Begini Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Dicoba!

0
609
Ilustrasi menjaga kesehatan fisik dan mental. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi menjaga kesehatan fisik dan mental. sumber: www.istockphoto.com

Seseorang bisa dikatakan bahagia ketika ia mampu menjaga kesehatan fisik dan mental. Ya, bukan hanya kesehatan tubuh yang perlu dijaga, kondisi mental juga harus selalu diperhatikan. Tak sedikit orang yang mengalami stress, depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya, tetapi tidak berani untuk mengakui atau melakukan terapi. 

Meski begitu kabar baiknya, saat ini bahasan soal isu kesehatan mental semakin ramai. Kamu pasti sering menemukan konten tentang kesehatan mental di media sosial. Istilah-istilah seperti overthinking dan burn out mulai akrab di telinga. Hal ini berarti sudah muncul kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di tengah masyarakat.

10 Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Tahukah kamu setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai  Hari Kesehatan Mental Dunia  (World  Mental Health Day). Untuk tahun 2022 tema yang diusung adalah “Menjadikan kesehatan mental untuk semua orang sebagai prioritas global. Bertepatan dengan hari kesehatan mental di bawah ini ada 10 tips menjaga kesehatan fisik dan mental:

Bicara dengan Orang yang Kamu Percaya

Bicaralah dengan teman, anggota keluarga, dan sahabat yang bisa kamu percaya. Kamu akan merasa lebih baik setelah membuka diri dan bercerita kepada orang lain. 

Luangkan 2 Menit Untuk Fokus ke Sekitarmu

Cara membebaskanmu dari pikiran yang terus mengganggu adalah dengan lebih memperhatikan apa yang ada di sekitar. Berikan dirimu waktu 2 menit untuk fokus pada apa yang kamu lihat, dengar, cium, dan rasakan saat ini.

Lakukan Aktivitas yang Membuatmu Senang

Buatlah aktivitas rutin yang bisa membantumu menjaga kesehatan fisik dan mental. Kegiatan yang jadi kegemaranmu misalnya memasak, bermain bola, menonton drama korea atau film, melukis, bermain musik, dan masih banyak lagi.

Jaga Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik dan mental memang saling berkaitan. Ketika berolahraga hormon bahagia akan terlepas sehingga mampu mengurangi rasa stress dan marah. Dengan begitu kesehatan mental juga jadi lebih meningkat. Lakukan olahraga yang kamu suka mau itu renang, jogging, badminton, atau bola.

Tidur yang Cukup

Kekurangan tidur akan membuat tubuh jadi lesu dan pikiran kacau. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Agar keesokan paginya kami bangun dengan tubuh yang terasa lebih segar dan pikiran yang lega.

Baca Juga: Apa Saja Hubungan Kesehatan Mental dan Kondisi Finansial?

Jauhi Zat Berbahaya

Jangan gunakan zat berbahaya seperti rokok, alkohol, dan obat-obatan hanya untuk menenangkan diri. Perasaan lega yang kamu dapat tidak akan bertahan lama dan justru membuatmu jadi adiktif atau ketagihan.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Tips menjaga kesehatan fisik dan mental yang tidak boleh terlewat adalah makan makanan sehat. Terapkan pola makan sehat. Atur asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Lakukan Earthing

Earthing atau kembali menikmati alam bisa menjadi cara menyenangkan melepaskan stres. Lepaskan skamul dan berjalanlah di atas rumput dan tanah. Hirup udara yang segar dan dengarkan suara angin, serangga, dan burung di alam terbuka. Sudah pasti menyenangkan.

Menolong Orang Lain 

Ternyata menolong orang lain dapat membantu diri sendiri dalam mengelola kesehatan mental. Kamu bisa mulai dengan menjadi volunteer di komunitas dan acara amal. Membantu orang yang jatuh  memungut sampah.

Cari Bantuan Profesional

Ketika kamu mengalami gejala-gejala terkait penyakit mental, jangan ragu untuk meminta bantuan dari profesional. Psikolog dan psikiater akan  membantu kamu menyelesaikan permasalahan. Mereka akan dengan senantiasa mendengar ceritamu. Nah, itulah tadi 10 tips menjaga kesehatan fisik dan mental.

Sebetulnya ada satu lagi jenis kesehatan yang juga perlu kamu perhatikan yaitu kesehatan finansial. Yuk jadi lenders di Amartha, microfinance marketplace yang membantu banyak UMKM dan memberdayakan perempuan. Dengan berinvestasi mulai dari Rp100.000 kamu bisa dapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here