Home Syariah Bebas Riba dan Tetap Untung dengan Investasi Syariah! #YangBaikLebihBerkah

Bebas Riba dan Tetap Untung dengan Investasi Syariah! #YangBaikLebihBerkah

|

|

|

Jenis investasi memang berbagai macam. Saat ini mulai marak dibicarakan adalah investasi syariah. Selain menguntungkan investor, ternyata investasi syariah dapat membantu masyarakat luas, lho.

Seiring dengan tumbuhnya minat masyarakat dalam berinvestasi tentunya juga dibarengi dengan banyaknya beragam produk investasi. Salah satu yang sedang tren saat ini adalah investasi syariah. Adanya kemudahan dalam berinvestasi dalam bentuk syariah menjadikan alasanan investasi ini sangat digemari.

Lantas apa itu investasi syariah? Pada dasarnya, investasi syariah adalah salah satu jenis investasi yang sesuai prinsip-prinsip Islam. Investasi syariah di Indonesia sebenarnya memiliki peluang yang cukup menjanjikan. 

Menurut data Kontan September 2019, angka investor syariah melejit 121 kali lipat dibandingkan tahun 2011, sebesar 61.130 investor. Bahkan, dalam waktu tiga bulan sebelumnya, investor syariah meningkat sebesar 10,68%. Maka tidak heran jika investasi syariah diprediksi terus meningkat, mengingat keuntungan yang diberikan cukup tinggi.

Setiap keuntungan yang didapatkan investor akan sesuai dengan proporsi atau perjanjian sebelumnya. Investor juga mengetahui ke mana uang yang diinvestasikan. Jadi, memang investasi lebih aman, karena benar-benar dipilihkan yang tidak merugikan dan tidak haram. Tentunya yang tidak kalah menarik adalah minimnya faktor risiko, mengingat investasi syariah memiliki prinsip bagi hasil dan bagi rugi.

Investasi Syariah yang Menguntungkan

Meskipun ada banyak jenis investasi syariah, tidak ada salahnya memilih yang memberikan keuntungan bagi sesamanya, lho. Di Indonesia ada beberapa jenis investasi syariah yang memberikan keuntungan secara aman, adil, dan transparan. Pastinya ini sesuai dengan prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Islam. 

Nah, berikut tiga jenis investasi syariah yang mengajak kita berinvestasi sekaligus menyejahterakan perekonomian masyarakat, termasuk yang menjalankan usaha UMKM.  

Sukuk

Sukuk merupakan salah satu investasi berbentuk obligasi, atau dikenal dengan surat hutang. Perbedaannya dengan obligasi pada umumnya tentu dilihat dari prinsip yang dijalankan.

Sukuk memegang prinsip syariah. Sehingga, dijamin investasi aman, bebas, riba, maysir (perjudian), dan dilakukan dengan transparan, alias bebas gharar (ketidakjelasan). Kamu juga tidak perlu khawatir karena sukuk sesuai dengan prinsip muamalah yang diterbitkan oleh MUI.

Investasi ini tidak memerlukan modal besar, bisa dimulai dari Rp1 juta. Kemudian, saat berinvestasi sukuk, return atau imbalan yang didapatkan akan lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito di Bank BUMN, yaitu minimal 8,15% pertahun. Apalagi imbalan dibayarkan setiap bulan. 

Deposito Syariah

Tidak berbeda jauh dengan jenis deposito bank konvensional, deposito syariah sangat cocok bagi UMKM. Menariknya, deposito syariah hanya diberikan pada industri yang tidak melanggar prinsip-prinsip Islam. Kemudian, investasi ini memberikan return yang bebas riba dengan sistem bagi hasil. Pembagiannya ditentukan melalui perjanjian bank syariah, misalnya pembagian 65:35. Nantinya kita mendapat bagi hasil sebesar 65% dan sisanya untuk bank.

Biasanya, deposito syariah difokuskan untuk pemberdayaan UMKM. Jika UMKM menghasilkan keuntungan yang besar, maka kita akan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, begitupun sebaliknya. Tenang, kamu tetap akan mendapatkan bagi hasil sesuai dengan persentase perjanjian di awal, kok.

P2P Lending Syariah

Berbeda dengan kedua investasi sebelumnya, P2P Lending Syariah adalah salah satu investasi yang baru-baru ini menjadi tren. Namun, investasi ini sudah diakui bebas riba oleh fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI Nomor 117/2018, tentang layanan pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah.

Salah satu jasa fintech yang meluncurkan P2P Lending Syariah adalah Amartha. Sebagai perusahaan fintech, Amartha juga telah mengangkat Dewan Pengawas Syariah (DPS) untuk mendukung produk syariah yang mereka miliki. 

Amartha selalu mengedepankan investasi yang berdampak sosial dalam upaya memberdayakan pelaku usaha perempuan mikro di pedesaan. Tidak perlu khawatir, Amartha juga telah mengantongi izin P2P Lending konvensional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Selain itu, Amartha juga menerapkan transaksi syariah yang aman, adil, transparan, sekaligus bebas haram, riba, dan maksiat. Akad antara pemodal dana peminjam juga telah sesuai dengan prinsip syairah. Amartha menerapkan bagi hasil, bagi rugi, dan menghindari riba. Selain itu, Amartha selalu mempertahankan nilai kredit macet sebesar 0% selama beroperasi.

Bahkan, Amartha berhasil menyabet penghargaan Fintech Syariah Terbaik dalam ajang Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019. Sebuah langkah besar dalam industri syariah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan menyetarakan perekonomian masyarakat. Tidak main-main, ini adalah kedua kalinya Amartha memperoleh penghargaan dari ASR. 

Jadi, kapan lagi melakukan investasi menguntungkan dan memberikan berkah pada orang lain, bukan? #YangBaikLebihBerkah

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...