/

Begini Tips Hemat Pendiri Facebook

Bagi pengguna situs jejaring Facebook tentu tak asing dengan sosok Mark Zuckerberg, seorang pendiri sekaligus CEO Facebook yang disebut-sebut sebagai 1 dari 100 orang terkaya di dunia versi majalah TIME (2010).

Dengan titel orang terkaya yang melekat pada dirinya banyak yang membayangkan jika dia lekat dengan kehidupan mewahn, tetapi apa yang dibayangkan orang tidak terlihat pada dirinya. Ini karena, dia memiliki gaya hidup sederhana dan pandai mengelola keuangan pribadi.

Berikut 4 tips hemat pendiri facebook yang bisa ditiru kalian dalam menerapkan gaya hidup hemat.

Prinsip Hidup Sederhana
Salah satu tips hemat pendiri facebook adalah prinsip hidup “kita harus menjaga pikiran terfokus pada mencintai apa yang dilakukan daripada mencintai apa yang dimiliki“. Hal ini membuat Mark Zuckenberg lebih memilih tinggal di rumah yang sederhana.

Bayangkan seandainya kita bisa menerapkan prinsip yang sama kita akan mampu mengendalikan diri dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Misalkan kita membeli sepatu sport yang baru padahal kita masih memiliki sepatu sport yang masih layak.

Disini pentingnya untuk bisa membedakan mana yang kebutuhan (needs) dan mana yang keinginan (want), karena akan lebih baik jika dananya bisa kita alokasinya untuk ditabung dan diinvestasikan atau melakukan pendanaan  digital (fintech lending) untuk masa depan.

Memakai Baju yang Sederhana
Kaos oblong berwarna abu yang terkesan sederhana merupakan ciri penampilan seorang Mark Zuckerberg, bahkan dalam beberapa kesempatan dia selalu memakai baju yang bisa dibilang hampir sama, meskipun dia bisa membeli dan memakai pakaian termahal sekalipun.

Pelajarannya adalah dia lebih mengutamakan kenyamanan daripada kemewahan, dimana prinsip ini bisa kita tiru sebagai salah satu upaya melakukan penghematan. Coba bayangkan berapa uang yang bisa ditabung jika kita memilih membeli pakaian yang nyaman dan ramah di kantong?

Memilih Kendaraan yang Sederhana
Selain gaya berpakaian dan tempat tinggal yang sederhana Mark Zuckerberg juga menggunakan kendaraan yang sederhana. Dia tetap setia pada mobil tuanya karena menurut pertimbangannya mobil tersebut masih aman dan nyaman untuk digunakan.

Ketika membeli kendaraan mewah, kita harus siap juga dengan berbagai anggaran untuk biaya pajak, asuransi dan perawatan rutinnya. Tentunya anggaran tersebut tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, bandingkan jika kita menggunakan kendaraan sederhana yang tidak memerlukan perawatan khusus? anggaran biaya untuk perawatan mobil akan lebih hemat bukan?

Menggunakan Uang Sesuai Kebutuhan
Menurut Mark Zuckerberg hidup hemat bukan berarti harus serba kekurangan, melainkan memastikan bahwa uang yang dikeluarkan digunakan untuk mewujudkan keinginan. Menurutnya saat kita menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu hanya akan menambah beban pengeluaran.

Hal tersebut tercermin saat dia melangsungkan acara pernikahanya di halaman rumah belakang miliknya, kemudian pergi berbulan madu ke tempat-tempat yang umum dikunjungi orang-orang. Dengan cara seperti itu dia tetap mewujudkan keinginannya untuk menikah dan berbulan madu tanpa mengeluarkan biaya yang berlebihan.

Nah, jika seorang milyarder saja bisa seperti itu, mengapa kita tidak bisa? tidak perlu menghabiskan uang untuk anggaran yang tidak perlu, lebih baik dialokasikan untuk menabung, berinvestasi atau melakukan pendanaan digital (peer to peer lending) secara rutin untuk kebutuhan masa depan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Amartha dengan Halofina.
Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/begini-tips-hemat-pendiri-facebook">
LINKEDIN
%d bloggers like this: