Home Finance Beli Rumah Over Kredit? Perhatikan Hal Berikut Sebelum Deal!

Beli Rumah Over Kredit? Perhatikan Hal Berikut Sebelum Deal!

|

|

|

Di Indonesia terdapat setidaknya dua sistem kredit kepemilikan rumah, yakni sistem KPR dan sistem over kredit. Sistem over kredit merupakan sistem pembelian rumah yang mana debitur baru atau pembeli mengambil alih kepemilikan rumah dari debitur awal atau si pemilik rumah.

Jika Anda berencana melakukan take over kredit rumah dari debitur KPR lama, maka perhatikan hal–hal berikut ini.

Miliki Rumah Pertamamu Dengan 5 Strategi Berikut

1. Cek dengan Teliti Isi Perjanjian PPJB

Apabila rumah yang akan Anda take over dari pemilik lama merupakan rumah siap huni yang dibeli lewat developer, maka Anda sebagai pembeli baru harus mengawasi dengan detail ketentuan yang tertera di dalam PPJB. 

Dokumen Perjanjian Pengikatan Jual Beli atau PPJB antara developer serta pemilik rumah sebelumnya mengatur terkait spesifikasi bangunan serta waktu penyerahan bangunan secara utuh. Anda harus memastikan apakah kondisi rumah serta kenyataan di lapangan sesuai dengan isi dokumen PPJB.

2. Biaya Take Over

Harus diketahui bahwa biaya untuk melakukan take over kredit sama halnya seperti Anda ingin kredit baru. Sehingga, jika Anda ingin melakukan take over kredit, Anda harus membayar biaya seperti halnya ketika ingin kredit baru di bank. Di dalam biaya ini termasuk biaya notaris, biaya appraisal jaminan, legal serta dokumen lainnya.

Selain biaya pengurusan seperti kredit baru, biaya lain yang harus diperhatikan adalah biaya pembayaran denda kepada pihak bank karena melakukan pelunasan pinjaman yang lebih cepat. Biaya denda dihitung berdasarkan sisa pokok pinjaman dikalikan prosentase tertentu. 

Tren Rumah Minimalis, Berapa Ya Biayanya?

3. Rumah Bukan Merupakan KPR Macet

Sebaiknya diperjelas sedari awal apakah rumah yang akan Anda take over tersebut adalah rumah hasil kredit macet atau tidak. Pasalnya, apabila pembeli yang lama memiliki masalah kredit macet ke pihak bank, dikhawatirkan terdapat denda yang harus dibayarkan dan tidak diketahui oleh Anda selaku pembeli baru. Anda bisa mengecek ke bank pemberi KPR sebelum melakukan take over rumah.

4. Bunga Bank

Take over kredit akan memperlakukan kredit seperti halnya kredit yang baru sehingga Anda akan menikmati layanan berupa bunga pinjaman baru yang bernilai tetap. Selain itu, bunga pinjaman ini akan bernilai lebih rendah ketimbang bunga yang sifatnya mengambang pada kredit yang sudah berjalan lama. 

Namun tentu saja, harus dipahami bahwa bunga rate flat atau tetap ini hanya bisa dinikmati selama periode 1 sampai 2 tahun saja. Beberapa bank juga mungkin menerapkan bunga tetap selama 5 tahun. 

Kepemilikan rumah tentu menjadi impian setiap orang terutama yang sudah membina rumah tangga. Sayangnya, harga rumah yang melambung tinggi seringkali membuat pupus harapan mereka yang memimpikan kepemilikan rumah. Oleh sebab itu opsi kredit menjadi opsi yang tidak terelakkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Dan juga, Anda bisa mengumpulkan dana membeli rumah hunian impian dengan mendanai mitra usaha Amartha. Dapatkan imbal hasil sampai 15% FLAT per tahun setiap mendanai satu mitra. Pelajari mengenai Amartha di sini.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...