Atomic Habits: Belajar Cara Membangun Kebiasaan

0
676
ilustrasi atomic habits

Tahukah kamu bahwa dalam membangun resolusi untuk mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih baik ternyata berawal dari proses mengidentifikasi kebiasaan sehari-hari? Faktanya, niat baik tersebut tidak mudah untuk diaplikasikan. 

Namun, dengan menerapkan metode yang ada di buku Atomic Habits karya penulis James Clear, kamu bisa membangun kebiasaan baik. Setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan dalam membangun kebiasaan baik tersebut. Kelima cara tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Implementation Intention

Cara pertama untuk membangun kebiasaan yang baik adalah melalui implementation intention. Merupakan rencana atau strategi yang mengatur diri sendiri untuk melakukan tindakan sederhana dengan cara membuat rencana. 

Perencanaan tindakan tersebut mencakup informasi yang spesifik tentang waktu dan lokasi saat melakukan tindakan. Selain itu, kamu juga bisa membuat implementation intention yang mirip dengan format “if-then plan”. 

Cara membuat implementation tersebut adalah dengan merencanakan tindakan apa saja yang akan kamu lakukan, kapan, dan dimana melakukannya. Misalnya, kamu ingin mendukung program pemberdayaan perempuan pengusaha mikro melalui P2P lending Amartha. Maka, contoh rancangan implementation adalah: 

Setiap tanggal 5 saya akan menyisihkan uang Rp100 ribu untuk membantu umkm dengan cara berinvestasi di Amartha. 

2. Mengubah Lingkungan

Atomic habits adalah istilah yang terinspirasi dari atom-atom berukuran kecil tapi mampu membentuk senyawa berukuran besar dengan fungsi yang baru. Atau, rangkaian proses membangun kebiasaan baru secara konsisten untuk memperoleh self-improvement setiap hari secara bertahap sebesar 1% untuk membentuk suatu perubahan hidup yang besar. 

Berdasarkan pengertian atomic habits tersebut, maka cara kedua dalam membangun kebiasaan baik adalah mengubah lingkungan sekitar yang dikondisikan sesuai dengan kebiasaan baik yang akan dibangun. 

Misalnya, kebiasaan baru yang ingin diwujudkan adalah membantu umkm di Indonesia. Maka, kebiasaan baik tersebut bisa terwujud dengan download aplikasi Amartha di hp dan mencari informasi seputar cara melakukan pendaftaran serta cara menanamkan modal. 

Baca Juga: Tips di Tempat Bekerja: Cara Ciptakan Lingkungan kerja yang Positif dan Produktif

3. Temptation bundling

Kebiasaan baik bisa diciptakan melalui cara yang ketiga yaitu temptation bundling. Menurut peneliti mode Kate Milkman mengatakan, temptation bundling merupakan  sebuah strategi yang menggabungkan antara kebiasaan menyenangkan yang diinginkan dengan aktivitas yang harus dilakukan. 

Kamu bisa memanfaatkan cara ini dengan membuat daftar dua kolom dan menuliskan kebiasaan menyenangkan di kolom pertama dan kebiasaan yang diperlukan pada kolom kedua. Misalnya, kolom pertama adalah isi tabungan akan semakin meningkat dan kolom kedua adalah berinvestasi di Amartha.   

4. 2-Minute Rule

Banyak hal bermanfaat yang bisa ditemukan di buku karya James Clear ini. Untuk memahaminya, kamu tidak perlu khawatir karena buku ini juga hadir dalam versi bahasa Indonesia di bawah naungan penerbit buku Atomic Habits Gramedia Pustaka Utama. Salah satu metode atau cara yang disarankan adalah memanfaatkan aturan 2-minute rule

Merupakan suatu cara untuk memulai suatu kebiasaan hanya dalam waktu 2 menit. Contohnya, kamu berniat untuk ikut mendanai umkm secara rutin di Amartha. Maka, kamu bisa memasang alarm sebagai pengingat jadwal pendanaan agar hal tersebut bisa dilakukan secara konsisten. 

5. Gunakan Habit Tracker

Berdasarkan sinopsis Atomic Habits, cara kelima dalam membangun kebiasaan baik adalah dengan memberikan reward apabila telah melaksanakan kebiasaan baik tersebut dengan menggunakan habit tracker

Misalnya, jika bantuan permodalan untuk umkm melalui Amartha memberikan imbal hasil yang memuaskan. Maka, rekening tabungan bank yang kamu miliki akan meningkat dengan pesat. 

Menurut buku Atomic Habits, sebuah kebiasaan baik bisa dimulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya saja dengan ikut serta program pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di Amartha.

Selain mendapatkan pahala, imbal hasilnya yang mencapai 15% flat per tahun juga akan membuat saldo rekening tabungan semakin meningkat. Ayo modalin di Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here