Arti Kebahagiaan dan 5 Contoh Kebahagiaan Dalam Hidup

0
107
arti kebahagiaan dan contohnya

Arti Kebahagiaan

Menurut KBBI adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan kesenangan, ketentraman hidup secara lahir dan batin. Kebahagiaan juga sering dijadikan sebagai tujuan hidup bagi setiap orang, namun dengan goal dan cara masing-masing untuk menggapai kebahagiaan itu sendiri.

Tipe Kebahagiaan

Kebahagiaan nggak melulu tentang banyak uang, memiliki pacar atau rumah mewah. Kebahagiaan ternyata bisa sangat sederhana, lho. Setidaknya ada lima tipe kebahagiaan dalam hidup yang perlu kamu tahu.

Berikut ini adalah contoh kebahagiaan yang bisa dirasakan dalam hidup:

1. Kesenangan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tipe kebahagiaan yang pertama yaitu kebahagiaan yang dirasakan seseorang di kehidupan sehari-hari. Kebahagiaan ini bentuknya adalah pengalaman menyenangkan yang memberikan perasaan positif dalam diri.

Kebahagiaan jenis ini, dapat kamu temukan saat kamu benar-benar membutuhkan atau tak sengaja kamu alami hingga menimbulkan rasa senang. Cenderung berjangka pendek, rasa bahagia ini dapat ditemukan saat mendapat waktu istirahat setelah beraktivitas seharian, atau bisa menyantap makanan favorit di tengah rasa penat.

2. Saat Melakukan Aktivitas Favorit

Tipe kebahagiaan yang satu ini terjadi saat seseorang dengan nyaman tenggelam ke dalam aktivitas yang ia sukai. Perasaan bahagia akan timbul seiring waktu ia melakukan aktivitas secara rutin atau berkala. Misalnya saja saat seseorang menikmati waktu berbelanja, melakukan hobi memasak, menonton, berkebun dan banyak lainnya.

Baca juga: 5 Cara Menghabiskan Uang Yang Bisa Membuatmu Lebih Bahagia

3. Kebahagiaan Dalam Suatu Hubungan

Menjalin hubungan yang baik dan sehat merupakan salah satu hal yang membuat seseorang bahagia. Kebahagiaan dalam suatu hubungan bisa didapatkan hanya jika sama-sama menyayangi, memiliki rasa percaya, nyaman dan terlindungi dari orang terdekat seperti pasangan, sahabat dan juga keluarga.

Namun sebaliknya, jika hubungan telah menjadi toxic atau tak sehat tentu harus segera ditinggalkan agar tak menimbulkan dampak negatif pada pikiran. Jika itu terjadi, cobalah jauhi dan fokus pada hal-hal yang dijalani sehari-hari.

4. Saat Mencapai Target dalam Hidup

Apakah kamu adalah tipe orang yang ambisius? Jika iya, mungkin kamu termasuk ke dalam tipe orang yang mendapatkan kebahagiaan jika mampu mencapai apa yang menjadi targetmu dalam hidup.

Sebut saja ketika kamu mendapatkan promosi jabatan atas kerja kerasmu, memiliki rumah dan kendaraan hasil dari menabung dan investasi, dan lain sebagainya.

5. Kebahagiaan Saat Bisa Membantu Sesama

Selain tipe kebahagiaan yang telah disebutkan di atas, ternyata ada banyak orang yang merasa belum bahagia sepenuhnya meski telah mendapatkan semua itu.

Beberapa dari mereka, mungkin merasa hidup kurang bermakna karena belum memberikan dampak positif bagi sekitarnya. Nah, kalau kamu juga termasuk ke dalam tipe kebahagiaan ini, mungkin kamu belum melakukan pendanaan di Amartha.

Amartha merupakan P2P Lending terpercaya yang bantu modalin UMKM khususnya para wanita keren. Kamu bisa bantu modalin mulai dari 100 ribu, sekaligus raih keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Jadi makin bahagia kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here