Asiknya Bekerja dan Ciptakan Perubahan Lewat Teknologi, Gimana ya?

2
951
Fandika Okdiba saat menerima sertifikat internship program dari Amartha

Mungkin kamu segera penasaran, pekerjaan apa sih yang bisa berkontribusi dan membuat sebuah perubahan yang nyata, berdampak pada masyarakat di sekitar kita dan lebih hebatnya lagi mampu menciptakan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia? Nah, cerita ini datang dari seorang karyawan internship program di salah satu perusahaan Startup paling hits di Indonesia yaitu Amartha. Dia  adalah Fandika Okdiba atau yang akrab di panggil Dika. Ia merupakan salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Komputer di Universitas Indonesia. Dika banyak bercerita tentang betapa asiknya bisa bekerja untuk ciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai sila kelima dasar negara kita lewat canggihnya teknologi, keren kan!

Dia mengisahkan, karyawan magang atau internship program di Amartha diperlakukan setara dengan pegawai tetap, sehingga ekspetasi dan tanggung jawabnya pun setara. “Seorang intern akan bergabung dalam satu tim dan ada managernya. Jadi aku terlibat langsung di beberapa proyek dari manager,” ungkapnnya saat bercerita tentang pekerjaannya di Amartha.

Sedangkan, hal terbaik sebagai seorang karyawan magang adalah dapat turut berkontribusi untuk mewujudkan visi perusahaan, yaitu menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. ”Berat sih ya kedengerannya…haha, secara masih mahasiswa tapi ternyata pekerjaan yang aku kerjakan punya dampak besar buat lingkungan, khususnya masyarakat prasejahtera yang butuh banyak dorongan biar makin maju.” Ungkap Dika.

Selain itu Dika juga merasa sangat senang karena, di Amartha ia bertemu dengan banyak senior yang sangat berpengalaman di bidangnya. Salah satunya adalah Faris Muhamad Ali Fadholi, yang merupakan professional di bidang industri internet dengan pengalaman kerja lebih dari 7 tahun. Faris sendiri merupakan lulusan program studi Ilmu Komputer University of Hertfordshire. Ia juga banyak memenangkan kompetisi di bidang teknologi, salah satunya adalah menjadi juara 2 dalam kompetisi  Facebook Indonesia Developer Challenge 2016, dengan idenya SmartFAQ.

Hal yang sangat Dika sukai adalah, di Amartha para seniornya tidak pelit berbagi ilmu dan pengalammnya pada Dika. Sehingga, Dika merasa sangat leluasa untuk bertanya, mengajukan pendapat dan melakukan berbagai eksperimen dengan mentor yang andal.  “Serius, awalnya ngerasa minder sih karena di sini jago-jago semua, banyak lulusan universitas ternama luar negeri dan dalam negeri dengan pengalaman yang tentunya segudang. Tapi ternyata! Mereka asik banget dan aku bisa speak out di sini dengan respon yang positif dari senior.” Ungkap Dika dengan sangat antusias.

Nah kali ini, Dika akan sedikit sharing mengenai apa yang dia kerjakan selama menjadi intern di Amartha, yaitu mengenai API Automation Testing. Secara umum, tujuan dari API Automation Testing ini adalah mengeksekusi sebuah program yang berisi kumpulan skenario, dimana ketika skenario tersebut dijalankan pada suatu API, hasil dari API tersebut akan sesuai dengan hasil skenario yang dibuat. Banyak macam dari testing itu sendiri, untuk API Automation Testing tersebut, termasuk ke dalam Functional Testing. Dalam API Automation Testing yang dilakukan, akan membutuhkan instalasi program yaitu sebagai berikut:

NodeJS (https://nodejs.org/en/)

Chai (http://chaijs.com/)

MochaJS (https://mochajs.org/)

(Optional) WebStorm (https://www.jetbrains.com/webstorm/)

Sample hasil output dari testing dengan menggunakan API ini adalah sebagai berikut:

api 1
api 2

Nah kalau kerjaan aku sendiri, berkaitan sama Automation Tseting. Luar biasa banget di sini aku banyak belajar tentang hal ini dan dapet bimbingan dari mentor yang super kece dan gak diragukan lagi pengalaman serta kemampuannya, jadilah aku bisa kerjakan dengan maksimal.” Ujar Dika dengan semangat.

Hal lain yang tak kalah menarik saat bekerja di Amartha adalah keseimbangan antara hidup dan bekerja. Dika mengatakan, karyawan dapat puas menikmati berbagai fasilitas yang diberikan seperti sarapan gartis, vitamin, aneka snack dan kopi, selain itu banyak spot unik dan nyaman untuk bekerja, seperti lapangan golf mini, kursi bambu ayun, dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya membuat karyawan merasa nyaman menemukan tempat terbaik untuknya bekerja.

WhatsApp Image 2017-07-06 at 14.52.01(2) (1)

Lebih jauh lagi, Dika menyimpan sebuah mimpi untuk terus menjadi generasi penerus bangsa, yang mampu berkontribusi dalam menciptakan perubahan dan kemajuan bangsa kea rah yang lebih baik. “Di Amartha, aku banyak belajar bahwa kita bekerja, kita menciptakan sebuah karya akan terasa sangat berharga dan puas ketika karya kita itu bermanfaat bagi orang banyak. Itulah mengapa aku bersyukur banget, bisa jadi bagian dari pencipta perubahan itu. Semoga mimpi aku untuk berkontribusi untuk bangsa bisa terwujud.” Pungkas Dika menceritakan harapannya.

Memang benar, kita bekerja untuk membangun masa depan hidup kita yang sejahtera. Tapi, gak kalah penting lho buat kita untuk membuat sebuah perubahan yang positif bagi lingkungan sekitar dan bahkan Indonesia. Karena ilmu yang telah kita peroleh di bangku sekolah dan perkuliahan, ternyata tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, namun untuk orang banyak. Kepuasan itu yang akan membawamu merasa sangat bangga dan bahagia.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here