Beli Pajero Tunai, Mbah Kerto Jadi Miliarder dengan Berladang. Ini Rahasianya!

0
91
Mbah Kerto miliarder asal Jawa Timur. sumber: surabaya.kompas.com
Mbah Kerto miliarder asal Jawa Timur. sumber: surabaya.kompas.com

Mbah Kerto, adalah seorang kakek berusia 103 tahun, sebagai salah satu orang tertua di desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Meski sudah berusia lanjut, Mbah Kerto nampak masih bugar dengan tidak adanya tanda-tanda penuaan yang biasa melekat kepada orang-orang seusianya. kecuali rambut dan jenggot yang sudah mulai putih.

Ada apa dengan Mbah Kerto?

Beliau sempat viral beberapa waktu lalu karena sebuah video yang beredar, yang menunjukkan bahwa ia membeli mobil mewah Pajero Sport dengan uang ratusan juta rupiah yang dibungkus dalam sebuah karung beras.

Mbah Kerto menyebut, ia membawa uang dengan dibungkus karung karena saking banyaknya sehingga tidak akan muat jika dimasukkan ke dompet. Maklum, Mbah Kerto yang hidup di desa jauh dari kecanggihan ATM. Meskipun sebagian besar kekayaannya juga ia simpan di bank.

Pekerjaan dan Prakiraan Hasil Panen Mbah Kerto

Meski sudah berusia senja, Mbah Kerto sangat giat bekerja. Pekerjaan yang beliau lakukan setiap hari adalah bekerja sebagai petani di ladang dengan komoditas kentang, bawang merah, dan juga kol dengan bidang sawah seluas lebih dari 30 hektar.

Kalau kamu penasaran hasil dari panen ladang Mbah Kerto, yuk kita hitung kasar bareng-bareng.

Hasil panen 6 hektar bisa menghasilkan 150 ton kentang. Jika dirupiahkan, setidaknya Mbah Kerto bisa mengantongi uang sekitar Rp 1,3 miliar. Di mana jika diandaikan penjualan 1 ton kentang dijual senilai Rp8,6 juta.

Perlu diingat jika ini hanya hasil dari panen kentang dan belum dari hasil komoditas lainnya.

Kisah Mbah Kerto

Cerita hidup Mbah Kerto tak selalu mulus. Di masa muda, ia pernah terlilit hutang akibat kecanduan berjudi. Masa kecil Mbah Kerto yang terlalu dimanjakan membuatnya terjerumus dalam perjudian hingga terlilit hutang yang cukup besar. Tak hanya itu, beliau juga pernah mencuri dan melakukan tindakan kriminal lainnya demi mencukup kebutuhan hidup sehari-hari.

Lalu, semuanya berubah ketika Mbah Kerto bertekad untuk merintis usaha pertanian dan perdagangan yang terinspirasi dari sang ayah. Jatuh bangun ia membangun usahanya dari nol di ladang yang sempit hingga kini memiliki puluhan hektar.

Sekarang Mbah Kerto sudah menjadi miliarder yang memiliki dua mobil mewah, tiga truk dan tiga mobil pick up dari hasil ladangnya.

Fakta Gaya Hidup Mbah Kerto

  • Beliau selalu semangat bekerja dan pergi ke ladang setiap hari, meskipun sudah lanjut usia.
  • Menurut berbagai sumber, Mbah Kerto juga menjaga pola makannya dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi hingga kacang-kacangan. Nasi putih, sayur bening, tempe, tahu, ikan asin dan sambal jadi santapannya untuk mengisi energi sebelum pergi ke ladang.
  • Beliau pun kerap tampil dengan pakaian sederhana, yakni mengenakan songkok hitam, kemeja batik, celana training, sepatu boot dan sarung yang melingkar di lehernya khas warga suku Tengger.
  • Mbah Kerto memiliki empat orang anak yang dulunya pernah ikut menjadi buruh tani di ladangnya.
  • Bergelimang harta tidak lantas membuat Mbah Kerto bermalas-malasan di rumah. Dia percaya, tubuh sehat yang diberikan Tuhan kepadanya harus dirawat.
Baca Juga: Ketekunan Ibu Misri Dari Buruh, Hingga Punya Karyawan Sendiri

Seperti Mbah Kerto yang selalu bersemangat untuk bekerja, menabung dan membuka lapangan pekerjaan. Amartha juga siap bersama dengan para pengusaha UMKM untuk membangun mimpi-mimpi bersama.

Kamu pun juga juga bisa menjadi bagian dari investasi berdampak positif ini lho. Amartha adalah microfinance marketplace yang mempertemukan antara lender (pemberi pinjaman) dan juga peminjam (borrower).

Di mana dana yang kamu pinjamkan akan digunakan untuk mengembangkan usaha UMKM yang mereka miliki. Selain memberikan dampak investing yang berkelanjutan, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya. Amartha juga sudah mendapat izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). So, sudah pasti aman dan terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here