Bagaimana Karakter Gen Z? Yuk, Pahami Sama-Sama!

0
719
Sumber Foto: Pexels

Mengenal Lebih Dekat Karakter Gen Z – Selain generasi milenial, saat ini kita mengenal adanya generasi Z atau gen Z. Generasi ini terdiri dari mereka yang lahir di antara tahun 1995 hingga 2010.

Jadi jika dilihat sekarang, generasi ini terdiri dari anak-anak muda yang memiliki karakteristik tersendiri. Ingin tahu apa saja karakter yang dibawa oleh generasi ini? Berikut adalah beberapa karakter yang dimiliki oleh gen z tahun berapa saja secara umum:

1. Gen Z Melek Teknologi

Dibandingkan dengan milenial, generasi ini memiliki keahlian yang lebih tinggi di bidang teknologi. Tak heran memang karena generasi Z ini muncul dan bertumbuh di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Bisa dikatakan bahwa generasi ini tumbuh di tengah-tengah fasilitas teknologi yang sudah berkembang canggih. Jadi tak heran jika mereka sangat melek teknologi dan begitu akrab dengan beragam jenis gadget.

2. Penuh Ambisi

Orang-orang yang masuk ke dalam kelompok generasi ini biasanya memiliki ambisi yang besar. Ambisi gen Z artinya membawa kelompok ini menjadi dominan di tengah masyarakat.

Mereka cenderung memiliki ambisi besar untuk sukses dan menonjol di antara yang lain. Menariknya lagi, ambisi ini sudah didukung dengan situasi dunia yang semakin canggih dan kondisi perekonomian yang lebih mapan.

3. Menyukai Hal yang Instan

Generasi ini juga cenderung menyukai sesuatu hal yang instan dan praktis. Gen Z tidak terlalu suka melalui proses yang panjang untuk mencapai sesuatu atau saat harus memecahkan masalah. Karakter ini bisa mengarah ke hal yang positif namun juga bisa mengacu ke sesuatu yang negatif. Ada beberapa hal yang memang bagus untuk dijalani secara praktis namun ada juga yang membutuhkan proses panjang.

Baca Juga: Gaya Hidup Gen Z Yang Sering Bikin Dompet Jebol

4. Ingin Selalu Bebas

Karakteristik gen Z Indonesia berikutnya adalah memiliki keinginan untuk selalu bebas. Generasi ini sangat mencintai kebebasan dan menganggap bahwa kebebasan akan membuat mereka lebih bahagia. Sebenarnya karakter ini dibentuk dari lingkungan yang saat ini memang cenderung mendukung kebebasan seseorang. Tidak seperti zaman dahulu dimana pilihan dan aktivitas seseorang selalu dibatasi.

5. Punya Percaya Diri Tinggi

Salah satu karakter yang juga terlihat begitu kuat ada pada generasi ini adalah rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini mungkin didukung juga oleh kebebasan yang mereka dapatkan sehingga merasa dirinya memiliki value yang besar. Kepercayaan diri yang tinggi ini memang sangat bagus namun juga harus dikendalikan dan digunakan dengan baik agar tidak mengarah ke hal-hal yang negatif.

6. Butuh Pengakuan

Perilaku gen Z yang bisa kita lihat saat ini mengarahkan mereka untuk mendapatkan pengakuan. Orang-orang yang masuk ke dalam kelompok generasi ini memang cenderung ingin selalu mendapat pengakuan dari orang-orang di sekitarnya.

Mereka akan sangat senang jika bisa mendapatkan reward atas apa yang telah dicapai. Reward tersebut bisa bermacam-macam mulai dari pujian, sertifikat, hadiah, penghargaan, dan lain sebagainya.

7. Gen Z Lebih Mandiri

Salah satu karakter positif yang dimiliki oleh generasi ini adalah mereka lebih mandiri dibandingkan generasi lainnya. Orang-orang di generasi ini memiliki kepercayaan diri dan ambisi yang tinggi sehingga mereka selalu melakukan segala sesuatu dengan mengandalkan diri sendiri. Kemandirian ini memang sangat penting dan akan membuat generasi z ini lebih mudah mencapai apa yang diinginkan.

Itulah beberapa karakter gen Z yang penting untuk dipahami. Meskipun tergolong muda, golongan generasi ini juga harus mulai sadar terhadap pentingnya manajemen finansial.

Platform Investasi Amartha bisa menjadi pilihan tepat bagi generasi ini untuk mulai berinvestasi dan mempersiapkan dana masa depan. Dengan nilai imbal hasil mencapai 15% flat per tahun, Amartha akan menjadi pilihan terbaik untuk investasi menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here