Asuransi Kesehatan: Seberapa Penting Bagi Kita?

|

|

|

Di masa pandemi covid-19 ini, asuransi menjadi komponen penting yang harus dimiliki oleh semua orang. Dalam merencanakan keuangan, ada 4 jenis asuransi yang wajib bagi setiap orang, yaitu Asuransi Jiwa, Asuransi (bagi kamu yang punya properti), Asuransi Kendaraan (bagi kamu yang punya kendaraan), dan Asuransi Kesehatan. 

Asuransi Kesehatan menjadi penting bagi setiap orang untuk melindungi dirinya dan keluarganya dari risiko keuangan yang disebabkan oleh biaya medis yang tinggi. Membayar dari dana sendiri untuk perawatan di rumah sakit, walaupun untuk waktu yang singkat, akan bisa menjadi sangat mahal biayanya. 

Menjaga Kesehatan Adalah Salah Satu Bentuk Investasi Masa Depan

Lantas, sepenting apakah sebenarnya asuransi kesehatan untuk dimiliki? Berikut 4 alasannya!

1. Antisipasi Jika Mengalami Sakit 

Sedia payung sebelum hujan, asuransi kesehatan punya manfaat untuk mengantisipasi dari kejadian tidak terduga, seperti mengalami penyakit yang cukup parah. Kamu pasti tidak akan tahu kapan musibah seperti penyakit parah akan datang. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kamu keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang telah dibuat. 

2. Pergeseran Pola Penyakit 

Saat ini, pola penyakit telah bergeser semakin ekstrem. Zaman dulu mungkin terhitung masih sedikit orang yang mengalami penyakit kronis seperti kanker, stroke, jantung, ataupun Covid-19 yang bahkan menjadi pandemi global. Namun, semua orang sekarang bisa dengan mudah memiliki risiko terserang penyakit-penyakit mematikan itu.

Tentu, untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut dipastikan butuh biaya yang besar. Namun, apabila sejak dini kamu sudah memiliki asuransi kesehatan, bila suatu saat terserang penyakit-penyakit tersebut, setidaknya ini dapat mengurangi beban biayanya. 

3. Semakin Muda Usia, Semakin Rendah Premi yang Harus Dibayar

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika memiliki asuransi kesehatan sejak dini adalah semakin muda usia, maka semakin rendah premi yang dibayarkan. Semakin muda kamu memiliki asuransi kesehatan (berlaku juga untuk asuransi lainnya), maka premi asuransi yang harus dibayarkan juga semakin ringan. Alternatif buat kamu, ada juga asuransi kesehatan murni yang bisa kamu pilih, dengan biaya premi yang ringan.

4. Memberikan Ketenangan

Dengan berbagai manfaat yang diberikan oleh asuransi kesehatan, kamu pasti akan merasa lebih tenang di masa mendatang. Asuransi dapat membantu menyediakan perlindungan dan kepastian untuk kamu maupun seluruh anggota keluarga dari hal-hal yang tidak terduga. 

5. Asuransi Kesehatan Adalah Investasi Terbaik 

Kesehatan adalah hal yang tidak dapat diduga-duga dan tidak bisa didapatkan dengan biaya yang murah, sehingga asuransi kesehatan merupakan salah satu investasi terbaik yang harus kamu miliki. Kalau tidak memiliki asuransi kesehatan, kamu pasti akan kebingungan masalah dana jika suatu hari terserang penyakit serius.

Well, selain asuransi kesehatan, investasi merupakan hal penting yang dimiliki untuk jaminan di masa depan. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...