icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Begini Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu
icon-lang
icon-lang

Begini Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

By Team Amartha Blog - 16 Dec 2022 - 3 min membaca

Mempunyai gaji bulanan dengan jumlah besar tentu menjadi impian setiap orang, lebih-lebih semakin lama kebutuhan menjadi semakin meningkat. Sedangkan, pendapatan tidak bertambah sesuai dengan yang diinginkan. 

Sebenarnya, besar kecilnya gaji tidak menjamin kebahagiaan, persoalan utama adalah bagaimana kamu dapat mengelola keuangan dengan sebaik mungkin, termasuk ketika harus mengatur uang 200 ribu seminggu. Lantas, bagaimana cara mengatur uang 200 ribu seminggu? 

Bagi yang memiliki gaji kecil, pasti akan sulit menyimpan uang untuk sejumlah hal seperti dana darurat, dana pensiun, biaya kuliah dan lainnya. Bahkan, tidak jarang sudah kehabisan uang padahal belum akhir bulan. Hal ini dapat terjadi disebabkan karena mereka tidak mengelola gaji dengan baik untuk memenuhi kebutuhan.

Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

Setiap keluarga tentu mempunyai rencana masa depan seperti memiliki mobil dan rumah sendiri, liburan sampai dana pensiun. Rencana tersebut membutuhkan dana yang banyak sedangkan mencari tambahan dana bukan sebuah hal yang mudah. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk mengatur uang 200 ribu dalam seminggu, antara lain:

1. Membuat Daftar Menu Makanan

Cara hemat pertama yang dapat dilakukan adalah membuat daftar menu makan. Anda dapat membuat daftar menu makanan yang akan dimasak setiap hari selama satu minggu. Hal tersebut dilakukan agar bisa mencegah kebingungan saat sampai di tukang sayur. 

Biasanya, saat bingung ingin masak menu apa, akhirnya membeli banyak sayur yang tidak terlintas di benak. Jika berbelanja dengan dadakan, potensi membeli bahan yang tidak dibutuhkan akan menjadi semakin besar. 

Anda bisa membuat menu makanan sederhana contohnya seperti tumis kangkung dan tempe goreng, sayur asem dan ayam goreng, sayur sop tetelan dan tahu goreng, sayur bayam dan jamur crispy, soto ceker dan perkedel kentang, sayur bening tauge dan ikan kembung goreng. 

2. Belanja di Pasar atau Tukang Sayur

Cara atur uang yang lainnya adalah dengan berbelanja di pasar. Dengan berbelanja di pasar tradisional atau tukang sayur, kamu bisa membeli bahan sesuai dengan budget. Contohnya sayur sop dengan harga 5000 saja. 

Nantinya penjual akan membuatkan paket sayur sop dengan harga tersebut. Begitu juga dengan berbelanja berbagai bumbu. Jika kamu langganan, kamu bahkan bisa diberi diskon. Beda dengan belanja di supermarket, harganya lebih mahal dan tidak bisa meminta paket sayur sesuai anggaran. 

Baca Juga: 9 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil 

3. Rencanakan Belanja Mingguan dengan Matang

Cara atur uang 200 ribu lainnya adalah dengan merencanakan belanja bulanan. Pemborosan biasanya terjadi saat menggunakan uang hanya untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan tersebut bukan merupakan kebutuhan. 

Untuk mengatur anggaran yang kecil, kamu bisa membuat rencana belanja mingguan. Belanjakan uang yang sesuai dengan susunan rencana. Namun, hindari menggunakan uang lebih dari anggaran yang sudah kamu susun, karena uang yang tersisa bisa digunakan untuk kebutuhan lain. 

4. Kurangi Menggunakan Kendaraan Bermotor

Cara mengatur uang 200 ribu seminggu bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki saat pergi bekerja dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor. Selain menghemat BBM, Anda juga bisa lebih sehat. 

5. Kurangi Kebiasaan Pesan Makan Online

Kamu bisa mengurangi kebiasaan memesan makanan secara online. Sesekali pesan makanan secara online memang tidak menjadi masalah, tetapi jika hal ini menjadi kebiasaan, tentu akan menghabiskan anggaran dengan cepat. Patuhi menu yang sudah kamu susun sebelumnya. 

Bila sudah berhasil menghemat anggaran, dan mempraktekkan cara mengatur uang 200 ribu seminggu di atas, jangan lupa untuk mengalihkannya ke investasi ya. Sebagai pemula, kamu bisa mulai investasi dari Rp 100.000 aja di microfinance marketplace Amartha. Selain aman karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK, kamu juga akan memperoleh imbal hasil hingga mencapai 15% flat per tahun, lho!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Ayo Modalin

Artikel Terkait

Begini Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

Gaya Hidup

3 Cara Agar Tidak Boros Terhadap Uang, Dijamin Berhasil!

Gaya Hidup

Inilah Cara Mengatur Keuangan di Tahun Baru Imlek

Gaya Hidup

Kolaborasi Amartha dan Wangsa Jelita dalam Menguatkan Peran Ibu dalam Pengelolaan Keuangan Keluarga

Galeri Acara

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png