hidup setahun adalah 180 juta x 14 tahun = Rp 2.5 milyar. Ini tentu hanya estimasi kasar tentang biaya hidup saja, tidak tidak termasuk biaya kesehatan dan lainnya.

Jika hanya dengan menabung, tentu hitung-hitungan tersebut tidak akan cukup. Misal kamu menabung sebulan Rp 1 juta, maka setahun hanya dapat Rp 12 juta. Dalam waktu 26 tahun menabung, kamu hanya akan mengumpulkan uang sebanyak Rp 312 juta. Tentu sangat jauh dibandingkan estimasi sebelumnya.

Investasi Kunci Wujudkan Dana Untuk Merdeka Finansial

Karena itu, selain menabung, tentunya berinvestasi menjadi hal yang penting dilakukan untuk meraih financial freedom. Di masa sekarang ini, ada banyak sekali pilihan investasi seperti reksadana, saham, ataupun yang sedang populer yaitu P2P Lending.

Nah, salah satu platform P2P Lending yang aman dan tepercaya untuk berinvestasi dalam rangka meraih financial freedom adalah Amartha. Sebagai informasi, Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech P2P Lending yang menghubungkan pendana urban dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Didirikan pada tahun 2010 silam sebagai microfinance, Amartha akhirnya menjadi perusahaan P2P Lending di tahun 2016. Selama 11 tahun terakhir, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar 4.20 Triliun kepada lebih dari 750.000 perempuan tangguh di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Sejak tahun 2019, Amartha juga telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, Amartha pun sudah terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada perempuan tangguh pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis.

Dengan berinvestasi di Amartha sebagai pendana, para investor juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, kini Amartha menyediakan layanan investasi crowdfunding, investasi mulai 100 ribu.

Yuk, daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here