Home Finance Aset: Pengertian, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Aset: Pengertian, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

|

|

|

Aset merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh individu maupun badan usaha. Sebelum mulai untuk mengumpulkannya, alangkah lebih baik jika kamu paham pengertian dari aset tersebut. Terdapat beberapa pengertian dari aset yang disebutkan dari beberapa sumber. 

Definisi pertama dari Wikipedia yang menyebut bahwa aset adalah saldo normal debit atau sumber ekonomi yang punya sifat untuk memberikan manfaat usaha di masa mendatang. Sedangkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyatakan bahwa aset merupakan kekayaan atau bentuk lainnya yang nyata. 

Cara Mengatur Keuangan di Tengah Serangan Corona

Menurut PSAK No.16 Revisi Tahun 2011, aset merupakan semua kekayaan yang dimiliki oleh individu atau badan usaha yang berwujud maupun tidak berwujud. Sifatnya sendiri bisa memberikan manfaat bagi individu maupun badan usaha. Sementara itu, Financial Accounting Standards Board (FASB) mengartikan aset sebagai manfaat ekonomi masa depan yang cukup pasti dan dapat diperoleh oleh suatu entitas sebagai transaksi atau kejadian di masa lalu. 

Aset sendiri dapat dibagi menjadi 3 kategori yaitu: 

1. Aset Lancar (Current Asset)

Yang dimaksud di sini adalah aset tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat dalam jangka pendek, sekitar satu tahun. Aset lancer contohnya adalah investasi jangka pendek, kas, piutang, persediaan, biaya dibayarkan, serta penghasilan yang masih diterima. 

2. Aset Tetap (Fixed Asset)

Definisi di kategori ini yaitu aset yang punya wujud dan siap difungsikan untuk kebutuhan operasional. Biasanya, aset tidak tetap ditujukan untuk dijual dan punya manfaat jangka panjang. Beberapa contoh aset tidak tetap yaitu gedung, tanah, emas.

3. Aset Tidak Berwujud (Intangible Asset)

Ini merupakan aset tidak tetap yang tidak punya wujud namun punya manfaat ekonomi dan hukum bagi pemiliknya. Contoh aset tidak berwujud antara lain merek dagang, waralabah, hak cipta, dan hak paten. 

Nah, untuk mendapatkan aset, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti: 

A. Pembelian Tunai

Aset yang didapat dari pembelian tunai berarti jumlah uang yang dikeluarkan harus sama saat pencatatan. Misalnya dalam pembelian bangunan serta tanah, maka harga perolehan dialokasikan untuk gedung dan tanahnya. Dasar alokasi sedapat mungkin dilakukan dengan harga pasar relatif masing-masing-masing aset, karena itu harus dicari harga pasar bagi tanah dan gedung. Masing-masing harga pasar ini kemudian dibandingkan dan menjadi dasar alokasi harga perolehan. 

B. Pembelian Angsuran

Apabila melakukan pembelian aset dengan sistem angsuran, maka harga perolehan yang dicatat tidak boleh termasuk bunga. Ada baiknya bunga selama masa angsuran dikeluarkan dari harga perolehan dan dibebankan sebagai biaya bunga saat pencatatan. 

C. Ditukar dengan Surat-Surat Berharga

Aset yang didapat dengan cara ditukar dengan saham atau obligasi haruslah punya nilai yang sama ketika dicatat dalam pembukuan. Apabila harga saham atau obligasi tersebut tidak dipastikan, maka harga perolehan aset tetap ditentukan sebesar harga pasarannya saat dicatat. 

D. Ditukar dengan Aset Lain

Seringkali, banyak aset yang bisa didapatkan dengan cara tukar menukar atau tukar tambah. Caranya, aset lama digunakan untuk membayar aset baru yang ingin didapatkan, baik seluruhnya ataupun hanya sebagian lalu kekurangannya dibayarkan tunai. 

Well, untuk mendapatkan aset tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Karena itu, kamu bisa mengumpulkan dana untuk membeli aset, salah satunya dengan berinvestasi. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja lho!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...