Belum Dapat Kerja, Ini 5 Ide Bisnis Yang Bisa Dicoba Untuk Tambah Penghasilan

    0
    236

    Pandemi Covid-19 atau Corona yang telah berlangsung di Indonesia sejak bulan Maret 2020 mau tidak mau menghantam berbagai sektor kehidupan. Salah satu sektor yang terhantam adalah sektor ekonomi.

    Akibatnya, banyak perusahaan yang merugi dan terpaksa merumahkan para karyawannya. Banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan sebagai dampak dari pandemi Covid-19 atau Corona. 

    Meski begitu, kehilangan pekerjaan bukanlah akhir dari segalanya. Bahkan, saat ini tidak sedikit orang yang akhirnya beralih pekerjaan di tengah pandemi Covid-19 atau Corona. Dari awalnya karyawan swasta berubah jadi wiraswasta.

    Nah, berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba jika masih menganggur dan belum mendapat pekerjaan lagi:

    1. Online Shop

    Sumber Foto: Pexels

    Ide bisnis pertama yang bisa kamu coba selama pandemi Covid-19 ini adalah membuka online shop. Ada banyak produk yang dapat kamu jual dengan membuka online shop. Meski begitu, sebaiknya jual barang-barang yang dibutuhkan banyak orang selama pandemic Covid-19, seperti masker, obat-obatan, hingga vitamin.

    Selain itu, kamu tidak perlu pusing memikirkan online shop seperti apa yang harus dibuat. Kamu bisa menggunakan berbagai macam marketplace yang ada saat ini sesuai kebutuhanmu. Promosi pun bisa kamu lakukan dengan mudah, menggunakan media sosial.

    2. Thrift Shop

    Istilah thrifting mungkin terdengar tidak asing bagi pengguna sosial media. Biasanya, thrift diidentikan dengan barang-barang bekas, tapi hal tersebut tidaklah tepat.  Merujuk pada kamus urban, thrifting diartikan sebagai kegiatan berbelanja demi mendapatkan harga barang yang lebih murah dan barang yang tidak biasa seperti selera pasar saat ini.

    Di Indonesia, jenis thrifting yang paling diminati adalah fashion thrift. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis ini untuk menjual pakaian vintage atau pakaian yang tidak seperti selera pasar yang lagi ramai.

    Baca Juga: Dijamin Untung! Ini 6 Tips Usaha Online Thrift

    3. Menjual Frozen Food

    Sumber Foto: Unsplash

    Dikutip dari laporan The 50 Survival Innovation Ideas That Matter, konsumsi produk kuliner rumahan seperti frozen food (makanan beku) diketahui meningkat selama masa pandemi Covid-19. Masyarakat lebih senang memasak sendiri makanan di rumah, tetapi tidak ingin repot, sehingga frozen food menjadi pilihan.

    Terdapat berbagai macam bentuk dan jenis frozen food. Mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, ikan, seafood, hingga aneka camilan. Kamu bisa mencoba peluang bisnis ini. Mencari menu baru frozen food atau menjadi reseller.

    4. Menjadi Freelancer

    tips usaha di bidang jasa
    Sumber Foto: Pexels

    Jika kamu memiliki kemampuan digital marketing, web design, atau keahlian lainnya, jangan ragu untuk mulai bekerja sebagai freelancer. Ada banyak situs yang menyediakan berbagai macam proyek sesuai dengan skill kamu. Jadi, hanya perlu mencari proyek mana yang bisa kamu kerjakan dan mendatangkan uang.

    5. Menjadi Pengajar Online Berbayar

    Jika kamu memiliki skill yang bisa dibagikan dan kemampuan mengajar yang lumayan bisa juga mencoba membuka kelas sendiri yang berbayar. Kamu bisa membuka kelas sendiri di website-website yang sering digunakan untuk belajar online. Biasanya website seperti itu memiliki lowongan untuk pengajar agar bisa membuka lebih banyak kelas.

    Jika ingin secara mandiri, kamu bisa memanfaatkan zoom, google hang out dan facebook video call yang bisa melakukan video call lebih dari 10 orang untuk membuka kelas online kamu. Modalnya? Gratis. Asalkan kamu bisa memanfaatkan platform online secara maksimal seperti Youtube dan sosial media dalam memasarkan bisnis jasa kamu.

    Itulah 5 ide bisnis yang dapat kamu coba jika masih belum mendapatkan pekerjaan kembali. Sisihkan keuntungan dari usahamu ini untuk menyiapkan dana darurat. Platform investasi yang bisa kamu pilih adalah Amartha karena menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Selain itu kamu turut memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan lho.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here